Topik Terkait: Ayah Rasulullah SAW (halaman 2)

  • Berlaku Adillah! Ini Pesan Rasulullah SAW kepada Penegak Hukum
    Tausyiah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 17:28 WIB
    Islam sangat memuliakan aturan (syariat) agar tercipta keadilan (Al-Adl) dan kemaslahatan umat. Berikut nasihat Rasululah shallallahu alaihi wasallam kepada para penegak hukum.
  • Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (2)
    Hikmah
    Jum'at, 18 Oktober 2019 - 16:30 WIB
    Seperti apa gambaran surga itu dan apa saja kenikmatan yang ada di dalamnya? Berikut ulasan singkat Abu Laits As-Samarqandi dalam Kitab&nbspTanbihul Ghafilin.
  • Begini Isi Khutbah Jumat Perdana Rasulullah SAW di Wadi Ranuna
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:19 WIB
    Sholat Jumat pertama yang dilakukan Rasulullah SAW adalah di Wadi Ranuna, sekitar satu kilometer dari Masjid Quba.Dalam sholat Jumat itu Rasulullah menyampaikan khutbah.
  • Dahsyatnya Fadhillah Salawat dan Keagungan Rasulullah SAW
    Tausiyah
    Jum'at, 27 September 2019 - 06:28 WIB
    Sesungguhnya Allah beserta para malaikat-Nya senantiasa bersalawat atas Nabi. Wahai orang-orang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.
  • Bolehkah Mengirim Al-Fatihah untuk Rasulullah SAW?
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 19:42 WIB
    Seorang jamaah bertanya kepada Ustaz Farid Numan Hasan (Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia) terkait amalan mengirim Surah Al-Fatihah kepada Nabi Muhammad SAW.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Inilah Makanan yang Disukai Rasulullah SAW (4)
    Hikmah
    Selasa, 18 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Dalam Kitab Thaamur-Rasul SAW wat-Tadawi bil-Ghidza (Inilah Makanan Rasulullah SAW) menyebutkan, selain Zaitun, Rasulullah SAW juga menyukai daging bagian lengan.
  • Makna Ihsan dalam Hadis tentang Dialog Rasulullah SAW dengan Jibril
    Tausyiah
    Sabtu, 02 September 2023 - 13:00 WIB
    Ihsan secara bahasa artinya berbuat baik. Ihsan terbagi menjadi 2 macam: 1. Ihsan dalam beribadah kepada Allah Taala. 2. Ihsan antara sesama manusia.
  • Doa Rasulullah SAW Ketika Mendapati Hal Menyenangkan
    Tausyiah
    Jum'at, 25 November 2022 - 16:48 WIB
    Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu anha berkata dalam satu riwayat, apabila Rasulullah SAW mendapati hal menyenangkan beliau mengucap kalimat syukur. Berikut doanya.
  • Peristiwa Gerhana di Masa Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 16:32 WIB
    Ada yang bertanya berapa kali Nabi Muhammad SAW melaksanakan salat gerhana dan berapa kali terjadi gerhana matahari dan bulan di masa Beliau?
  • Mengapa Sandal Rasulullah SAW Diizinkan Menembus Sidratul Muntaha?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 21:31 WIB
    Perjalanan Isra Miraj merupakan bentuk kecintaan Allah Taala pada kekasih-Nya Rasulullah Al-Musthafa. Sebuah perjalanan melintasi berbagai dimensi waktu yang sangat mengagumkan.
  • Bagaimana Cara Mencintai Rasulullah SAW?
    Tausiyah
    Kamis, 12 Desember 2019 - 08:15 WIB
    Kita sering mengaku sebagai pengikut Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Namun, apakah betul kita ini pengikut manusia paling mulia Rasulullah SAW?
  • Rasulullah Teladan Umat
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 11:43 WIB
    Dalam sejarah dakwahnya Rasulullah SAW, figur Rasulullah merupakan figur yang sangat menarik. Figur yang dari semua sisi tidak ada cela baginya.
  • Rambut dan Cara Bersisir Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 14:24 WIB
    Sosok Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) tak pernah bosan untuk diulas dan diceritakan mengingat agungnya budi pekerti dan akhlak beliau.
  • Ramadhan yang Mengharukan Bagi Keluarga Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 18 April 2022 - 03:01 WIB
    Sayyidina Hasan radhiyallahu anhu punya kebiasaan mulia setiap bulan Ramadhan. Hampir setiap hari beliau menghidangkan makanan bagi orang miskin untuk berbuka.
  • Doa Rasulullah SAW Agar Taat Beribadah
    Tausyiah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 21:51 WIB
    Supaya hati tetap dalam ketaatan kepada Allah, hendaknya kita berusaha untuk selalu istiqamah dalam kebaikan. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah agar taat beribadah.
  • Kisah Kedermawanan Rasulullah SAW, Melipatgandakan Sedekah di Bulan Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 07 April 2023 - 10:20 WIB
    Rasulullah lebih giat lagi dalam bersedekah di bulan Ramadan. Ini karena pahala sedekah di bulan Ramadan dilipatgandakan. Kedua, membantu orang-orang yang berpuasa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.
  • Pendapat Gus Baha Tentang Sholat Terlalu Lama yang Ditegur Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 21:17 WIB
    Dikisahkan Rasulullah SAW pernah menegur sahabat karena mengimami sholat terlalu lama. Berikut pandangan ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha terkait kisah tersebut.
  • Mengenal Syafaat Rasulullah SAW pada Hari Kiamat
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 21:17 WIB
    Syafaat secara bahasa artinya pertolongan. Di Akhirat kelak, Rasulullah SAW akan memberikan syafaatnya kepada seluruh makhluk termasuk kepada umatnya.
  • Tangis Pilu Rasulullah SAW Setelah Melihat Jenazah Hamzah yang Dimutilasi
    Hikmah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 17:27 WIB
    Rasulullah SAW menangis begitu melihat jenazah pamannya, Hamzah bin Abdul Muthalib, yang syahid dalam Perang Uhud. Tangis beliau kian menjadi setelah mendapati tubuh Hamzah dimutilasi.
  • Ketika Sayyidah Aisyah Tak Diberi Minuman Oleh Rasulullah
    Hikmah
    Rabu, 11 November 2020 - 22:43 WIB
    Semua orang pasti mendambakan rumah tangga yang sakinah, dirahmati dan penuh berkah. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah sosok terbaik yang mengajarkan kita bagaimana memuliakan perempuan.