Topik Terkait: Kh Abu Muhammad Jibril Meninggal Dunia

  • Mengenal Tugas Lain Malaikat Jibril
    Muslimah
    Sabtu, 25 September 2021 - 05:19 WIB
    Tugas Malaikat Jibril yang kita ketahui adalah menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Namun timbul pertanyaan, setelah Baginda Rasul wafat, apakah tugas Malaikat Jibril selesai pula?
  • Jibril Malaikat Paling Mulia, Pakaiannya Sutera, Berhiaskan Permata dan Intan
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juli 2021 - 16:17 WIB
    Malaikat terdekat yang paling mulia ialah Jibril alaihi sallam. Allah Taala telah mensifati dirinya dengan Ruhul Qudus, dan Ruhul Amin serta yang mempunyai kekuatan.
  • Bacaan Tasbih Malaikat Jibril dan Keutamaannya
    Tips
    Selasa, 30 Mei 2023 - 17:04 WIB
    Terdapat suatu riwayat mengenai bacaan zikir Tasbih Malaikat Jibril. Bacaan Tasbih ini memiliki fadhilah luar biasa bagi yang mengamalkannya. Ini bacaan tasbihnya.
  • Jibril Memiliki Kedudukan Mulia di Sisi Allah Taala, Ini Kelebihannya
    Hikmah
    Minggu, 13 Februari 2022 - 20:18 WIB
    Di antara para malaikat, maka malaikat Jibril memiliki kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT. Secara fisik saja, malaikat Jibril memiliki kelebihan dibanding malaikat lainnya.
  • Lirik Sholawat Jibril Lengkap Arab, Latin, dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 22:17 WIB
    Lirik Sholawat Jibril merupakan salah satu lafaz sholawat yang cukup masyhur di Tanah Air. Sholawat ini sering dilantunkan di berbagai acara dan cukup populer di Youtube.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kondisi Terbaru Lokasi Abu Bakar Dibaiat Menjadi Khalifah
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 07:30 WIB
    Di sini terjadi perdebatan sengit antara kaum Anshar dan kaum Muhajirin tentang siapa pengganti Nabi Muhammad SAW. Akhirnya, umat Islam sepakat mengangkat Abu Bakar sebagai khalifah.
  • Wasiat dan Syair Pembelaan Abu Thalib kepada Nabi Muhammad
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 14:51 WIB
    Kuwasiatkan kepada kalian supaya berlaku baik terhadap Muhammad. Sebab ia orang yang paling terpercaya di kalangan Quraisy dan tidak pernah berdusta!
  • Kisah Abu Lahab Membuntuti Nabi Muhammad SAW dan Menyebut Ahli Bidah
    Hikmah
    Kamis, 07 Maret 2024 - 12:14 WIB
    Paman Nabi Muhammad SAW yang paling memusuhi agama Islam adalah Abu Lahab. Dia sering mengikuti Nabi SAW saat beliau berdakwah lalu menyebut keponakannya itu sebagai ahli bidah.
  • Bacaan Selawat Jibril, Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 11:55 WIB
    Selawat Jibril ini jadi salah satu jenis amalan yang dipercaya memiliki banyak keutamaan, namun belum ditemukan hadis yang mengajarkan tentang selawat jenis ini.
  • Kisah Abu Bakar Membela Nabi Muhammad SAW Patut Diteladani
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 17:40 WIB
    Keberanian Abu Bakar membela Rasulullah SAW perlu diketahui kaum muslim. Berikut kisahnya diceritakan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajiannya.
  • Ini Mengapa Kaum Rafidhah Sangat Membenci Malaikat Jibril
    Dunia Islam
    Senin, 02 Oktober 2023 - 16:15 WIB
    Kaum Rafidhah sangat membenci malaikat Jibril. Karena, menurut keyakinan mereka, Jibril telah melakukan kesalahan dalam menyampaikan wahyu. Seharusnya wahyu itu untuk Ali bin Abu Thalib.
  • Ulama Besar Abad 21 Syekh Muhammad Ali Ash-Shobuni Meninggal Dunia
    Hikmah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 21:08 WIB
    Innaa lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia ulama besar abad 21 Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni, Jumat (19/3/2021). Beliau wafat di hari yang mulia pada Jumat pagi waktu Turki.
  • Ulama Kharismatik Yaman Habib Abu Bakar Al-Adni Meninggal Dunia, Ini Profilnya
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 16:02 WIB
    Kita baru saja kehilangan ulama kharismatik Hadhramaut Yaman, Al-Habib Abu Bakar Al-Adni Baalawy, yang meninggal dunia pada Rabu 28 Dzulhijjah 1443 H pada usia 75 tahun.
  • 2 Tanda Kiamat Sudah Dekat Berdasar Hadis tentang Dialog Rasulullah SAW dengan Jibril
    Tausyiah
    Selasa, 05 September 2023 - 05:15 WIB
    Nabi Muhammad SAW mengabarkan dalam hadis ini tentang sebagian tanda-tanda kiamat, beliau menyebutkan dua tanda: Salah satunya, seorang budak yang melahirkan tuannya.
  • Malaikat yang Bertugas Menyampaikan Wahyu Bukan Hanya Jibril
    Hikmah
    Minggu, 27 Februari 2022 - 16:36 WIB
    Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul bukan hanya Jibril. Selain itu, tugas Jibril juga bukan hanya menyampaikan wahyu.
  • Pelajaran dari Hadis tentang Dialog Nabi Muhammad SAW dengan Jibril bagi Para Penuntut Ilmu
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Penuntut ilmu hendaknya memerhatikan kebersihan pakaiannya baik ketika menghadiri majelis ilmu, masjid, sekolah, majelis talim, dan sebagainya. Dalam hadis Rasulullah SAW pernah menyatakan:
  • Kisah Abu Bakar Ash-Shiddiq Membela Rasulullah SAW ketika Dikeroyok Kafir Quraisy
    Hikmah
    Rabu, 27 September 2023 - 05:15 WIB
    Sahabat Nabi, Abu Bakar Ash-Shiddiq dikenal amat dermawan. Bukan hanya itu. Beliau adalah sahabat yang siap mengorbankan apa saja, termasuk nyawa, untuk melindungi Rasulullah SAW.
  • Ali Bin Abu Thalib: Jadilah Anak-Anak Akhirat, Jangan Jadi Anak-Anak Dunia
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juli 2021 - 22:14 WIB
    Ali bin Abu Thalib menjelaskan zuhud tersimpul dalam dua kalimat dalam Al-Quran, supaya kamu tidak bersedih karena apa yang lepas dari tanganmu dan tidak bangga dengan apa yang diberikan kepadamu.
  • Siksaan Abu Lahab Diringankan Karena Gembira dengan Kelahiran Nabi Muhammad
    Tausyiah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:05 WIB
    Setiap bulan Rabiul Awal kita sering mendengar kisah ini disampaikan di berbagai majelis dan perayaan Maulid Nabi. Ketika Abu Lahab diringankan siksanya karena gembira dengan kelahiran Nabi.
  • Abu Jahal Berperan Penting Membuat Abu Thalib Mati dalam Keadaan Kafir
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 16:59 WIB
    Paman Nabi Muhammad SAW, Abu Thalib, meninggal dalam keadaan kafir. Rasulullah sempat membujuk agar ia membaca syahadat. Hanya saja, Abu Jahal merecokinya.