Topik Terkait: Tata Cara Sujud Sahwi

  • Tata Cara Sujud yang Benar, Dahi Jangan Tertutup Peci
    Tips
    Rabu, 20 September 2023 - 22:19 WIB
    Tata cara sujud yang benar dalam sholat penting diketahui muslim agar sholatnya sah. Yuk perhatikan cara sholat kita agar sesuai dengan tuntunan Nabi.
  • Cara Sujud Syukur dan Bacaan Doanya
    Tausyiah
    Minggu, 18 Februari 2024 - 07:45 WIB
    Sujud syukur karena mendapat kabar gembira, misalnya menang pemilihan presiden, tak bisa dilakukan sembarangan. Syarat sujud syukur sama saja dengan sembahyang.
  • Tata Cara dan Doa Sujud Tilawah Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad SAW
    Tips
    Minggu, 18 September 2022 - 10:43 WIB
    Sujud tilawah ialah sujud yang dilakukan oleh seorang muslim pada waktu membaca atau mendengar bacaan ayat-ayat sajdah yang dilakukan baik dalam keadaan sedang melaksanakan sholat maupun di luar sholat.
  • Jenis Sujud dalam Islam dan Bacaan Doa Saat Mengamalkannya
    Muslimah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 18:01 WIB
    Selain sebagai rukun dan gerakan salat, ternyata dalam Islam ada beberapa jenis dan bentuk sujud. Bahkan sujud ini dianjurkan diamalkan pada beberapa keadaan.
  • Melihat Penderitaan Orang Lain Boleh Sujud Syukur, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 07 Agustus 2022 - 18:29 WIB
    Sujud syukur dapat dilakukan saat melihat penderitaan orang lain dengan membandingkan keadaannya dengan keadaan orang yang sujud. Tentu saja sujud tersebut tidak dilakukan dihadapan si penderita.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Doa Sujud Syukur dengan Bahasa Arab, Terjemahan serta Dalilnya
    Tips
    Senin, 09 Oktober 2023 - 19:09 WIB
    Doa sujud syukur ini penting dipahami dan dianjurkan untuk diamalkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah subhanahu wa taala. Kenapa harus sujud syukur? Apa Dalilnya?
  • Perbaiki Cara Salat Anda, Ada 7 Syarat Sah Sujud
    Tausyiah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 17:14 WIB
    Sujud merupakan salah satu rukun salat yang wajib dipenuhi. Meninggalkannya atau melakukannya dengan tidak memenuhi syarat-syaratnya menyebabkan ibadah salat tidak sah.
  • Tata Cara Mengafani Jenazah Perempuan dan Dalilnya
    Muslimah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 19:25 WIB
    Cara mengafani jenazah perempuan sedikit berbeda dengan jenazah laki-laki, karena itu tata caranya penting diketahui oleh kaum muslim
  • 3 Doa Sujud Terakhir dalam Sholat Sesuai Sunnah
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 18:20 WIB
    Memperbanyak doa ketika sujud termasuk anjuran Rasulullah shollallohu alaihi wasallam. Sebab ketika sujud, jarak antara seorang hamba dengan Allah sangatlah dekat.
  • Tata Cara Mandi Taubat untuk Pria dan Wanita Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 17:59 WIB
    Tata cara madi taubat untuk pria dan wanita lengkap dengan bacaan niatnya penting untuk dipahami kaum muslimin. Sebab, mandi tersebut bertujuan membersihkan diri dari hadas besar atau setelah melakukan tindakan tertentu.
  • Sujud Sahwi, Kapan dan Bagaimana Tata Cara Melaksanakannya?
    Muslimah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 09:10 WIB
    Dalam Islam ada beberapa jenis dan bentuk sujud. Salah satunya adalah sujud sahwi. Sujud ini disyariatkan saat kita lupa dan meninggalkan rukun salat. Bagimana tata cara dan doa sujud sahwi ini?
  • Tata Cara Mandi Wajib dan 3 Hal yang Harus Diperhatikan
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 09:49 WIB
    Tata cara mandi wajib perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Tata Cara Sholat Istikharah Lengkap Niat dan Doanya
    Tips
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:50 WIB
    Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Alah atas sebuah pilihan agar mendapat kebaikan dalam pilihan tersebut. Berikut tata caranya.
  • Tahapan dan Tata Cara Bersuci Setelah Selesai Haid
    Muslimah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 14:46 WIB
    Dalam Islam, bersuci setelah haid atau dikenal dengan sebutan mandi haid, wajib dilakukan seorang muslimah agar dapat kembali melaksanakan ibadah salat dan puasa.
  • Tata Cara Salat Iduladha Lengkap dengan Niatnya
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 11:03 WIB
    Tata cara salat Iduladha dan bacaannya ini penting diketahui kaum muslim yang sebentar lagi akan memasuki bulan Dzulhijjah atau bulan haji ini.
  • Tata Cara Sujud Sahwi, Lengkap Bacaan dan Waktunya
    Tips
    Kamis, 08 Desember 2022 - 21:04 WIB
    Sujud Sahwi merupakan ibadah yang disunnahkan apabila seseorang ragu atau lupa dalam gerakan sholat. Terdapat beberapa riwayat yang menjelaskan tentang tata cara sujud sahwi ini.
  • Besok Gerhana Bulan Total, Berikut Tata Cara Sholat Khusuf dan Niatnya
    Dunia Islam
    Senin, 07 November 2022 - 17:32 WIB
    Gerhana bulan atau khusuful qamar diprediksi terjadi besok Selasa, 8 November 2022. Umat muslim diperintahkan mengerjakan sholat gerhana ini secara berjamaah.
  • Tata Cara Puasa Syawal, Fadilah dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Kamis, 05 Mei 2022 - 11:05 WIB
    Tata cara puasa Syawal berikut fadilah dan niatnya penting untuk diketahui umat muslim. Salah satu puasa yang dianjurkan adalah puasa sunnah 6 hari pada bulan Syawal.
  • 5 Macam Doa Duduk di Antara Dua Sujud yang Jarang Diketahui
    Tips
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 20:16 WIB
    Doa duduk di antara dua sujud merupakan salah satu doa yang wajib diketahui umat Islam. Pasalnya, doa yang diucapkan setelah sujud pertama tersebut bagian dari rukun salat.
  • Tata Cara dan Bacaan Niat Salat Gerhana Bulan
    Tips
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 19:54 WIB
    Tata cara dan bacaan niat salat gerhana bulan, hendaknya dipahami dan diketahui kaum muslimin yang hendak melaksanakan salat gerhana bulan