Topik Terkait: Balasan Untuk Orang Puasa Ramadhan

  • 7 Keutamaan Puasa Ramadhan, Nomor 1 Banyak yang Mendambakan
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Maret 2022 - 17:36 WIB
    Paling tidak ada tujuh keutamaan puasa ramadhan. Ketujuh keutamaan itu sebagai bentuk penempaan jiwa sekaligus penyucian diri (tazkiyatun nafs) bagi seorang hamba.
  • Niat Qadha Puasa Ramadhan Digabung dengan Puasa Sunnah
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 20:55 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa maka diwajibkan mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah di bulan ini. Berikut niatnya.
  • Puasa Ramadhan dan Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakannya
    Muslimah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:02 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadhan. Sebab Puasa Ramadhan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • Fadhilah Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui Seorang Muslim
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 09:00 WIB
    Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat islam, begitupun dengan ibadah puasa yang ditunaikan di bulan suci tersebut. Karena keistimewaannya, puasa Ramadhan juga memiliki beberapa fadhilah atau keutamaan yang luar biasa.
  • Membersihkan Telinga Saat Puasa Ramadhan, Batalkah?
    Tips
    Jum'at, 23 April 2021 - 08:05 WIB
    Membersihkan telinga adalah aktivitas yang lazim dilakukan setelah mandi. Apakah membersihkan telinga ketika puasa Ramadhan membatalkan puasa?
  • Begini Puasa Orang-Orang Terdahulu, Sebelum Islam Datang
    Hikmah
    Senin, 26 April 2021 - 18:29 WIB
    Semua agama samawi, sama dalam prinsip-prinsip pokok akidah, syariat, serta akhlaknya. Ini berarti semua agama samawi mengajarkan tauhid, kenabian, dan keniscayaan hari kemudian.
  • Bacaan Zikir Sebelum Berbuka Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 20 April 2021 - 14:59 WIB
    Di antara zikir yang dianjurkan sebelum berbuka puasa Ramadhan dinukil dari Kitab Al-Adzkar dan lainnya. Berikut bacaan zikir sebelum berbuka puasa.
  • Totalitas Puasa untuk Meraih Taqwa
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 08:02 WIB
    Puasa itu arti mencegah (imsak) dan menahan. Artinya, menahan diri dari yang membatalkan puasa berupa makan, minum dan menyalurkan syahwat kepada pasangan yang sah.
  • Presiden PKS Berharap Puasa Ramadhan Ini Berdampak Positif untuk Bangsa
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 18:08 WIB
    Hanya dalam hitungan akan berpisah dengan bulan suci Ramadhan 1422 H. Momen 10 hari terakhir memiliki keutamaan yang sangat besar untuk mengoptimalkan ibadah.
  • Puasa Ramadhan Itu Menata Hati
    Tausiyah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 14:01 WIB
    Warna hidup manusia itu terbentuk oleh suasana hatinya. Segala gerak-gerik hidupnya adalah gambaran dari suasana hati. Karenanya hati adalah penentu hitam putih, sehat sakitnya prilaku manusia.
  • Memberi Makanan untuk Orang yang Berbuka Puasa, Seperti Apa Batasannya?
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 17:05 WIB
    Berbuka puasa adalah salah satu kegembiraan yang diberikan Allah Taala kepada mereka yang berpuasa. Banyak di antara umat Islam berlomba-lomba memberikan makanan untuk orang yang berbuka puasa.
  • Jangan Sepelekan Dua Rukun Puasa Ramadhan Berikut Ini
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 03:00 WIB
    Rukun puasa Ramadhan ada dua. Pertama, al-imsak yakni menahan diri dari hal yang membatalkan puasa. Kedua, niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah Maghrib sampai Subuh.
  • Sejarah Pensyariatan Puasa Ramadhan Ternyata Lewat 3 Tahapan
    Hikmah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 15:10 WIB
    Sebelum kita memasuki bulan suci Ramadhan 2022 ada baiknya kita mengetahui sejarah pensyariatan puasa. Seperti apa sejarahnya, mari simak ulasan berikut ini.
  • Puasa di Bulan Ramadhan Tapi Tidak Sholat, Ini Hukumnya
    Tausyiah
    Minggu, 27 Maret 2022 - 14:20 WIB
    Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban setiap muslim yang sudah baligh dan mampu. Bagaimana hukum orang berpuasa Ramadhan tapi tidak mengerjakan sholat?
  • 5 Perkara yang Dapat Merusak Amalan Puasa Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 16:11 WIB
    Ramadhan adalah bulan bertabur rahmat Allah, pahala amal dilipatgandakan dan setan dibelenggu. Agar puasa Ramadhan bernilai di sisi Allah, hendaknya umat Islam menjauhkan diri dari lima perkara berikut.
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal dan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Niat puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal, umumnya banyak dilakukan kaum muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadhan kemarin. Bagaimana bacaan doa atau niatnya? Serta bagaimana tata caranya?
  • Belum Qadha Puasa Tapi Sudah Masuk Ramadhan Berikutnya
    Tausyiah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 18:12 WIB
    Di antara kaum umat muslim ada yang belum qadha puasa tetapi Ramadhan berikutnya sudah tiba. Bagaimana seorang muslim/muslimah menyikapi keadaan ini? Beriku penjelasannya.
  • Inilah Orang-orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 09 April 2021 - 08:07 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala memberi kemudahan dan tidak menginginkan kesulitan bagi hamba-Nya yang memang disyaratkan tidak bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini. Siapa saja mereka?
  • Bijak di Medsos untuk Menjaga Pahala Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 07:01 WIB
    Dalam bermedsos orang yang sedang berpuasa seyogianya mampu menjaga lisan dengan menghindari bergunjing, ucapan tercela, atau berkata kasar yang bisa mengurangi pahala ibadah.
  • Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 29 Maret 2022 - 18:55 WIB
    Persiapan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan sangat diperlukan, termasuk mengetahui apa saja yang boleh dilakukan maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan seorang muslim