Topik Terkait: Al Wala Wal Bara

  • Kesalahan Memaknai Al-Wala Wal-Bara, Ini Penjelasan Buya Yahya
    Tausyiah
    Rabu, 14 September 2022 - 23:17 WIB
    Makna dari Al-Wala Wal-Bara belum banyak dimengerti oleh umat Islam sehingga sering terjadi kesalahan dalam praktiknya. Mari kita simak penjelasan Buya Yahya berikut.
  • Buya Yahya: Jangan Salah Kaprah, Inilah Musuh Islam yang Sebenarnya
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 10:15 WIB
    Umat Islam sering dibuat bingung dan banyak yang salah kaprah memaknai istilah Al-Wala Wal-Baro. Lalu, siapa musuh Islam yang sebenarnya? Simak penjelasan Buya Yahya berikut.
  • Biografi Abu Hasan Al-Asyari, Imam Besar Ahli Sunnah Wal Jamaah
    Hikmah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 23:52 WIB
    Sosok ulama satu ini pasti tak asing bagi umat muslim karena dikenal sebagai pendiri manhaj Ahlu Sunnah Waljamaah. Beliau adalah Imam Abu Hasan Al-Asyari, kelahiran Basrah abad ke-3 H.
  • Minal Aidin wal Faizin dalam Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Sabtu, 22 April 2023 - 07:32 WIB
    Quraish Shihab mengatakan dalam Al-Quran ditemukan sebanyak 29 kali. Terakhir itu diucapkan oleh orang munafik yang menyesal karena tidak ikut berperang bersama-sama orang Islam.
  • Keutamaan Membaca Al-Quran dengan Mushaf
    Hikmah
    Rabu, 29 Januari 2020 - 18:11 WIB
    Banyak sekali riwayat hadis yang menjelaskan keutamaan membaca Al-Quran. Bahkan Allah Taala mengganjar 1 huruf Al-Quran sama dengan 10 kebaikan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Isra wal Miraj dan Wabah Covid-19
    Tausiyah
    Minggu, 22 Maret 2020 - 07:01 WIB
    Di tengah kehebohan dunia tentang virus Corona atau Covid-19 saat ini, banyak umat lupa bahwa saat ini tengah berada di bulan mulia, Rajab.
  • Mengapa Kita Harus Membaca Surat Al-Kahfi? Ini Rahasianya
    Tausyiah
    Kamis, 09 September 2021 - 22:03 WIB
    Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Al-Quran terdiri dari 110 ayat. Mengapa kita harus membaca dan mentadabburi Surat Al-Kahfi setiap Jumat? Ini jawabannya.
  • Perempuan-Perempuan Pemegang Bara Api
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 19:26 WIB
    Dari kisah-kisah Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Sunnah, ada banyak tokoh perempuan yang patut dijadikan suri tauladan. Mereka perempuan-perempuan penggenggam bara api. Siapa mereka dan apa maksud penggenggam bara api ini?
  • Imam Al-Ghazali: Para Wali Biasa Membaca Surat Al-Waqiah di Saat Sulit
    Tausyiah
    Selasa, 29 September 2020 - 16:29 WIB
    Abdullah berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa membaca surat al-Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan mengalami kesulitan selamanya
  • Amalan Memperlancar Rezeki dalam Surat Al-Waqiah, Yuk Amalkan!
    Tausyiah
    Rabu, 15 Februari 2023 - 21:54 WIB
    Surat Al-Waqiah merupakan bacaan yang dapat memperlancar rezeki dan wasilah menjauhkan seseorang dari kemiskinan. Berikut keutamaan ayat 30 dari Surat Al-Waqiah.
  • Bacaan Surat Al-Ikhlas dan Kandungan Per Ayat
    Tips
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 20:39 WIB
    Surat Al-Ikhlas termasuk surat yang sangat populer di kalangan umat Islam (golongan surat Makkiyah). Terdiri dari empat ayat, surat ini memiliki fadhilah dan manfaat luar biasa.
  • 7 Khasiat Surat Al Waqiah, Dilimpahkan Rezeki dan Menjadi Sosok Dermawan
    Tips
    Sabtu, 08 Juli 2023 - 11:01 WIB
    Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dalam Al-Quran yang terdiri dari 96 ayat. Terdapat sejumlah khasiat yang diperoleh dengan membaca surat di juz ke-27 tersebut.
  • 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah: Bacaan, Arti, dan Manfaat
    Tips
    Jum'at, 24 November 2023 - 17:52 WIB
    Dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah memiliki banyak keutamaan yang terkandung. Maka dari itu, umat Muslim sangat dianjurkan untuk sering membaca kedua ayat tersebut agar mendapat manfaatnya.
  • Tafsir Al-Kahfi Ayat 1-10: Siapa yang Membacanya Dilindungi dari Dajjal
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 18:28 WIB
    Surat Al-Kahfi terdiri atas 110 ayat dan diturunkan di Makkah (surat Makkiyyah). Dinamai Al-Kahfi (gua) karena bercerita tentang kisah para penghuni Gua. Berikut tafsirnya:
  • Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 Lengkap Arab, Latin dan Keutamaan
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 18:31 WIB
    Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 lengkap Arab dan latin beserta keutamaannya penting ditadabburi umat Islam. Surat ini termasuk surat yang agung dalam Al-Quran.
  • Arti Surat Al-Kahfi Ayat 10 Beserta Tafsirnya
    Tausyiah
    Rabu, 09 November 2022 - 21:29 WIB
    Arti Surat Al-Kahfi ayat 10 beserta tafsirnya menarik untuk diulas karena di dalamnya terdapat hikmah. Surat ini mengingatkan kita tentang kisah Ashabul Kahfi yang berlindung di gua.
  • Surat Al-Mulk Ayat 13, Asbabun Nuzul dan Hikmahnya
    Hikmah
    Minggu, 20 November 2022 - 23:27 WIB
    Surat Al-Mulk adalah salah satu surat terbaik dalam Al-Quran yang fadhilahnya mendatangkan syafaat bagi pembacanya. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Mulk ayat 13.
  • Penanganan Covid-19, Muhammadiyah Gelorakan Semangat Al-Maun
    Hikmah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 13:18 WIB
    Perlu dibuka relawan kesehatan dari unsur RS Muhammadiyah, juga relawan dari PT Muhammadiyah dan &lsquoAsiyiyah dari fakultas-fakultas kesehatan.
  • 4 Sikap Mengabaikan Al Quran Menurut Imam Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Senin, 15 Januari 2024 - 10:58 WIB
    Di zaman sekarang, banyak orang-orang yang mengaku Islam namun enggan atau mengabaikan Al-Quran sebagai kitabullah. Padahal kewajiban muslim adalah membaca dan mengamalkan isi Al Quran itu dalam kehidupan sehari-hari.
  • Surat Al-Qariah Lengkap Arab Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 18:25 WIB
    Surat Al-Qariah lengkap Arab latin, terjemahan dan keutamaan sangat baik diamalkan oleh kaum muslim. Surat ini termasuk surat yang menceritakan huru-hara Hari Kiamat.