Topik Terkait: Muara Semua Cinta

  • Cinta kepada Allah Taala dan 4 Sebab Kecintaan Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 30 Mei 2022 - 14:15 WIB
    Seluruh muslim sepakat bahwa cinta kepada Allah adalah suatu kewajiban. Allah berfirman berkenaan dengan orang-orang mukmin: Ia mencintai mereka dan mereka mencitaiNya.
  • Buya Hamka : Agama Adalah Cinta
    Hikmah
    Senin, 14 November 2022 - 16:37 WIB
    Haji Abdul Malik Karim Amrullah yang populer dengan nama penanya Hamka atau Buya Hamka mengatakan bahwa puncak tertinggi dari pandangan hidup seorang muslim adalah cinta.
  • Penyakit Cinta Dunia dan Ciri-cirinya
    Muslimah
    Minggu, 19 September 2021 - 05:15 WIB
    Penyakit cinta dunia atau hubbud dunya merupakan salah satu hal yang sangat membahayakan keimanan seorang muslim. Bahaya cinta dunia sangatlah besar, bahkan bisa menyebabkan seseorang menjadi kafir dan menjual agamanya.
  • Epos Jazirah Arab: Kisah Cinta Sampai Mati Layla dan Tauba
    Dunia Islam
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 14:25 WIB
    Gaya khas kisah cinta yang muncul di Arab abad keenam adalah gaya Jamil Al-Udhri (w. 701 M), yang kemudian menyebar ke seluruh Timur Tengah dan Asia Tengah seiring dengan kebangkitan Islam.
  • Kisah Sufi: Bukti Cinta Pada Nabi
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 14:44 WIB
    Ketika tiba giliran lelaki itu Rasulullah saw mengusirnya dan menyuruhnya pergi. Lelaki itu berteriak, Ya Rasulullah, aku ini umatmu yang mencintaimu juga.
  • Bila Harus Menikah Tanpa Cinta, Inilah Tipsnya!
    Muslimah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:06 WIB
    Setiap insan pasti ingin memiliki rasa cinta ini. Terkadang cinta diartikan sebagai rasa ketertarikan antara dua lawan jenis dan cinta pulalah yang biasanya mendasari suatu hubungan dalam hal ini adalah pernikahan.
  • Cinta Rasulullah dan Kisah Pohon Kurma yang Merintih Pilu
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Oktober 2020 - 09:13 WIB
    Rintihan batang kurma adalah mutawatir, karena ia diriwayatkan oleh sekelompok sahabat, hingga sekitar 20 orang dan banyak perawi yang hahih, sehingga memastikan terjadinya.
  • Lirik Sholawat Demi Cinta yang Menyala, Viral di Sosmed
    Tips
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:25 WIB
    Lagu Demi Cinta Menyala versi sholawat viral di sosial media. Masyarakat Indonesia memang kerap mengaitkan sholawat dengan beberapa lirik lagu.
  • Kisah Cinta karena Allah, Dipisahkan Syahid di Medan Perang
    Muslimah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 12:52 WIB
    Satu kisah kehidupan para shahabiyah (sahabat perempuan Rasulullah) yang sarat dengan hikmah adalah tentang sososk Atikah binti Zaid bin Amar bin Nufail
  • Cinta kepada Allah dan 7 Ujian ke Arah Sana (3-Habis)
    Tausyiah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Sebenarnyalah, ujar Imam Ghazali, jika kecintaan kepada Allah benar-benar menguasai hati manusia, maka semua cinta kepada yang lain pun akan hilang.
  • Maulid Nabi, Ajarkan Anak Agar Cinta Rasulullah Sejak Dini
    Tausyiah
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 21:37 WIB
    Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun mengajak para orangtua agar menanamkan rasa cinta kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
  • 5 Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran
    Muslimah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 19:20 WIB
    Doa agar pintar dalam semua pelajaran perlu diamalkan oleh para penuntut ilmu. Berikut 5 doanya bersumber dari Al-Quran dan Hadis Nabi lengkap latinnya.
  • Cinta Kepada Allah (2): Menampak Allah Puncak Kebahagiaan Manusia
    Tausyiah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 10:53 WIB
    Tuhan itu satu, menurut Imam Ghazali, tetapi Ia akan terlihat dalam banyak cara yang berbeda, persis sebagaimana suatu obyek tercerminkan dalam berbagai cara oleh berbagai cermin.
  • Musyahadah Cinta Gus Sastro: Seni Mencintai dan Bertauhid kepada Sang Pencipta
    Dunia Islam
    Rabu, 27 April 2022 - 04:50 WIB
    Sekretaris PP Pagar Nusa Sastro Adi, musisi sekaligus aktivis Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU menyebut, musyahadah cinta sejatinya adalah kisah perjalanan tauhid seorang hamba menuju Tuhannya. Sebuah keniscayaan dalam mencari Tuhan, sebelum ia mengenal jati diri dalam fitrah. sesungguhnya,
  • Gus Baha: Nabi SAW Membela Pemabuk ini karena Cinta Allah SWT dan Rasul-Nya
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 12:52 WIB
    Pemabuk ini masuk dalam daftar deretan sahabat Nabi Muhammad SAW. Gus Baha menyebut kendati dia pemabuk, Rasulullah membelanya tatkala sang pemabuk itu dihujat para sahabat.
  • Potret Rasa Cinta Manusia dalam Pandangan Al-Quran
    Muslimah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Rasa cinta adalah salah satu pokok kehidupan dan dalam Al-Quran kata cinta juga disebutkan dengan berbagai sinonim atau persamaan kata. Lalu bagaimana dengan rasa cinta yang ada pada manusia?
  • 3 Jenis Cinta Manusia yang Bisa Menyeret ke Neraka
    Muslimah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 17:04 WIB
    Cinta dalam pandangan Islam adalah limpahan kasih sayang Allah kepada seluruh makhluknya sehingga Allah menciptakan manusia dan isinya dengan segala kesempurnaan.
  • Kemaksiatan Hati: Cinta Dunia, Biang Semua Kesalahan
    Tausyiah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 17:10 WIB
    DI antara kemaksiatan hati yang dianggap besar ialah cinta. Al Baihaqi meriwayatkan hadis berbunyi, cinta dunia adalah biang semua kesalahan.
  • Hadis-Hadis Palsu dan Dhaif tentang Cinta Allah Taala
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:25 WIB
    Ada sejumlah hadis palsu atau maudhu dan dhaif terkait cinta Allah SWT. Salah satu hadis itu berbunyi, Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang mukmin, yang tertimpa fitnah, yang banyak bertobat.
  • Cinta dan Patah Hati dalam Puisi Arab dan Muslim
    Dunia Islam
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 11:52 WIB
    Nyatanya, patah hati adalah akhir yang lebih umum daripada bahagia selamanya di sebagian besar epos berbahasa Arab, dengan kekasih sering dipisahkan karena persaingan suku dan status sosial.