Topik Terkait: Datang Bulan (halaman 497)

  • Kapan Kalimat Masya...
    Tips
    Senin, 23 Oktober 2023 - 23:55 WIB
    Sebagian muslim ada yang bertanya, kapan sebaiknya mengucapkan kalimat Masya Allah Tabarakallah? Simak penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan berikut.
  • Apakah Israiliyyat Ada...
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 09:54 WIB
    Dalam tafsir al-Quran bertabur kisah-kisah Israiliyyat, terutama tentang kisah nabi-nabi. Apakah hal ini ada hubungannya dengan Israel dan Yahudi?
  • Persoalan Israiliyyat...
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:25 WIB
    Persoalan israiliyyat sudah muncul sejak zaman Nabi. Hanya saja sahabat mengutipnya tidak berlebihan, yaitu pada batas wajar saja. Israiliyyat mulai menjadi persoalan serius ketika memasuki masa tabiin.
  • Bacalah Ayat-ayat Al-Quran...
    Tips
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:55 WIB
    Doa dari ayat-ayat Al-Quran untuk memohon dan diberi kelapangan hati ini, seyogyanya dapat diamalkan oleh setiap muslim. Apa saja ayatnya?
  • Beginilah Geografi Palestina...
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Wilayah pinggiran Palestina menyempit karena bersebelahan dengan gunung Karmel di Haifa sampai 200 meter dan meluas ke arah selatan mencapai 30 kilometer di wilayah Gaza.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Masjid Al Aqsha Bukan...
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 11:01 WIB
    Masjid al Aqsha merupakan kiblat pertama kaum muslimin dalam salat mereka. Selain itu, al Aqsha dianggap sebagai masjid ketiga baik status maupun kedudukanya setelah Masjidilharam dan Masjid Nabawi.
  • Palestina: Tanah yang...
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 11:16 WIB
    Palestina adalah tanah yang diberkati Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah di dalam al-Quran al Karim. Negeri ini bagian dari negeri Syam.
  • Allah Taala Memberikan...
    Hikmah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 10:25 WIB
    Umat Islam meyakini bahwa Allah SWT telah memberikan negeri Palestina kepada Bani Israel dalam jangka waktu tertentu ketika mereka berada pada jalan yang lurus sesuai dengan perintah Allah.
  • Keutamaan Zikir Hauqalah,...
    Tips
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 10:30 WIB
    Zikir hauqalah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa dan bertabur pahala . Seperti kita ketahui bahwa zikir adalah ibadah ringan yang dapat mendatangkan rahmat Allah Subhanahu wa taala.
  • Tadabbur An-Nur Ayat...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Oktober 2023 - 13:21 WIB
    Salah satu bentuk godaan setan adalah mencarikan dalih agar seseorang enggan membantu orang lain atau kerabat yang hidup dalam kekurangan. Berikut firman-Nya dalam lanjutan tadabbur An-Nur ayat 22.
  • 7 Keindahan dan Keunikan...
    Dunia Islam
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 00:43 WIB
    Hagia Sophia adalah situs warisan dunia yang megah di Istanbul, Turki. Bangunan itu adalah salah satu tujuan wisata yang paling mengesankan dan bersejarah di dunia.
  • Fitnah Akhir Zaman Makin...
    Tausyiah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 10:23 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah mengisyaratkan tentang keadaan di akhir zaman dalam sabdanya, Bagaimana sikap kalian apabila fitnah telah mengelilingi kalian?
  • 7 Fakta Khalid bin Walid,...
    Hikmah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 14:20 WIB
    Khalid bin Walid ra adalah sahabat Nabi SAW yang berjuluk Pedang Allah atau Saifullah Almaslul (pedang Allah yang terhunus). Ratusan kali ia turun dalam pertempuran. Setidaknya ada 6 fakta tentang tokoh ini.
  • Berikut Ini Hadis Nomor...
    Tips
    Senin, 30 Oktober 2023 - 17:01 WIB
    Berikut ini adalah hadis yang masuk dalam daftar 40 hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Kisah OKI Gagal Cegah...
    Dunia Islam
    Rabu, 01 November 2023 - 09:35 WIB
    Kelemahan negara-negara Islam, kerancuan loyalitas dan ideologinya serta tidak diadopsinya kerja yang sungguh-sungguh sebelumnya, telah menjadikan OKI sebagai lembaga yang hampir tidak memiliki tujuan.
  • Perang Jelang Kiamat,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 03 November 2023 - 05:10 WIB
    Salah satu Nubuwah Nabi tentang peperangan di akhir zaman dikenal dengan istilah Al-Malhamah Al-Kubra. Sebuah pertempuran besar antara kaum muslim melawan bangsa Romawi (Bani Ashfar).
  • Menyiapkan Generasi...
    Muslimah
    Senin, 06 November 2023 - 12:15 WIB
    Dalam kondisi di era akhir zaman ini, membela Islam adalah kewajiban setiap muslim. Sebagai orang tua, kita wajib membina dan menyiapkan anak-anak kita menjadi pembela Islam tepercaya.
  • Tafsir Surat Al Qariah...
    Tips
    Senin, 06 November 2023 - 12:25 WIB
    Surat al Qariah ayat 3 berbunyi, Wama adraka mal qariah. Pada ayat tersebut, lafadz wama adraka mal qariah artinya Tahukah kamu apakah al-Q?riah itu?
  • Asal-usul Marga Basalamah...
    Dunia Islam
    Senin, 06 November 2023 - 16:51 WIB
    Asal-usul marga Basalamah merupakan salah satu nama marga yang diambil dari Arab Hadramaut yang merujuk pada nama keluarga keturunan bangsa Arab, yang berasal dari Hadramaut Yaman.
  • Pentingnya Berbuat Adil...
    Hikmah
    Rabu, 08 November 2023 - 10:09 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk berbuat kebaikan dan adil, tidak hanya untuk orang lain namun juga untuk dirinya sendiri. Mengapa adil untuk diri sendiri ini penting dilakukan?