Artikel Tips Ramadan dan Islam

  • Puasa nyaman tanpa gangguan flu
    Kebiasaan  meninggalkan sahur, jelas bisa mengganggu keseimbangan tubuh. Padahal, sejatinya berpuasa adalah salah satu cara menjaga keseimbangan pencernaan dan kesehatan tubuh. Apalagi kondisi cuaca yang sangat tidak menentu, seseorang sangat mudah terserang berbagai penyakit. Jika stamina Anda menurun karena berpuasa, virus influenza makin gampang menyerang tubuh
  • Berbuka puasa yang menyehatkan lambung
    Berbuka puasa pun perlu mengikuti langkah-langkah yang benar, karena lambung yang tidak terisi makanan dalam waktu lama cenderung lebih rentan mengalami gangguan pencernaan. Jangan buka puasa dijadikan ajang untuk balas dendam setelah seharian menahan makan dan minum.
  • Puasa sehat untuk lansia
    Studi yang dilakukan pada pasien berusia 60 tahun ke atas ini membuktikan, fungsi ginjal mereka membaik pada hari ke-28 Ramadan dan hari ke-14 setelah Ramadan.  Intinya, tidak ada gangguan fungsi ginjal pada pasien usia lanjut yang sedang berpuasa, selama asupan cairannya mencukupi.
  • Penderita anemia juga bisa berpuasa
    Gejala anemia ini biasanya lemas, lemah, letih, lesu, dan lelah. Kondisi ini tentu sangat mengganggu saat harus menjalankan ibadah puasa. Pasien anemia secara umum bisa berpuasa, tergantung penyebab dasar anemia tersebut dan seberapa berat anemianya.
  • Tetap olahraga di bulan puasa
    Kurangi menu makanan goreng-gorengan dan perbanyak sayur dan buah. Kemudian, olahraga rutin yang cukup perlu dilakukan untuk membakar kalori dan metabolisme tubuh.
  • Aturan puasa bagi penyandang diabetes
    Makanan yang manis dan mengandung karbohidrat tinggi dapat dijadikan menu berbuka puasa karena dapat mengembalikan energi yang hilang pada saat berpuasa. Contohnya buah kurma adalah makanan berbuka yang baik karena mengandung karbohidrat tinggi.
  • Puasa bisa turunkan berat badan
    Bulan Ramadan merupakan momen yang pas dan terbaik untuk melakukan diet sehat. Di bulan yang penuh dengan berkah ini, jika umat islam menjalankan ibadah puasa banyak manfaat yang bisa diperoleh diantaranya menurunkan berat badan secara alami, asalkan tetap memperhatikan tata cara berpuasa yang baik.
  • Melatih anak berpuasa
    Puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib bagi kaum muslim yang sudah baliq. Tidaklah mudah menjalankan puasa untuk pertama kali, apalagi untuk anak-anak. Untuk itu ada baiknya jika kita dapat mengajarkan puasa pada anak sejak dini.
  • Ibu menyusui tetap bisa puasa
    Berpuasa untuk ibu menyusui tentu menjadi suatu keistimewaan bagi seorang wanita. Karena meski islam memberikan kelonggaran bagi Ibu Hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan menggantinya di lain waktu dan membayar fidyah.
  • Hamil tetap berpuasa
    Ibu hamil tentunya dalam menjalankan puasa akan sangat berbeda ketika tidak sedang hamil, diperlukan kiat-kiat khusus agar puasa yang sedang dijalankan benar-benar menjadi sebuah ibadah nan barokah dan juga tetap menjadikan kandungan yang sedang dijalani senantiasa sehat.
  • Atasi mengantuk saat berpuasa
    Perubahan pola makan saat puasa memengaruhi metabolisme tubuh. Dan, serangan kantuk yang muncul saat puasa itu umumnya terjadi akibat penurunan kadar glukosa darah di otak sehingga memengaruhi suplai oksigen.
  • Puasa bagi penderita diabetes
    Penderita diabetes yang terkelola dengan baik dapat berpuasa dengan aman. Hal itu apabila, penderita diabetes telah meminta saran dokter mengenai kondisi kesehatan dan mendapatkan obat-obatan yang sesuai selama berpuasa.
  • Sahur sehat, puasa tidak lesu
    Banyak makan pada saat sahur justru akan membuat Anda cepat lemas dan malas untuk beraktivitas. Ada beberapa tips agar Anda tidak akan mudah lapar atau lesu saat berpuasa.
  • Penderita maag tetap berpuasa
    Asal tahu kiatnya, bagi penderita sakit maag Anda tetap bisa berpuasa. Karena, puasa justru dapat menyehatkan.
  • Lebih cantik saat berpuasa
    Sesungguhnya, puasa dapat menjadikan seseorang cantik luar-dalam dan awet muda. Selain berpengaruh terhadap kesehatan, puasa juga dapat menunda proses penuaan alias membuat awet muda. Hal tersebut terjadi akibat organ-organ dalam tubuh diberi kesempatan untuk beristirahat sehingga kondisi fisik selalu sehat dan bugar.