Topik Terkait: Al Jazeera (halaman 164)

  • Ustaz Felix: Ambil Pelajaran...
    Hikmah
    Selasa, 14 Januari 2020 - 18:01 WIB
    Dai beretnis Tionghoa-Indonesia, Ustaz Felix Siauw menceritakan sebuah kisah Theodore Herzl, yang dikenal sebagai Bapak Zionis yang pantang menyerah.
  • Beginilah Sakaratul...
    Hikmah
    Rabu, 15 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ulama besar kelahiran Khurasan yang dijuluki Al-Faqih, Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) mengulas dahsyatnya sakaratul maut dalam Kitab Tanbihul Ghafilin.
  • Bagaimana Hubungan Antara...
    Hikmah
    Rabu, 15 Januari 2020 - 16:11 WIB
    Mungkin banyak yang bertanya bagaimana sebenarnya hubungan antara Nafsu dan Setan? Berikut penjelasan singkat ulama besar kelahiran Mesir, Syeikh Prof Muhammad Mutawalli asy-Syarawi.
  • Cara Bersedekap dalam...
    Tausiyah
    Kamis, 16 Januari 2020 - 16:22 WIB
    Bersedekap dalam salat yaitu meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri. Bagaimana cara bersedekap menurut 4 mazhab? Berikut penjelasannya.
  • 5 Kriteria Manusia yang...
    Hikmah
    Jum'at, 17 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ulama Al-Faqih, Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai), menerangkan kriteria orang-orang yang diberi kabar gembira saat sakartul maut.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Arti Cinta Bagi Para...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Apa sebenarnya cinta itu? Cinta tak bisa dijelaskan dengan kata-kata karena ia lahir dari hati yang suci. Beginilah para sahabat memperlihatkan cinta sejati kepada Baginda Rasulullah SAW.
  • 3 Kunci Sukses Dunia...
    Tausiyah
    Senin, 20 Januari 2020 - 19:34 WIB
    Semua orang di dunia pasti menginginkan kesuksesan dan kebahagiaan. Dalam tausiyahnya, Habib Ali Zainal Abidin membeberkan tiga kunci sukses dunia dan akhirat.
  • Kisah Nabi Khidir dan...
    Hikmah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Dalam Kitab Kisah Nabi Khidir karya Ibnu Hajar Asqalani diceritakan kisah pengajaran Nabi Khidir kepada seorang ulama tabiin yang menjadi penasehat dan pendamping Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik.
  • Ciri-ciri Istri yang...
    Tausiyah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 16:46 WIB
    Pengasuh Yayasan Al Hawthah Al Jindaniyah, Al-Habib Ahmad bin Novel Jindan membeberkan ciri-ciri istri saleha menurut Al-Quran dan Hadis.
  • Inilah Adab Berzikir...
    Hikmah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 17:27 WIB
    Di dalam thariqoh, ada adab (tata krama) yang harus diperhatikan ketika berzikir. Keutamaan adab sebelum ilmu dan beramal sangat ditekankan oleh para ulama.
  • Kisah Orang Saleh Ketika...
    Hikmah
    Kamis, 23 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Pada bagian pertama kita sudah menceritakan kisah Imron bin Husain radhiallahu anhu (RA) yang menderita penyakit buang air selama tiga puluh tahun tidak dapat bergerak dari tempat tidurnya.
  • Punya Utang dan Sering...
    Tausiyah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 15:01 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan doa kepada sahabat Abu Umamah radhiallahu anhu (RA) yang tengah mengalami kesulitan (kesusahan) dan memiliki utang.
  • Derbent, Gerbang Masuknya...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Januari 2020 - 07:32 WIB
    Salah satu monumen penting sekaligus bukti keberadaan Islam yang telah masuk di Derbent, Rusia, pada masa awal Islam adalah Masjid Juma atau Djuma Mosque.
  • Kisah Perbedaan Pendapat...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ustaz Abdul Somad, dai yang juga alumnus S-3 Oumdurman Islamic University, Sudan, menceritakan kisah ikhtilaf (perbedaan pendapat) sahabat pada masa Rasulullah SAW dalam bukunya 37 Masalah Populer.
  • Peringatan Nabi Terhadap...
    Hikmah
    Minggu, 26 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Pada zaman Rasulullah SAW juga pernah terjadi wabah penyakit melanda Kota Madinah yaitu penyakit thaun, semacam penyakit menular atau wabah kolera. Berikut kisahnya.
  • Kisah Umar dan Wabah...
    Hikmah
    Senin, 27 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab radhiallahu anhu (RA), wabah penyakit thoun pernah menjangkiti negeri Syam. Dalam peritiwa itu sekitar 20.000 orang lebih meninggal dunia.
  • Derbent, Gerbang Masuknya...
    Hikmah
    Senin, 27 Januari 2020 - 09:15 WIB
    Sejak runtuhnya Uni Soviet pada akhir tahun 1991 dan lahirnya Federasi Rusia, muncul geliat keislaman di berbagai daerah di Rusia terutama di 9 republik.
  • Pandangan Islam Terhadap...
    Hikmah
    Senin, 27 Januari 2020 - 09:02 WIB
    Kelelawar tiba-tiba menjadi perbincangan hangat menyusul mewabahnya penyakit mematikan disebabkan virus Corona dari Wuhan, China. Bagaimana hukum memakan kelelawar dalam Islam?
  • Inilah Ilmuwan Muslim...
    Hikmah
    Selasa, 28 Januari 2020 - 11:56 WIB
    Ada satu hal yang tidak diketahui banyak orang terkait fenomena virus Corona. Ternyata, orang yang pertama kali menemukan virus Corona (CoV) ini adalah seorang ilmuwan muslim.
  • Ustaz Dokter Zaidul...
    Tausiyah
    Selasa, 28 Januari 2020 - 13:25 WIB
    Bagaimana cara melindungi tubuh dari virus? Berikut tips Ustaz Dokter Zaidul Akbar (penggagas pengobatan sehat ala Rasulullah).