Topik Terkait: Bukan Kisah Nyata (halaman 3)

  • Kisah Bijak Para Sufi: Anjing dan Keledai
    Hikmah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Anjing itu menyalak sengit sehingga suara orang itu pun tak kedengaran dan keledai menyepak sekerasnya dengan kaki belakangnya hingga orang itu jatuh terjerembab.
  • Kisah Sufi Pir-i-do-Sara: Si Tolol, si Bijak, dan Kendi
    Hikmah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 11:29 WIB
    Gagasannya konstruktif bahwa dengan menyerap ajaran ini lewat kisah-kisah sentilan, orang-orang tertentu mampu benar-benar meningkatkan kepedihan mereka terhadap kecenderungan tersembunyi.
  • Empat Harta Ajaib: Kisah dari Timur tentang Yesus
    Hikmah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:59 WIB
    Kalangan lain percaya bahwa kisah ini mengacu pada empat teknik yang dimiliki oleh tarekat-tarekat Darwis Timur utama dan gabungan mereka di bawah Naqshbandi di India dan Khorasan.
  • Kisah Hidayah : Hei, Kamu Muslimah?
    Muslimah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 17:27 WIB
    Membicarakan masalah hidayah berarti membahas perkara yang paling penting dan kebutuhan yang paling besar dalam kehidupan manusia. Betapa tidak, hidayah adalah sebab utama keselamatan dan kebaikan hidup manusia di dunia dan akhirat.
  • Kisah Nabi Isa dan Enam Mukjizatnya (1)
    Hikmah
    Jum'at, 27 Desember 2019 - 05:10 WIB
    Dalam Kitab Suci Al-Quran, Nabi Isa bernama Isa ibni Maryam atau dikenal dengan Isa Al-Masih. Isa (sekitar 1-32 Masehi) merupakan seorang Rasul yang dikaruniai berbagai mukjizat.
  • Kisah Budak Hitam yang Bakal Menjadi Raja di Surga
    Hikmah
    Selasa, 12 November 2019 - 07:05 WIB
    Ulama besar Syeikh Ibnu Athoillah As-Sakandari (wafat 1309) mengungkap sebuah kunci agar dapat menghasilkan buah takwa yang sempurna. Beliau juga menceritakan kisah budak yang menjadi ahli surga.
  • Kisah Indah Jelang Buka Puasa Sayyidah Aisyah
    Muslimah
    Minggu, 02 Mei 2021 - 13:54 WIB
    Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha, adalah potret perempuan muslimah yang menjadi teladan dalam hal kedermawanan. Seorang istri yang gemar bersedekah dan sangat dermawan.
  • Kisah Tukang Sihir Firaun Bertaubat dan Beriman kepada Allah
    Hikmah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 22:55 WIB
    Ketika Nabi Musa mengajak Firaun untuk menyembah Allah, Firaun menolak dan menghujat Nabi Musa. Beda dengan tukang sihirnya yang bertaubat dan beriman kepada Allah.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kandil Besi
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 10:19 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah atau literal.
  • Kisah Sufi yang Mirip Cerita dalam Surat Al-Kahfi
    Hikmah
    Minggu, 29 Januari 2023 - 08:57 WIB
    Kisah ini kemunculan pertamanya ada di dalam Al-Quran, Surat ke-18 (Al-Kahfi). Konon, versi ini berasal dari Jan-Fishan Khan. Anehnya, kisah ini merupakan sumber ilham bagi Hermit, karangan Parnell.
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 05 April 2023 - 17:29 WIB
    Jika kita melihat beberapa cerita klasik Nashruddin dengan cara seutuh mungkin, kita segera menemukan bahwa keseluruhan pendekatan skolastik merupakan cara terakhir yang diperbolehkan oleh Sufi.
  • Kisah Ahli Ibadah, 220 Tahun Tak Pernah Maksiat Tapi Mati Suul Khatimah
    Hikmah
    Rabu, 16 November 2022 - 21:30 WIB
    Kisah ini sarat dengan pelajaran berharga bahwa tak seorang pun mengetahui akhir hidupnya. Seperti kisah ahli ibadah ini, tak pernah bermaksiat justru mati suul khatimah.
  • Kisah Jin Mencuri Kabar dari Langit
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 23:36 WIB
    Dulu sebelum Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam diutus, bangsa Jin dapat menduduki tempat-tempat di langit itu untuk mencuri kabar dan mengetahui rahasia langit.
  • Misteri Kisah Ashabul Qaryah dalam Surat Yasin: Bukan Anthakiyah Lalu Siapa?
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:47 WIB
    Penduduk Qoryah mempunyai seorang raja yang bernama Anthikhas bin Inthikhas. Ia merupakan salah satu dari anggota dinasti Firaun, yang menyembah berhala, mempraktikkan kesyirikan bersama penduduknya.
  • Kisah Wafatnya Nabi Dawud yang Diselewengkan Bani Israil
    Hikmah
    Jum'at, 20 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Wafatnya Nabi Dawud alaihissalam (AS) adalah satu dari banyak kisah para Nabi dan Rasul yang sarat hikmah dan pelajaran. Berikut kisahnya.
  • Kisah Sufi Syaikh Ali Farmadhi: Orang yang Hidupnya Tak Terpahami
    Hikmah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 12:54 WIB
    Kisah nyata tentang kehidupan salah seorang Sufi terbesar yang pernah hidup, .Syaikh Ali Farmadhi. Ia menganggap kisah ini penting dalam menjelaskan kepercayaan Sufi bahwa dunia tak kasat mata
  • Kisah Uwais Al-Qorni, Pemuda Miskin yang Terkenal di Langit
    Hikmah
    Kamis, 24 Mei 2018 - 21:23 WIB
    Tidak banyak yang tahu kemuliaan Uwais Al-Qarni. Seorang pemuda miskin asal Yaman yang tidak dikenal di bumi, namun terkenal di langit.
  • Kisah Imam Hasan Al-Bashri dan Tetangga Nasrani yang Masuk Islam
    Hikmah
    Kamis, 02 Maret 2023 - 22:32 WIB
    Imam Hasan Al-Bashri (22-110 H) adalah sosok ulama Tabiin yang sangat dihormati berkat keluasan ilmu dan petuahnya. Beliau punya tetangga Nasrani akhirnya masuk Islam.
  • Kisah Mojud Bertemu Nabi Khidir, Dunia Tak Kasat Mata
    Hikmah
    Senin, 13 Februari 2023 - 16:20 WIB
    Kisah ini penting dalam menjelaskan kepercayaan Sufi bahwa dunia tak kasat mata selalu menembus kenyataan sehari-hari, pada setiap saat, di berbagai tempat.
  • Kisah Sufi: Perumpamaan tentang Anak-anak Serakah
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 18:39 WIB
    Kisah ini diterbitkan oleh seorang Fransiskan, Roger Bacon, yang suka mengutip filsafat Sufi dan mengajar di Oxford, dan oleh karena itu ia kemudian dipecat atas perintah Paus.