Topik Terkait: Bayar Zakat Secara Online (halaman 3)

  • Dompet Dhuafa Distribusikan Zakat Fitrah Kepada Masyarakat Kronjo di Pertengahan Ramadhan
    Dunia Islam
    Selasa, 19 April 2022 - 12:52 WIB
    Dompet Dhuafa mulai mendistribusikan zakat fitrah di pertengahan Ramadhan ini. Lokasi pertama yang dituju adalah masyarakat pesisir di Kampung Kronjo Pamong, Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten
  • Kisah Abu Bakar Menghadapi Para Pembangkang Zakat yang Menyerbu Madinah
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 20:40 WIB
    Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq menghadapi para pembangkang membayar zakat tatkala beliau memerintah. Pada saat Madinah tanpa pengawalan yang memadai, para pembangkang mengepung Madinah.
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Wajibkah Membayar Zakat untuk Orang yang Terlilit Utang?
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 11:04 WIB
    Utang memang sangat membebani kehidupan manusia, apalagi jika sampai terlilit. Biasanya jika sudah terlilit, kita akan sulit untuk melunasi dan sulit keluar dari jeratannya.
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • Baznas Perlu Dorong Zakat Jadi Standar Etika Pejabat
    Dunia Islam
    Selasa, 26 Maret 2024 - 23:18 WIB
    Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dinilai perlu mendorong zakat menjadi standar etika dan administrasi dalam perekrutan pejabat.
  • Cara Taubat karena Melalaikan Sholat, Puasa, Zakat, Haji, dan Hak-Hak Allah Taala
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 18:19 WIB
    Tentang zakat, hendaknya ia menghitung seluruh hartanya dan bilangan tahun dia mulai memiliki harta itu, karena zakat itu telah wajib semenjak dimilikinya harta itu, meskipun ia masih bayi.
  • Beda Zakat dengan Pajak Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 14 April 2023 - 03:00 WIB
    Zakat merupakan faridhah maliyah dan bersifat sosial. Dia merupakan rukun yang ketiga dari rukun Islam. Barangsiapa yang tidak mau menunaikan zakat karena pelit maka ia ditazir.
  • Zakat Fitrah Hanya Diberikan kepada Orang Miskin
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:47 WIB
    Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
  • Inilah Hukum Sedekah Online dan Penjelasannya dari Hadis
    Tausyiah
    Senin, 11 April 2022 - 13:40 WIB
    Hampir seluruh kehidupan kita saat ini semuanya bisa dipenuhi dengan cara online. Mulai dari belajar, belanja, membayar berbagai keperluan, hingga bersedekah pun juga bisa lewat cara online.
  • Kirim Duit ke Kampung untuk Bayar Zakat Fitrah, Bolehkah?
    Tips
    Kamis, 14 Mei 2020 - 03:39 WIB
    Para ulama Syafiiyah memberikan ketentuan zakat fitrah didistribusikan pada tempat di mana seseorang berada pada saat terbenamnya matahari di hari akhir Ramadhan.
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Lengkap Arab dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 25 Maret 2024 - 15:39 WIB
    Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga perlu diamalkan umat muslim yang hendak menunaikan kewajibannya. Berikut bacaannya lengkap terjemahan,
  • Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 04:01 WIB
    Zakat merupakan amalan penting bagi umat muslim. Dalam Islam dikenal dua jenis zakat. Pertama adalah zakat fitrah, kedua adalah zakat harta atau zakat mal.
  • Zakat Fitrah Mengajarkan untuk Berbagi dan Menyucikan Diri
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 15:28 WIB
    Salah satu ibadah penting dan spesial di bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Zakat tersebut sangat istimewa karena diwajibkan bagi seluruh umat Islam tanpa kecuali untuk menyucikan dirinya.
  • 6 Lafaz Niat Bayar Zakat Fitrah Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 16:05 WIB
    Lafaz niat bayar zakat fitrah ini penting diketahui umat muslim. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) dianjurkan sebab akan membantu seseorang untuk memantapkan niat tersebut.
  • 3 Syarat Menunaikan Zakat Fitrah dan Orang yang Wajib Dinafkahi
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 23:17 WIB
    Menunaikan zakat merupakan satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim. Ada tiga syarat wajib menununaikan Zakat Fitrah yang perlu kita ketahui.
  • Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah
    Tausiyah
    Jum'at, 08 Juni 2018 - 16:40 WIB
    Zakat fitrah adalah kewajiban setiap muslim sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 110: &ldquoDan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat.
  • Muawiyah dan Umar Bin Abdul Aziz Pungut Zakat Penghasilan
    Tips
    Rabu, 08 Maret 2023 - 10:23 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad SAW dan para tabiin mencontohkan bagaimana mereka menerapkan aturan tentang zakat harta penghasilan atau gaji. Khalifah Muawiyah dan Umar bin Abdul Aziz memungut zakat jenis ini.
  • Niat Zakat Fitrah Lengkap Bacaan Latin dan Doanya
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 03:25 WIB
    Di antara kewajiban seorang muslim adalah menunaikan zakat fitrah sebelum masuk 1 Syawal. Berikut lafaz niat zakat fitrah lengkap bacaan latin dan doanya.
  • Khutbah Jumat Terakhir Ramadan: Menyempurnakan Puasa dengan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Jum'at, 21 April 2023 - 14:13 WIB
    Khutbah Jumat terakhir Ramadan 2023 mengangkat tema tentang keutamaan zakat fitrah sebagai penyempurna ibadah puasa. Hari ini kita memasuki hari 30 Ramadan 1444 Hijriyah bertepatan Jumat (21/4/2023).