Topik Terkait: Tiga Waktu Yang Dilarang Untuk Tidur

  • Inilah Waktu-waktu Mustajab untuk Berdoa yang Penting Diketahui
    Tips
    Rabu, 22 November 2023 - 17:57 WIB
    Ketika berdoa atau bermunajat tentu kita harus mengetahui kapan waktu-waktu mustajab untuk berdoa. Dalam berbagai riwayat, Rasulullah SAW memberitahukan waktu-waktu mustajab tersebut.
  • Mengapa Disunahkan Tidur dalam Keadaan Gelap? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 20:23 WIB
    Dalam Islam, dianjurkan tidur dalam keadaan gelap karena hal tersebut merupakan sunnah Rasulullah. Kini banyak penelitian ilmiah modern yang ternyata memunculkan fakta menakjubkan dari perintah nabi tersebut.
  • Waktu-waktu yang Diharamkan Mengerjakan Salat
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 15:22 WIB
    Mengerjakan salat di awal waktu adalah ibadah yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Berikut waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan salat.
  • Hukum Tidur Setelah Sholat Subuh Menurut Perspektif Islam
    Tausyiah
    Senin, 10 Mei 2021 - 03:35 WIB
    Tidur bukan sekadar melepas lelah, tetapi kebutuhan yang harus dipenuhi setiap manusia. Bagaimana hukum tidur setelah sholat Subuh menurut perpektif Islam?
  • 2 Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan
    Tips
    Selasa, 06 April 2021 - 18:17 WIB
    Ada dua waktu yang mustajab berdoa di bulan Ramadhan. Bahkan di luar Ramadhan pun doa di waktu tersebut tidak akan ditolak oleh Allah Taala.
  • 13 Waktu Mustajab Berdoa, Allah SWT Pasti Ijabah Hajat Kita!
    Tips
    Rabu, 10 Januari 2024 - 15:58 WIB
    Dalam Islam, ada waktu-waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Di waktu-waktu mustajab ini, Allah SWT janjikan doa-doa yang dipanjatkan pasti akan diijabah.
  • Kapan Waktu yang Tepat Mengamalkan Zikir Pagi dan Sore?
    Tausyiah
    Kamis, 07 September 2023 - 09:33 WIB
    Ada juga bacaan yang sangat perlu dibiasakan untuk dibaca oleh setiap muslim, yakni bacaan zikir pagi dan sore. Di kalangan para santri, zikir pagi dan sore sering disebut dengan istilah zikir shobah dan masa.
  • Doa Ketika Susah Tidur yang Diajarkan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 01 April 2021 - 18:43 WIB
    Jika kita mengalami kesulitan tidur atau insomnia, ada doa khusus yang dianjurkan Rasulullah yang bisa kita amalkan. Doa ini diajarkan langsung Rasulullah kepada sahabatnya Zaid bin Tsabit.
  • Doa dan Zikir Sebelum Tidur Sesuai yang Diajarkan Rasulullah SAW
    Tips
    Senin, 21 Agustus 2023 - 16:34 WIB
    Doa dan zikir sebelum tidur ini merupakan rangkain dari amalan sunnah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Sebagai umat Nabi SAW, kita dianjurkan melakukan amalan-amalan tersebut.
  • Waktu Utama Melaksanakan Sahur
    Tausyiah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 13:45 WIB
    Ketika melaksanakan ibadah puasa, salah satu sunnah yang dianjurkan adalah makan sahur. Di bulan Ramadan ini, melaksanakan sahur juga memiliki banyak keutamaan. Lantas, kapan waktu utama melaksanakan sahur tersebut?
  • 3 Jenis Tidur yang Dilarang, Nomor 2 Bisa Mendatangkan Penyakit
    Tips
    Kamis, 29 September 2022 - 19:15 WIB
    Salah satu nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa taala adalah tidur. Karena, dengan tidur manusia memiliki waktu untuk mengistirahatkan tubuhnya dari segala aktivitas
  • Jangan Lewatkan! Malam Idul Adha Waktu Mustajab untuk Berdoa
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 17:26 WIB
    Malam Hari Raya Idul Adha merupakan satu dari lima malam yang sangat istimewa. Pada malam ini disebut sebagai waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah.
  • 7 Adab Sebelum Tidur, Utamakan Tidur Menghadap Kiblat
    Tips
    Selasa, 07 November 2023 - 19:59 WIB
    Agar tidur bernilai ibadah dan diberkahi Allah, hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Salah satu adabnya adalah tidur menghadap kiblat.
  • Mengenal Waktu Tahrim, Waktu-waktu yang Dilarang Mendirikan Sholat
    Tips
    Senin, 09 Mei 2022 - 14:41 WIB
    Islam telah menetapkan waktu-waktu terlarang mendirikan shalat, yakni waktu tahrim. Waktu tersebut penting diketahui, agar setiap muslim tidak keliru dan salah menerapkannya. Kenapa demikian?
  • Yang Utama dan Yang Dilarang Saat Berkurban
    Muslimah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 15:40 WIB
    Ibadah kurban yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha sampai hari tasyrik, tiada lain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berkurban, diharapkan seseorang akan memaknai hidupnya untuk mencapai ridha Allah semata.
  • Amalan Sunnah! Berdoa di Pengujung Jumat Adalah Waktu Mustajab
    Tausyiah
    Jum'at, 20 November 2020 - 14:50 WIB
    Jumat (Yaumul Jumuah) adalah hari istimewa karena Allah Taala mencurahkan banyak karunia dan keberkahan di hari tersebut. Ada satu waktu mustajab untuk berdoa di hari ini.
  • Adab-adab Sebelum Tidur yang Penting Diketahui
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:20 WIB
    Agar tidur bernilai ibadah dan diberkahi Allah, hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Tidur bukan hanya merebahkan tubuh di atas kasur semata, tetapi ada rahasia yang terkandung di dalamnya.
  • Muhasabah Sebelum Tidur, Aktivitas yang Sering Dilalaikan
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 17:42 WIB
    Banyak sekali di antara kita, atau bahkan termasuk kita, yang mengabaikan aktivitas penting, yakni muhasabah diri sebelum mereka memejamkan mata di malam hari. Ini tentu menjadi catatan penting bagi setiap muslim.
  • Syarat Doa yang Dikabulkan Allah Taala, Waktu Juga Menentukan
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:40 WIB
    Perlu juga diperhatikan waktu-waktu utama untuk berdoa, dan keadaan-keadaan yang biasanya akan mendapatkan ijabah. Seperti sepertiga malam terakhir, antara azan dan iqamah, ketika sujud dalam salat.
  • 9 Amalan untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Nomor 1 Jangan Dilupakan
    Tausyiah
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 06:30 WIB
    Amalan untuk orang tua yang sudah meninggal sangat baik diamalkan sebagai wujud bakti kepada orang tua (birrul walidain). Berikut 9 amalan yang dapat kita lakukan.