Topik Terkait: Al Jazeera (halaman 157)

  • Haul Akbar Ulama Hadramaut...
    Hikmah
    Kamis, 06 Februari 2020 - 23:39 WIB
    Tahun ini, Yayasan Al-Fachriyah dan Yayasan Al-Hauthah Al-Jindaniyah menggelar Haul akbar ulama Hadramaut di Ponpes Al-Fachriyah Tangerang, Kamis malam (6/2/2020).
  • Inilah Kisah Pertemuan...
    Hikmah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 15:27 WIB
    Salah satu yang dikisahkan dalam Al-Quran itu juga termasuk dalam mukjizat Nabi Musa AS, yang berbicara langsung dengan Allah SWT tanpa perantara.
  • Bolehkah Wanita Haid...
    Muslimah
    Selasa, 08 Juni 2021 - 06:45 WIB
    Bolehkah wanita haid membaca Al-Quran? Mengingat membaca Al- Quran merupakan ibadah yang disunahkan bagi umat Islam, serta keutamaan membacanya sangatlah besar.
  • Sifat al-Masih Isa bin...
    Tausyiah
    Rabu, 08 September 2021 - 05:15 WIB
    Dadalam buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir dipaparkan sejumlah hadis yang menerangkan perihal sifat al-Masih Isa bin Maryam dan sifat manusia akhir zaman.
  • Hukum Gambar Fotografi,...
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 16:23 WIB
    Fotografi yang diambil dengan kamera termasuk barang baru yang di masa Rasulullah SAW belum ada, juga di masa salafus shalih. Apakah itu juga termasuk larangan?
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Unsur Utama Taubat adalah...
    Tausyiah
    Rabu, 08 Juni 2022 - 18:10 WIB
    Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya ulumuddin menyebut tiga unsur taubat nasuha, yakni unsur pengetahuan dalam taubat, unsur hati dan keinginan, serta unsur sisi praktis dalam taubat.
  • Pahala Berlipat Membaca...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 04:10 WIB
    Keistimewaan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya adalah banyaknya pahala yang dilipatgandakan karena terdapat puasa Ramadhan yang diwajibkan.
  • Kisah Mualaf Jerman...
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Desember 2022 - 12:57 WIB
    Dr Marcus adalah seorang pemikir dan penulis terkenal yang mendirikan Muslimische Revue di Berlin, Jerman. Dia mengaku mempelajari al-Quran (terjemahan) sejak masa kanak-kanak.
  • Karomah Syaikh Nawawi...
    Dunia Islam
    Selasa, 06 September 2022 - 10:25 WIB
    Lihatlah di sana, kata Syaikh Nawawi seraya menunjuk dengan jari tangannya ke arah kiblat yang dimaksud. Di sana tampak kakbah sehingga arah masjid pun diubah.
  • Perempuan di Zaman Nabi...
    Hikmah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 19:32 WIB
    Siti Sarah dan Siti Hajar adalah gambaran perempuan pada zaman Nabi Ibrahim sebagaimana yang diinformasikan dalam ayat-ayat Al-Quran maupun hadis Nabi Muhammad SAW.
  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Rabu, 07 Desember 2022 - 23:12 WIB
    Hukum bacaan tajwid Surat Al-Kahfi penting dipelajari kaum muslim agar tidak keliru ketika membacanya. Berikut tajwid Surat Al-Kahfi ayat 1-3 dan penjelasannya.
  • Fadhillah Surah Al-Kahfi,...
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 22:52 WIB
    Selain menghidupkan Salawat, ada satu amalan istimewa pada malam Jumat dan hari Jumat yaitu membaca Surah Al-Kahfi atau Gua. Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Kitab suci Al-Quran.
  • Al Qur’an Surat Ali...
    Tips
    Senin, 01 Juli 2024 - 16:11 WIB
    Surat Ali Imran Arab saja full ayat 1-200 penting dipelajari umat Muslim. Kita dapat menjadikannya amalan bermanfaat dengan membacanya rutin.
  • Adakah Dalil Perintah...
    Muslimah
    Sabtu, 30 September 2023 - 07:19 WIB
    Perintah menutup aurat dengan berjilbab tercantum dalam beberapa ayat Al-Quran. Ketiga ayat Al-Quran ini penting diketahui kaum muslimah.
  • Syeikh Fikri: 4 Cara...
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat...
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan...
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.
  • Amalkan Qunut Nazilah...
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 08:56 WIB
    Muhammadiyah menganjurkan umat Islam banyak beristighfar, bertaubat,&nbsp dan berdoa kepada Allah dalam menghadapi wabah virus corona. Selain itu, meningkatkan membaca al-Quran, berzikir, bersalawat atas Nabi, dan membaca qunut nazilah secara individu.
  • Gus Mus: Selamat Pagi...
    Hikmah
    Kamis, 02 April 2020 - 06:05 WIB
    Gus Mus seakan tengah bicara tentang kondisi kini, saat orang-orang sibuk berjemur pada matahari pagi dan lebih rajin membersihkan diri untuk melawan virus corona.
  • UAS Posting Pesan Syeikh...
    Hikmah
    Kamis, 02 April 2020 - 05:15 WIB
    Ulama terkemuka Mesir Syeikh Ali Jumah menceritakan peristiwa wabah besar pernah melanda Mesir. Pesan Syeikh Ali Jumah ini diposting oleh dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS).