Topik Terkait: Tata Cara Sujud Sahwi (halaman 3)

  • Cara Wudhu Bagi Penderita Beser Atau Orang yang Selalu Berhadas
    Tips
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 21:55 WIB
    Penyakit beser adalah salah satu penyakit medis yang dikenal dengan istilah overactive bladder (OAB). Yaitu, kondisi dimana seseorang sulit menahan buang air kecil.
  • Tata Cara Tayamum Ketika Mendaki Gunung
    Tips
    Selasa, 02 November 2021 - 11:30 WIB
    Saat mendaki gunung tidak mudah menemukan tanah yang landai untuk bisa menunaikan ibadah sholat serta air untuk bersuci (wudhu). Karena itu, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tayamum
  • Agar Ikhlas dalam Beramal,  Ikuti Cara Ini!
    Tips
    Kamis, 22 April 2021 - 13:40 WIB
    Ikhlas merupakan amalan hati yang perlu mendapatkan perhatian khusus secara mendalam dan dilakukan secara terus-menerus. Baik ketika hendak beramal, sedang beramal, maupun ketika sudah beramal.
  • Bacaan Niat Haji dan Urutan Tata Cara Pelaksanaannya
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Bagi jemaah haji wajib mengetahui bacaan niat Haji dan urutan tata cara melaksanakannya. Sebagaimana kata Nabi, Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.
  • Masjid Abu Dzar al-Ghifari di Madinah dan Sujud Syukur Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 08:36 WIB
    Masjid Abu Dzar al-Ghifari terletak 900 meter di utara Masjid Nabawi. Itu juga dikenal sebagai Masjid al-Sajdah. Dinamakan demikian karena Rasulullah SAW pernah sujud syukur di tempat itu.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Tata Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat dan Witir Lengkap dengan Niat
    Tips
    Kamis, 23 Maret 2023 - 23:35 WIB
    Tata cara sholat tarawih 11 rakaat beserta witir menjadi informasi penting yang perlu diketahui umat muslim. Sholat tarawih merupakan amalan yang dianjurkan pada malam Ramadan.
  • Tata Cara Baca Surat Yasin Pada Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Rabu, 09 Maret 2022 - 20:19 WIB
    Malam Nisfu Syaban akan jatuh pada malam Jumat 17-18 Maret 2022. Bagi umat muslim, malam Nisfu Syaban merupakan malam yang dinanti lantaran memiliki keistimwaaan.
  • Tata Cara Membaca Yasin di Malam Nisfu Syaban Lengkap dengan Doanya
    Tips
    Kamis, 22 Februari 2024 - 08:59 WIB
    Salah satu amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Syaban adalah membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali. Bagaimana tata cara dan urutan doanya?
  • Tata Cara Sholat Idul Adha Berikut Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 22:28 WIB
    Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah umat muslim dianjurkan melaksanakan sholat Idul Adha (sholat Id). Berikut tata cara sholat Idul Adha berikut bacaan niatnya.
  • Tata Cara Salat Witir 3 Rakaat Lengkap dengan Niat
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 18:35 WIB
    Tata cara salat witir 3 rakaat lengkap dengan niat ini bisa menjadi panduan kaum muslim yang akan melaksanakan salat malam tersebut.
  • Tata Cara Mandi Besar Menurut Ustaz Adi Hidayat
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 21:32 WIB
    Cara mandi besar menurut Ustaz Adi Hidayat (UAH) perlu kita simak. beliau menjelaskan tata cara mandi junub yang bersumber dari Kitab Shahih Muslim.
  • Tata Cara Mandi Haid Menurut Sunnah
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 07:06 WIB
    Setelah selesai haid, perempuan muslimah diwajibkan bersuci kembali dengan cara yang lebih dikenal dengan sebutan mandi haid. Lantas, seperti apa tata cara mandi haid ini sesuai tuntunan sunnah?
  • Bacaan Salat Lengkap dari Awal Hingga Akhir Beserta Tata Cara dan Niat
    Tips
    Rabu, 06 September 2023 - 09:54 WIB
    Bacaan salat dari awal hingga akhir ini perlu diperhatikan oleh setiap muslim supaya ketika beribadah bisa maksimal dan sesuai dengan apa yang telah diajarkan Rasulullah SAW.
  • Bacaan Yasin untuk Malam Nisfu Syaban, Beserta Niat dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 19 Februari 2024 - 12:27 WIB
    Bacaan Surat Yasin untuk malam Nisfu Syaban beserta niat dan tata caranya penting diketahui umat muslim yang akan mengamalkannya di malam istimewa tersebut.
  • Bingung Berwudu di Tempat Umum? Begini Tata Caranya untuk Muslimah Berhijab
    Muslimah
    Senin, 25 September 2023 - 12:30 WIB
    Bagi muslimah berhijab, terkadang merasa kebingungan untuk wudu akan salat ketika berada di area publik atau umum. Pasalnya, seringkali mereka kesulitan mendapatkan tempat wudu yang aman.
  • Tanda Bekas Sujud dalam Surat Al-Fath Ayat 29, Begini Maksudnya
    Hikmah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 22:10 WIB
    Salah satu ciri orang beriman adalah sering rukuk dan bersujud sebagaimana disebut dalam Al-Quran Surat Al-Fath ayat 29. Berikut makna tanda bekas sujud di wajah mereka.
  • Quraish Shihab: Masjid Bukan Hanya Sekadar Tempat Sujud dan Sarana Penyucian
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 17:30 WIB
    Masjid bukan hanya sekadar tempat sujud dan sarana penyucian. Kata masjid di sini berarti juga tempat melaksanakan segala aktivitas manusia yang mencerminkan kepatuhan kepada Allah SWT.
  • Bacaan Niat Sholat Gerhana Bulan Lengkap Tata Caranya
    Tausyiah
    Selasa, 08 November 2022 - 15:57 WIB
    Niat sholat gerhana bulan lengkap tata caranya perlu diketahui kaum muslimin yang diprediksi terjadi pada sore hingga malam ini, Selasa 8 November 2022.
  • Tata Cara Sholat Istikharah Lengkap Niat dan Doanya
    Tips
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:50 WIB
    Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Alah atas sebuah pilihan agar mendapat kebaikan dalam pilihan tersebut. Berikut tata caranya.
  • Tata Cara Salat Tahajud Lengkap dengan Niat dan Doanya
    Tips
    Rabu, 13 Maret 2024 - 12:50 WIB
    Salat tahajud menjadi salah satu salat sunnah yang sangat dianjurkan untuk ditunaikan oleh setiap muslim demi meningkatkan takwa, termasuk melsanakannya di bulan Ramadan ini.