Surat Al-Waqiah Lengkap Arab Latin dan Terjemahan

Rabu, 14 Juni 2023 - 23:25 WIB
Surat Al-Waqiah memiliki keutamaan membuka pintu rezeki dan penghalang dari kemiskinan. Surat ini dianjurkan dibaca setiap hari. Foto/ist
Surat Al-Waqiah lengkap Arab latin dan terjemahan sangat dianjurkan dibaca kaum muslim setiap hari. Surat ini memiliki keutamaan membuka pintu rezeki dan penghalang dari kemiskinan.

Dalam riwayat disebutkan bahwa Abdullah bin Mas'ud mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa membaca Surat Al-Waqi'ah setiap malam, maka ia tidak akan mengalami kesulitan (kefakiran) selamanya." Riwayat lain dari Anas disebutkan:

عَلِّمُوْا نِسَاءَكُمْ سُوْرَةَ الْوَاقِعَةِ فَإِنَّهَا سُوْرَةُ الْغِنَى

Artinya: "Ajarkanlah Surat Al-Waqiah pada perempuan-perempuan kalian. Sesungguhnya surat Al-Waqi'ah adalah surat yang membuat kaya."

Surat Al-Waqi'ah (الۡوَاقِعَةُ) terdiri atas 96 ayat. Surat ke-56 ini termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah Surat Thaa Haa. Dinamai Al-Waqi'ah (Hari Kiamat), diambil dari perkataan Al-Waaqi'ah yang terdapat pada ayat pertama surat ini.



Berikut Surat Al-Waqiah lengkap Arab latin dan terjemahan:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


اِذَا وَقَعَتِ الۡوَاقِعَةُ


Idzaa waqa'atil waaqi'ah.

1. Apabila terjadi hari Kiamat.

لَيۡسَ لِـوَقۡعَتِهَا كَاذِبَةٌ‌


Laisa liwaq'atihaa kaadzibah.

2. Terjadinya tidak dapat didustakan (disangkal).

خَافِضَةٌ رَّافِعَةٌ


Khaafidhatur raafi'ah.

3. (Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain).

اِذَا رُجَّتِ الۡاَرۡضُ رَجًّا


Idzaa rujjatil ardhu rojjaa.

4. Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَّيُعَذِّبَ الۡمُنٰفِقِيۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتِ وَالۡمُشۡرِكِيۡنَ وَ الۡمُشۡرِكٰتِ الظَّآنِّيۡنَ بِاللّٰهِ ظَنَّ السَّوۡءِ‌ؕ عَلَيۡهِمۡ دَآٮِٕرَةُ السَّوۡءِ‌ ۚ وَ غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمۡ وَلَعَنَهُمۡ وَاَعَدَّ لَهُمۡ جَهَنَّمَؕ وَسَآءَتۡ مَصِيۡرًا
dan Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, dan (juga) orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang berprasangka buruk terhadap Allah. Mereka akan mendapat giliran (azab) yang buruk dan Allah murka kepada mereka dan mengutuk mereka serta menyediakan neraka Jahanam bagi mereka. Dan (neraka Jahanam) itu seburuk-buruk tempat kembali.

(QS. Al-Fath Ayat 6)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More