Topik Terkait: Alam Barzakh (halaman 3)

  • Prof Wilson Bertanya, Pentingkah Percaya Alam Baka? Begini Jawaban Imam Chirri
    Dunia Islam
    Kamis, 07 Desember 2023 - 10:00 WIB
    Adanya dunia masa depan tak dapat dibuktikan secara langsung dan kenyataan yang terwujud. Hal itu diluar lingkungan penglihatan atau pengertian dan pengalaman kita.
  • Jenis-jenis Azab Kubur dan Gambaran Tentangnya
    Tips
    Jum'at, 10 September 2021 - 17:30 WIB
    Sebelum mencapai alam akhirat, maka manusia akan melewati fase di mana akan berada dalam alam kubur hingga kelak tiba di hari kebangkitan. Inilah gambaran alam dan azab kubur.
  • Manfaat dan Keindahan dalam Kehidupan Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Apabila jiwa seni itu adalah bagaimana merasakan adanya keindahan dan menghayatinya, maka itulah yang diingatkan oleh Al Quran untuk diperhatikan, dan Al Quran telah menegaskan dalam banyak ayatnya.
  • Begini Urutan Terjadinya Kiamat, Menuju Surga atau Neraka
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:36 WIB
    Banyak sekali ayat Al-Quran yang berbicara tentang kehancuran alam raya, matahari digulung, bulan terbelah, bintang-bintang pudar cahayanya, gunung dihancurkan menjadi debu.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Orang Beriman Itu Memiliki Rasa Keindahan terhadap Alam
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya Al-Quran itu ingin menanamkan di dalam pikiran setiap mukmin dan di dalam hatinya rasa keindahan yang terbentang di seluruh penjuru dunia, baik dari atas, dari bawah maupun dari sekelilingnya.
  • Ini Hal-hal yang Dapat Menyelamatkan dari Azab dan Fitnah Kubur
    Tausyiah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 17:10 WIB
    Yang dapat menyelamatkan seseorang dari azab kubur adalah persiapan dirinya menghadapi kematian, sehingga jika maut datang secara tiba-tiba, ia tidak menyesal.
  • 3 Pintu Lemari di Hari Kebangkitan, Pintu Kedua Gelap Pekat
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 09:02 WIB
    Al-Ghazali mengatakan pada Hari Kebangkitan seseorang akan mendapati seluruh jam-jam hidupnya terjajar seperti satu deret lemari perbendaharaan. Pintu salah satu lemari itu akan terbuka dan akan tampak penuh dengan cahaya.
  • Pengumbar Aurat, Sangat Disukai Makhluk Gaib
    Muslimah
    Selasa, 11 Agustus 2020 - 06:21 WIB
    Allah Taala menciptakan semua makhluk dengan sebaik-baik ciptaan. Mulai dari makhluk yang bernyawa sampai dengan makhluk yang tidak bernyawa. Juga, mulai dari makhluk yang ada di alam gaib sampai dengan yang ada di alam manusia.
  • Hidup di Alam Kubur Bagai Berada dalam Ruangan Terpisah yang Terbuat dari Kaca
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 07:12 WIB
    Para ulama mengartikan alam barzakh sebagai periode antara kehidupan dunia dan akhirat. Keberadaan di sana memungkinkan seseorang untuk melihat kehidupan dunia dan akhirat.
  • Orang Tua Bijak Mengerti Kebutuhan Anak Hingga Kehidupan Alam Akhirat
    Muslimah
    Senin, 07 Maret 2022 - 08:15 WIB
    Orang tua cerdas dan bijak adalah orang yang senantiasa tahu apa yang diperlukan oleh anak-anaknya. Di antara hal yang diperlukan oleh anak tidak ada yang lebih penting dari keselamatannya kelak setelah kehidupan di alam dunia ini.
  • Doa Setelah Jenazah Dikuburkan, Arab Latin dan Terjemahan Indonesia
    Tips
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 13:22 WIB
    Doa setelah jenazah dikuburkan dilakukan di samping kuburannya dengan cara berdiri sejenak di samping kuburan orang yang baru dikuburkan lalu berdoa memohon bagi mayit saat dikuburkan.
  • Gambaran Fisik Malaikat Maut, Malaikat Pencabut Nyawa
    Hikmah
    Selasa, 07 Februari 2023 - 11:52 WIB
    Gambaran fisik malaikat maut, malaikat pencabut nyawa, bisa berubah-ubah. Tergantung kepada siapa dia hadir. Hal ini bisa disimak dalam kisah Nabi Ibrahim saat berjumpa malaikat Izrail.
  • Doa-doa serta Amalan saat Terjadi Musibah Gempa Bumi
    Tips
    Sabtu, 09 September 2023 - 17:02 WIB
    Membaca doa saat terjadi gempa bumi merupakan bagian dari dzikrullah dan meminta perlindungan kepada Allah. Karena di setiap musibah yang menimpa manusia baik kematian, gempa bumi, gunung meletus, banjir, tanah longsor, tidaklah terjadi kecuali atas izin Allah Taala.
  • Rutinkan  Amalan dan Berzikir Mendekat Kepada Allah Taala
    Muslimah
    Selasa, 11 Agustus 2020 - 09:15 WIB
    Jin sangat menyukai perempuan yang suka mengumbar auratnya. Bahkan karena dorongan nafsu syahwat- nya, jin bisa merasuki kaum perempuan yang disukainya itu.
  • Mengingat Maut dan Alam Kubur
    Muslimah
    Minggu, 23 Mei 2021 - 10:54 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam selalu menasehati para sahabatnya. Salah satu nasehat beliau adalah tentang siksa kubur dan alam kubur, yang senantiasa mengingatkan bahwa sifat takut karena Allah adalah sesuatu yang sangat penting.
  • Doa dan Amalan Ketika Terjadi Gempa Bumi
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 17:23 WIB
    Adakah doa dan amalan khusus saat terjadi gempa bumi? Bagaimana pula umat muslim harus menyikapinya dalam kondisi terjadinyanya bencana tersebut?
  • Kengerian Alam Kubur: Setiap Mukmin Inginkan Kiamat Dipercepat
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 12:28 WIB
    Karena fase setelah kubur lebih mudah bagi yang telah selamat, maka seorang mukmin dalam kuburnya, ketika melihat surga yang disiapkan Allah, berkata, Ya Tuhan, segerakanlah terjadinya kiamat.
  • Rabithah Alam Islami Siap Dukung Agenda Internasional NU
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Mei 2022 - 15:18 WIB
    Sekretaris Jenderal Rabithah Alam Islami (Liga Muslim Dunia), Syaikh Muhammad bin Abdul Karim Al Issa menegaskan bahwa NU ikut memegang hak milik atas Rabithah.
  • Beginilah Keadaan Kaum Mukmin di Dalam Kubur
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 07:30 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin, Syeikh Abu Laits As-Samarqandi (Ulama ahli fiqih, wafat 373 H) menceritakan keadaan kaum mukmin (orang beriman) di alam kubur. Seperti apa keadaannya?
  • Doa Agar Terhindar dari Kematian yang Buruk
    Tausyiah
    Senin, 18 Januari 2021 - 21:30 WIB
    Setiap muslim wajib meyakini Qadha dan Qadhar-Nya. Namun, manusia diwajibkan berusaha agar dapat menghindar dari segala keburukan. Salah satunya dengan berdoa atau memperbanyak zikir.