Topik Terkait: Ahli Hadis Perempuan (halaman 2)

  • 3 Kisah Nasib Buruk Mereka yang Menghina Hadis Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 17:18 WIB
    Berikut ini adalah tiga kisah nasib buruk mereka yang menghina hadis Rasulullah SAW yang dihimpun Ustadz Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi dalam bukunya berjudul Aneh dan Lucu.
  • Inilah 3 Ciri Wanita Terbaik dalam Hadis Rasulullah SAW
    Muslimah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 17:30 WIB
    Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam sangat menganjurkan agar seorang wanita harus berperilaku baik dengan menaati suaminya dalam perkara yang syari, dan menjauhi keburukan.
  • Mau Menikah? Ini Hadis-hadis Pernikahan yang Penting untuk Diketahui
    Tips
    Jum'at, 12 November 2021 - 18:12 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Awal Mula Penulisan Kitab Ilmu Musthalah Hadits
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 21:13 WIB
    Para ulama mulai menuliskan ilmu musthalah hadits pada pertengahan abad ke-4 Hijriyyah, dimana masa pengumpulan hadits dalam satu kitab hampir sudah tidak ada lagi.
  • Inilah Beda Kriteria Hadis Kaum Rafidah dengan Sunni
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 11:51 WIB
    Ketiga kriteria tersebut dipandang tidak sahih oleh ulama Sunni. Berikut ini ringkasan kriteria penerimaan riwayat hadis menurut ulama Suni, dengan perbedaan yang jelas.
  • Hadis Qudsi: Berbaik Sangka kepada Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 22 November 2023 - 05:57 WIB
    Hadis qudsi disebut juga hadis illahi dan hadis rabbani. Hadis qudsi adalah pesan dari Allah SWT yang diwahyukan kepada Rasulullah SAW dan diriwayatkan kepada perawi atau narasumber terpercaya
  • Hadis yang Melarang Meminta Jabatan
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 11:06 WIB
    Jika meminta suatu jabatan saja sudah terlarang, lalu bagaimana dengan orang-orang yang berusaha meraih suatu jabatan dengan cara-cara yang melanggar norma-norma agama?
  • Kisah Sahabat yang Disebut Ahli Neraka Oleh Nabi, Ternyata Ini Sebabnya
    Hikmah
    Senin, 18 Juli 2022 - 23:00 WIB
    Para sahabat mengira orang ini adalah Syuhada dan pahlawan karena semangat dan keberaniannya di medan perang. Tiba-tiba Rasulullah SAW berkata: Orang ini ahli neraka!
  • Ummu Salamah :  Perempuan Pembuat Keputusan yang Tepat
    Muslimah
    Rabu, 23 September 2020 - 09:30 WIB
    Kaum perempuan mempunyai peran penting dalam dunia periwayatan hadis. Banyak perempuan-perempuan yang meriwayatkan hadis Nabi SAW, baik itu para istri Rasulullah, maupun para sahabat perempuan yang lainnya.
  • Hadis-hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 12 November 2021 - 16:06 WIB
    Ada beberapa hadis-hadis Nabi yang berisi nasihat-nasihat yang perlu kita sampaikan, dan hendaknya ini dihafal oleh orang tua untuk disampaikan kepada anak.
  • Pemalsuan Hadis Marak setelah Perang antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah
    Hikmah
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 13:57 WIB
    Gerakan pemalsuan hadis yang dipelopori oleh kaum Rafidhah, seusai perang antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah bin Abu Sofyan, dapat diatasi dengan metode tersebut.
  • Inilah Keutamaan Membaca dan Menghapal Hadis
    Tips
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:29 WIB
    Sebagaimana Al Quran, membaca hadis-hadis Rasulullah memiliki keutamaan tersendiri bagi pembaca dan penghafalnya. Kenapa demikian? Karena hadis merupakan kunci memahami Al Quran
  • Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri Cina Ternyata Bukan Hadis Shahih
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 23:11 WIB
    Kita sering mendengar hadis yang satu ini disampaikan di berbagai majelis taklim. Hadis ini begitu populer di tengah masyarakat muslim Indonesia. Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri Cina.
  • Inilah Hadis Nabi yang Membuat Abu Hurairah Pingsan
    Hikmah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:54 WIB
    Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin menceritakan kisah Abu Hurairah radhiyallahu anhu (RA) yang pingsan saat hendak menyampaikan Hadis Nabi.
  • Anak Perempuan Penghalang dari Api Neraka
    Muslimah
    Jum'at, 18 Juni 2021 - 11:55 WIB
    Beruntunglah orang tua yang memiliki anak perempuan, karena ternyata anak perempuan akan menjadi penghalang untuk orang tuanya dari api neraka.Ada banyak dalil yang menunjukkan keutamaannya.
  • Hadis Arbain: Apakah Aku akan Masuk Al-Jannah?
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 10:40 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-22 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Ayat-Ayat Kiamat Sudah Dekat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 13:27 WIB
    Ayat-ayat al-Qur-an dan hadis-hadis shahih telah menginformasikan bahwa kiamat sudah dekat. Munculnya sebagian besar tanda-tanda kiamat merupakan bukti bahwa akhir dunia sudah di depan pintu.
  • Periwayat-Periwayat Hadis yang Paling Populer, Siapa Saja Mereka ?
    Dunia Islam
    Senin, 13 Juni 2022 - 12:16 WIB
    Kalangan ulama terdahulu ada yang dikenal karena meriwayatkan hadis-hadis shahih. Sehingga saat ini, buku-buku hadis sudah banyak tersebar di dunia, termasuk Indonesia.
  • Kisah Wafatnya Ahli Hadis Abu Zur’ah ar-Razi yang Mengagumkan
    Hikmah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 21:10 WIB
    Sebagaimana Imam Abu Zurah yang semasa hidupnya selalu menyibukkan diri dengan hadis maka Allah menjadikan akhir kehidupannya dengan hadis yang agung ini.
  • Kesetaraan Perempuan Dalam Islam
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 10:44 WIB
    Momen peringatan Hari Kartini, selalu membahas tentang kesetaraan perempuan. Padahal bila menengok sejarah awal Islam, kesetaraan perempuan dengan lelaki ini telah ada di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.