Topik Terkait: Hukum Tadarus Alquran

  • Keutamaan Tadarus Al-Quran Berjamaah di Malam Ramadan
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 05:10 WIB
    Tadarus Al-Quran pada malam-malam Ramadan sudah menjadi tradisi bagi muslim di Indonesia. Tadarus Al-Quran ini memiliki keutamaan apalagi dilakukan secara berjamaah.
  • Adab Membaca Al Quran saat Tadarus di Bulan Ramadan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 07 Maret 2024 - 14:30 WIB
    Salah satu amalan prioritas di bulan Ramadan adalah membaca atau tadarus Al Quran. Agar amalan ini diterima, maka ada adab yang perlu diperhatikan saat membaca Al Quran tersebut. Kenapa adab ini sangat penting?
  • Hukum Membakar Mushaf Al-Quran Menurut Buya Yahya
    Tausyiah
    Selasa, 31 Januari 2023 - 15:41 WIB
    Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon, KH Yahya Zainul Maarif atau yang akrab disapa Buya Yahya menjelaskan hukum membakar mushaf Al-Quran.
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Yayasan Muslim Sinarmas Bersinergi dengan ICMI Wakafkan 2.000 Mushaf Alquran
    Dunia Islam
    Minggu, 26 Maret 2023 - 10:08 WIB
    Alquran merupakan kitab suci umat Islam dan sangat dibutuhkan, apalagi di bulan suci Ramadan. Bertadarus Alquran sambil memaknai arti dan makna dari isi itu.
  • Hukum Membaca Al-Quran di HP
    Tips
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:17 WIB
    Di era teknologi saat ini, banyak di antara umat Islam memanfaatkan HP untuk beraktivitas termasuk urusan ibadah. Bagaimana hukum membaca Al-Quran di HP?
  • Pada Situasi Seperti Ini, Terlarang Membaca Al-Quran Secara Jahr
    Tausyiah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 17:03 WIB
    Jangan sampai membaca Al-Quran mengganggu orang salat yang memerlukan konsentrasi, orang istirahat yang membutuhkan ketenangan, atau orang sakit yang memerlukan istirahat.
  • Kenapa Ramadhan Disebut Sebagai Bulan Al-Quran?
    Tausyiah
    Senin, 26 April 2021 - 23:52 WIB
    Selain Syahrus Shiyam (bulan berpuasa), Ramadhan juga disebut sebagai Syahrul Quran atau Bulan Al-Quran. Pertanyaannya, mengapa Ramadhan disebut sebagai bulan Al-Quran?
  • Bolehkah Muslimah Membaca Al-Quran Tanpa Memakai Jilbab?
    Muslimah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 12:20 WIB
    Masih ada sebagian muslimah yang ketika membaca Al-Quran ini, dengan aurat yang masih terbuka. Misalnya tanpa memakai jilbab atau kerudung. Bagaimana hukumnya?
  • Haruskah Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadan?
    Tausyiah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 16:41 WIB
    Salah satu amalan di bulan Ramadan yang banyak dilakukan umat Islam adalah tadarus atau membaca kitab suci Al-Quran dengan harapan meraih pahala yang berlimpah.
  • Tadarus Al Quran : Ada  Sahabat Nabi yang Khatam Hanya dalam Satu Rakaat Salat Saja
    Hikmah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 11:50 WIB
    Ada kisah menarik yang penuh hikmah dari para sahabat Nabi Shalallahu alaihi wa sallam. Di bulan Ramadan mereka tidak pernah absen mengisi waktunya untuk tadarus AlQuran bahkan mengkhatamkannya berkali-kali.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Manusia Itu Berada di Antara Hukum Allah dan Hukum Jahiliyah
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 08:08 WIB
    Sesungguhnya tasyri (hukum Allah) itulah yang mentransfer taujiihaat (arahan-arahan) agama dan akhlaq pada undang-undang yang berlaku dan memberikan sanksi apabila ditinggalkan.
  • Debat Capres Cawapres: Bagaimana Menurut Hukum Islam?
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 08:20 WIB
    Debat yang tercela dalam Islam adalah suatu perbedatan yang tidak memakai dasar ilmu, tanpa dalil, dan sepenuhnya subjektif. Debat yang tercela adalah debat yang lebih mengutamakan otot, bukannya argumen.
  • Hukum Membaca Yasin di Kuburan, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 22:13 WIB
    Hukum membaca Yasin di kuburan sudah sering dibahas oleh ulama ahli fiqih. Sebagian di antaranya menghukuminya makruh, sebagian lagi membolehkannya.
  • 5 Keutamaan Tadarus Al-Quran yang Jarang Diketahui Umat Islam
    Tips
    Senin, 26 April 2021 - 08:30 WIB
    Bulan Ramadhan disebut bulan Al-Quran. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan umat muslim di bulan Ramadhan adalah Tadarus Al-Quran. Berikut keutamaannya.
  • Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 24
    Tips
    Senin, 22 Januari 2024 - 16:05 WIB
    Hukum tajwid surat an-Nur ayat 24 lengkap dengan penjelasannya. Surat ini terdapat beberapa hukum tajwid di antaranya mad thabii, mad layyin, idzhar syafawi, ikhfa syafawi, ra tafkhim, dan mad aridh lissukun.
  • Hukum Membawa HP Berisi Aplikasi Al-Quran ke Toilet
    Tips
    Senin, 14 Maret 2022 - 23:23 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang bertanya tentang hukum membawa HP berisi aplikasi Al-Quran ke toilet atau kamar mandi. Bolehkah?
  • Hukum Puasa Setelah Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Hukum Bacaan Idgham Mutamatsilain Beserta Contohnya
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 20:28 WIB
    Hukum bacaan idgham mutamatsilain adalah apabila ada huruf yang bertemu huruf yang sama yang juga memiliki makhroj dan sifat yang sama, huruf yang pertama berharakat sukun dan huruf yang kedua berharakat.
  • Hukum Kawin Kontrak dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 16:07 WIB
    Hukum kawin kontrak dalam pandangan Islam adalah haram, kendati pada awalnya dibolehkan. Kawin mutah pernah diperkenankan oleh Rasulullah SAW sebelum stabilnya syariah Islamiah.