Topik Terkait: Hukum Puasa Tapi Tidak Sahur

  • Puasa Tapi Tidak Sholat, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 14 April 2021 - 13:32 WIB
    Ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, yakni melaksanakan puasa tetapi tidak menjalankan sholat. Bagaimana syariat menghukuminya perihal tersebut?
  • Hukum Puasa Tanpa Makan Sahur, Simak Penjelasan Berikut
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 02:00 WIB
    Salah satu kenikmatan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Lalu, bagaimana hukum berpuasa tanpa makan sahur? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Sengaja Tidak Puasa Ramadhan Menurut Para Ulama
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 14:33 WIB
    Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan adalah wajib bagi semua muslim yang sudah baligh. Lantas bagaimana hukumnya bila mereka tidak menjalankannya?
  • Penting Diketahui Hikmah dan Keutamaan Sahur Saat Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Senin, 05 April 2021 - 08:38 WIB
    Sebentar lagi umat muslim akan menjalankan puasa Ramadhan. Sebagai persiapan menjalankan puasa sepanjang hari, sahur memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Apa dan bagaimana sebenarnya perihal sahur ini?
  • Hukum Mendengarkan Musik Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 22:17 WIB
    Hukum mendengarkan musik saat puasa Ramadhan terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan.
  • Beda Pendapat Hukum Bekam, Batalkan Puasa atau Tidak?
    Tausyiah
    Senin, 04 April 2022 - 13:50 WIB
    Hijamah atau bekam berarti penyedotan (darah) dengan membuat irisan kecil pada permukaan kulit secara sengaja. Lalu, apakah bekam membatalkan puasa atau tidak?
  • Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil
    Muslimah
    Kamis, 24 Maret 2022 - 08:08 WIB
    Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban seluruh umat Islam yang sudah baligh dan mampu melaksanakannya, tak terkecuali kepada wanita hamil.
  • Hukum Puasa Arafah Tapi Masih Punya Utang Ramadhan
    Tips
    Minggu, 03 Juli 2022 - 19:45 WIB
    Hukum puasa Arafah tapi masih punya utang Qadha Ramadhan perlu dipahami oleh umat Islam. Apakah harus mengqadha puasa Ramadhan terlebih dahulu?
  • Subhanallah! Malaikat Berselawat bagi Orang yang Makan Sahur
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 03:00 WIB
    Dr Fadhl mengatakan di antara orang-orang yang berbahagia dengan selawat para Malaikat adalah orang yang makan sahur, dan di antara dalil yang menunjukkan hal tersebut adalah:
  • Allah Berselawat kepada Orang-orang yang Sahur
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 03:01 WIB
    Sahur merupakan satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan Ramadan, bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa saalm memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • Fidyah dan Seputar Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:21 WIB
    Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bagi orang-orang yang beriman, puasa adalah wajib. Lalu bagaimana bila dalam kondisi sakit? Bolehkah fidiyah dibayar dengan uang?
  • Sahur adalah Pembeda Puasa Umat Muslim
    Tips
    Sabtu, 16 April 2022 - 03:00 WIB
    Sebelum menjalankan ibadah puasa sepanjang hari di bulan Ramadhan, umat Islam disunnahkan sahur terlebih dahulu. Kenapa harus sahur? Dan bagaimana keutamaan serta hukum sahur ini?
  • Hukum Puasa bagi Musafir Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:56 WIB
    Musafir mendapat keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185. Lalu apa syarat musafir yang dapat keringanan itu?
  • Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 06:53 WIB
    Kewajiban puasa Ramadhan dibebankan kepada seluruh umat Islam, tak terkecuali kepada wanita hamil. Seperti apa puasanya dan bagaimana hukumnya bagi wanita hamil ini?
  • Amalan Agar Tidak Haus Ketika Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 14 April 2021 - 13:36 WIB
    Menjalani ibadah puasa Ramadhan bagi sebagian orang ada yang merasa haus, dan terkadang tubuh menjadi lemas karena kekurangan energi. Berikut amalannya.
  • Allah dan Malaikat Bershalawat Kepada Orang-Orang yang Sahur
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 23:35 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan Ramadhan adalah sahur. Rasul memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • Kupas Tuntas Hukum Puasa Rajab, Berikut 2 Pendapat Ulama Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 23 Januari 2023 - 22:03 WIB
    Hari ini kita sudah memasuki bulan Rajab 1444 Hijriyah, Senin (23/1/2023). Bagaimana hukum mengkhususkan puasa di hari tertentu pada bulan Rajab? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Syawal
    Tips
    Minggu, 29 Mei 2022 - 23:40 WIB
    Apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dengan puasa qadha Ramadhan? Para ulama memiliki dasar untuk ketentuan menggabungkan dua ibadah dalam satu niat.
  • Puasa Ramadhan dan Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakannya
    Muslimah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:02 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadhan. Sebab Puasa Ramadhan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • Sunnah Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:42 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu diketahui seorang muslim, selain niat puasa juga sunnah-sunnahnya, terutama yang berkaitan dengan sahur dan buka puasa.