Topik Terkait: Aturan Mengganti Salat Usai Haid

  • Mengganti Salat Usai Haid, Bagaimana Aturannya?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:23 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan wajib mengganti atau mengqadha puasanya itu setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah salat, apalah perempuan haid wajib menggantinya juga?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid?
    Muslimah
    Senin, 23 November 2020 - 12:27 WIB
    Sebagai seorang muslimah, terkadang kita bingung menentukan masa awal dan masa akhir haid atau siklus bulanan ini. Bahkan ketika yakin sudah selesai dan melakukan salat, ternyata masih keluar lendir atau flek coklat. Bagaimana cara mengetahui berhentinya haid ini?
  • Indikasi Sudah Suci dari Haid dan Dibolehkan Mengonsumsi Obat untuk Menghentikannya
    Muslimah
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 16:07 WIB
    Berakhirnya masa haid para muslimah, berarti tanda kembalinya muslimah beraktivitas ibadah yang sebelumnya dilarang saat haid, karena dia telah suci.
  • Inilah Hikmah Larangan Sholat Bagi Wanita Haid
    Muslimah
    Minggu, 22 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Saat mengalami siklus bulanan atau tengah haid, kaum wanita muslimah dilarang atau terlarang melaksanakan ibadah sholat, baik sholat fardhu maupun sunnah. Apa sebenarnya hikmah dari larangan menjalankan kewajiban yang diterima wanita haid ini?
  • Hukum Memakai Obat Penunda Haid agar Bisa Puasa Ramadan
    Muslimah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 08:10 WIB
    Hukum memakai obat penunda haid agar bisa berpuasa Ramadan, kerap dipertanyakan kaum muslimah. Hal ini, terkait kondisi kaum muslimah yang kondratnya harus mengalami siklus bulanan yakni haid
  • Keramas Saat Haid Menurut Islam. Bolehkah? Ini Tipsnya
    Muslimah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 20:35 WIB
    Keramas saat haid menurut Islam tidak dilarang, sebab tidak ada dalil yang jelas menyebutkan larangan tersebut selama wanita muslimah mengalami siklus bulanan itu.
  • Hukum Wanita Haid Berwudhu Sebelum Tidur
    Muslimah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 18:43 WIB
    Berwudhu sebelum tidur merupakan salah satu dari beberapa sunnah sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Lantas bagaimana bagi perempuan yang tengah haid? Apakah dianjurkan untuk berwudhu juga?
  • Hukum Wanita Haid Berlama-lama di Masjid Saat Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 15 April 2022 - 11:48 WIB
    Salah satu amalan yang dapat dilakukan perempuan yang sedang haid saat bulan puasa ini adalah mendengarkan kajian atau majelis taklim sebagai ikhtiar menuntut ilmu
  • 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Perempuan Haid Agar Tetap Mendapat Pahala Ramadhan
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 06:01 WIB
    Siklus bulanan yang datang pada di awal Ramadhan, membuat sebagian kaum muslimah kecewa karena tidak bisa melaksanakan ibadah puasa wajib ini. Lantas, adakah amalan agar tetap mendapat pahala Ramadhan?
  • Haruskah Muslimah Mengganti Sholat Fardhu yang Ditinggalkan karena Haid?
    Muslimah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 13:27 WIB
    Ketika sedang mengalami mentruasi atau haid, kaum muslimah diharamkan untuk melakukan ibadah seperti sholat dan puasa. Namun, haruskah dia mengganti sholat tersebut di lain waktu?
  • Mengqadha Shalat Fardhu Setelah Haid dan Nifas, Bagaimana Caranya?
    Muslimah
    Senin, 31 Mei 2021 - 06:33 WIB
    Umumnya, kaum perempuan harus mengalami siklus haid dan nifas, dan berhentinya siklus tersebut di waktu shalat fardhu. Bagaimana cara menqadha shalat fardu yang ditinggalkannya?
  • Bacaan Zikir bagi Wanita Haid di Bulan Ramadan
    Muslimah
    Jum'at, 14 April 2023 - 10:51 WIB
    Banyak amalan yang dapat dilakukan oleh perempuan yang sedang mengalami haid atau menstruasi. Salah satunya adalah tetap berzikir, untuk terus berburu pahala di bulan Ramadan ini.
  • Tahapan dan Tata Cara Bersuci Setelah Selesai Haid
    Muslimah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 14:46 WIB
    Dalam Islam, bersuci setelah haid atau dikenal dengan sebutan mandi haid, wajib dilakukan seorang muslimah agar dapat kembali melaksanakan ibadah salat dan puasa.
  • Begini Aturan Mengganti Shalat Saat Haid Menurut 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 31 Januari 2022 - 16:57 WIB
    Ada keistimewaan bagi seorang muslimah ketika mengalami siklus datang bulan atau haid. Mereka tidak diwajibkan melaksanakan ibadah shalat dan puasa ketika haid tersebut.
  • Manfaat dan Keutamaan Salat Dhuha Bagi Kesehatan
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 08:51 WIB
    Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya dan sangat menganjurkan umatnya mengerjakan salat Dhuha di pagi hari. Berikut manfaat dan keutamaan salat Dhuha bagi kesehatan.
  • Bagaimana Hukum Membaca Selawat saat Haid?
    Muslimah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 19:03 WIB
    Dalam Islam, wanita yang sedang haid tidak diperkenankan untuk menjalankan beberapa ibadah seperti salat (salat wajib dan salat sunnah) dan puasa (puasa wajib dan puasa sunnah).
  • Bolehkah Wanita Haid Ziarah Kubur? Begini Penjelasannya Menurut Hadis
    Muslimah
    Selasa, 09 April 2024 - 10:34 WIB
    Bolehkah wanita yang sedang haid ziarah kubur? Pertanyaan seperti ini sering muncul dan mengemuka, melihat tradisi masyarakat Indonesia ketika Lebaran atau Idulfitri melakukan ziarah kubur.
  • Bolehkah Mencumbui Istri yang Sedang Haid?
    Tausiyah
    Senin, 23 Desember 2019 - 09:01 WIB
    Bagaimana hukum mencumbui istri yang sedang haid? Berikut penjelasan Ustazah Aini Aryani, salah satu pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Amalan Wanita Haid untuk Malam Lailatulqadar, Amalkan Sebanyak-banyaknya!
    Muslimah
    Jum'at, 14 April 2023 - 20:45 WIB
    Ada amalan wanita haid untuk malam lailatulqadar, malam terbaik di antara malam-malam lain dalam setahun, yang beribadah di dalamnya bernilai lebih dari 1000 bulan.
  • 5 Amalan Wanita Haid yang Mendatangkan Pahala
    Muslimah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:12 WIB
    Wanita yang tengah mengalami haid, dilarang melaksanakan shalat dan puasa. Akan tetapi masih boleh melakukan amalan lain yang dapat mendatangkan pahala