Topik Terkait: Biografi Dan Silsilah Gus Baha (halaman 493)

  • Syarat Kambing Aqiqah...
    Tips
    Rabu, 14 Juli 2021 - 19:49 WIB
    Syarat kambing aqiqah perlu diketahui kaum muslimin khususnya orangtua yang hendak menunaikan Aqiqah. Apa saja syarat kambing atau domba untuk Aqiqah yang harus dipenuhi?
  • Laksanakan Haji Ifrad,...
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juli 2021 - 06:39 WIB
    Pelaksanaan ibadah haji mencapai puncaknya hari ini. Sebanyak 60.000 jamaah haji, termasuk dari Indonesia, akan menjalani wukuf di Padang Arafah sebagai inti dari rangkaian ibadah haji.
  • Hari Tasyrik: Waktu...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 18:42 WIB
    Hari-hari tasyrik merupakan hari menikmati makan dan minum, hari raya, hari berbahagia karena padanya terdapat kurban. Pada hari itu diharamkan berpuasa, kecuali bagi jamaah haji
  • Tanda-Tanda Kiamat:...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 19:09 WIB
    Tanda-tanda kiamat sudah bermunculan. Hanya saja, soal kapan datangnya hari akhir itu tidak ada seorang pun yang mengetahui, baik malaikat, nabi, maupun rasul. Kiamat adalah perkara ghaib dan hanya diketahui Allah SWT.
  • 5 Kebiasaan Rasulullah...
    Tips
    Rabu, 21 Juli 2021 - 22:04 WIB
    Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia yang hidupnya paling produktif. Di antara kebiasaan Nabi, ada lima kebiasaan tidur beliau yang patut ditiru dan dua hal yang harus dihindari.
  • Menikah Tanpa Wali Ayah...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Menikah tanpa wali ayah kandung, bolehkah dilakukan? Bagaimana hukum dan status pernikahannya sendiri? Pernikahan merupakan salah satu syariat dalam Islam, juga adalah ibadah untuk menyempurnakan agama.
  • Keutamaan Antara Mendahulukan...
    Muslimah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 09:08 WIB
    Seorang suami memiliki kewajiban nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Ia juga berkewajiban menafkahi orang tuanya. Namun, setelah menikah, seorang lelaki harus bisa bersikap adil dan bijak terhadap istrinya dan terhadap orangtuanya. Lantas mana yang harus didahulukan?
  • Dalil-Dalil yang Mewajibkan...
    Tausyiah
    Senin, 19 Juli 2021 - 19:15 WIB
    Setidaknya ada enam hadis yang dijadikan landasan ulama yang berpendapat bahwa hukum berkurban wajib bagi tiap muslim yang mampu. Abu Hanifah dan Imam Malik, termasuk yang mewajibkan.
  • Inilah Kisah-kisah Penting...
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juli 2021 - 14:55 WIB
    Di balik keberkahan yang melimpah, ternyata di bulan Dzulhijjah juga terdapat beberapa sejarah penting atau peritiwa mulia yang pernah terjadi pada bulan tersebut. Peristiwa penting apa saja?
  • Saudagar Tajir Nan Dermawan...
    Hikmah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Abu Hanifah memiliki prinsip bahwa tidak ada yang lebih bersih dan lebih mulia daripada orang yang makan dari hasil tangannya sendiri. Oleh sebab itu, beliau berdagang.
  • Ucapkan Selamat Idul...
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juli 2021 - 18:58 WIB
    Saya memohon kepada Allah di Idul Adha ini untuk memulihkan keamanan dan stabilitas bagi umat Islam, kata Raja Salman dalam ucapan selamat Idul Adhanya.
  • Jamaah Haji Lakukan...
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juli 2021 - 15:23 WIB
    Mengenakan masker, sebagai bagian dari protokol kesehatan COVID-19, para jamaah ambil bagian dalam ritual melempar jumrah dengan sekantung batu yang disterilkan
  • Waspada, Setan Mengintai...
    Muslimah
    Kamis, 29 Juli 2021 - 06:40 WIB
    Ibnul Jauzi mengibaratkan hati manusia seperti sebuah benteng yang dikelilingi oleh pagar dan ada penjaga-penjaga yang senantiasa menjaga benteng tersebut dari serangan musuh.
  • Doa Ketika Mengalami...
    Tips
    Sabtu, 18 September 2021 - 20:26 WIB
    Doa ketika mengalami kesulitan tidur yang diajarkan Rasulullah bisa kita amalkan, ketika kita mengalaminya. Susah tidur atau atau insomnia ini, biasa terjadi karena ada masalah, perasaan gelisah atau juga mengalami stres .
  • Doa-doa Agar Diberi...
    Tips
    Senin, 20 September 2021 - 10:37 WIB
    Ada banyak cara untuk mendapatkan rezeki dari Allah, salah satunya dengan berdoa dibarengi dengan amal shaleh. Ada beberapa doa yang bisa kita amalkan agar diberi kemudahan rezeki tersebut.
  • Tingkatan Rasa Cinta...
    Muslimah
    Senin, 20 September 2021 - 07:50 WIB
    Cinta adalah fitrah yang dimiliki manusia. Cinta juga banyak memberikan inspirasi dan pengorbanan, akan tetapi cinta jugalah yang kadang membawa kesengsaraan bagi mereka yang merasakannya.
  • Cara Membentengi Rumah...
    Muslimah
    Kamis, 23 September 2021 - 06:43 WIB
    Rumahku surgaku atau baiti jannati adalah konsep ideal bagi keluarga muslim. Namun, akan mustahil membangun rumah layaknya surga jika tak dapat membentenginya dari setan.
  • Malam Panjang, Proses...
    Tausyiah
    Kamis, 23 September 2021 - 09:34 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan sejumlah hadits yang menjelaskan bahwa masih ada orang yang melakukan qiyamullail pada detik-detik menjelang matahari terbit dari barat.
  • Ketika Nabi Isa Membuka...
    Hikmah
    Kamis, 23 September 2021 - 09:56 WIB
    Suatu hari, Isa as sedang berjalan di tengah gurun. Beberapa orang pencinta dunia mengikutinya. Mereka meminta Isa, Katakanlah pada kami mantra apa yang kau pakai untuk menghidupkan orang mati.
  • Khutbah Jumat: Membangun...
    Tausyiah
    Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB
    Berikut adalah materi khutbah Jumat yang mengingatkan kepada kaum muslimin agar senantiasa berupaya membangun keluarga yang islami untuk menggapai ridha ilahi.