Topik Terkait: Dighibahi Atau Dizalimi (halaman 2)

  • Mengenal 5 Model Busana Muslimah, Nomor 3 Makin Tren dan Populer
    Muslimah
    Senin, 07 Februari 2022 - 17:24 WIB
    Kewajiban muslimah menutup aurat, telah memunculkan busana beraneka ragam, terlebih busana yang sesuai aturan-aturan syariat. Dari aturan syari itulah, kemudian muncul nama jilbab, hijab, khimar, niqab dan burqa.
  • Ketika Hendak Sujud, Lutut Dulu Atau Tangan?
    Tausiyah
    Sabtu, 18 Januari 2020 - 14:45 WIB
    Bagaimana sebenarnya gerakan sujud yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Membakar Kitab Suci Al-Quran: Kebebasan Atau Pelecehan?
    Tausyiah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 21:09 WIB
    Seorang politisi Swedia bernama Rasmus Paludan membakar Al-Quran. Aksi ini dilakukannya di depan Kedutaan Turki sebagai bentuk kemarahan kepada agama Islam.
  • Ketentuan Zakat Fitrah: Lebih Utama Beras atau Uang?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 03:05 WIB
    Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam pada bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Adapun perintah mengeluarkan zakat fitrah ini didasari oleh sejumlah hadis
  • Begini Cara Menunaikan Fidyah atau Pengganti Puasa
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 10:14 WIB
    Bagi beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa serta tidak harus menggantinya di lain waktu. Namun, sebagai gantinya diwajibkan untuk membayar fidyah (pengganti/penebus).
  • Puasa Syawal Dulu Atau Bayar Qadha Ramadhan? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 21:06 WIB
    Besok kita sudah memasuki 3 Syawal 1443 H bertepatan Rabu (4/5/2022). Pertanyaannya, mana yang harus didahulukan, puasa qadha Ramadhan atau puasa sunnah 6 hari syawal?
  • Membaca Al-Quran, Lebih Baik Suara Keras Atau Pelan?
    Tausiyah
    Kamis, 23 Januari 2020 - 15:24 WIB
    Pertanyaannya, mana yang lebih baik ketika membaca Al-Quran, apakah bersuara keras atau bersuara pelan? Para ulama memberi gambaran seperti orang yang bersedekah.
  • Asal-Usul Iblis, Apakah dari Bangsa Malaikat Atau Jin?
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Ulama berbeda pendapat tentang asal-usul Iblis. Ada yang berpendapat bahwa ia adalah dari bangsa Malaikat yang membangkang, ada pula yang berpendapat ia dari bangsa Jin.
  • Siyasah atau Politik dalam Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 11:49 WIB
    Kata ini terambil dari akar kata sasa-yasusu yang biasa diartikan mengemudi, mengendalikan, mengatur, dan sebagainya. Dari akar kata yang sama ditemukan kata sus yang berarti penuh kuman, kutu, atau rusak
  • Makna Idulfitri: Kembali Makan atau Hari Raya Berbuka Puasa
    Tips
    Jum'at, 21 April 2023 - 20:52 WIB
    Salah satu hari yang diharamkan berpuasa adalah hari raya Idulfitri. Bahkan, dalam kitab-kitab fikih disebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat hari Idulfitri itu pahalanya seperti orang yang sedang puasa di hari-hari yang tidak dilarang.
  • Mengamalkan Wirid dan Menyimpan Jimat Berpotensi Diganggu Jin
    Hikmah
    Selasa, 07 Desember 2021 - 13:47 WIB
    Mengamalkan wirid yang tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dengan niat yang keliru berpotensi diganggu dan disusupi jin-jin fasik. Demikian halnya orang yang memakai jimat.
  • Konsep Sholat Thariqah atau Sholat Qalbu Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Senin, 15 Februari 2021 - 10:57 WIB
    Menurut Syaikh Abdul Qdir al-Jlani, pahala bagi orang yang melaksanakan salat syariah adalah surga, dan pahala bagi orang yang menjalankan shalat thariqah adalah al-Qurbah.
  • Allah Menjadikan Seseorang itu Miskin atau Kaya, Ini Dalilnya
    Tausyiah
    Jum'at, 04 November 2022 - 13:21 WIB
    Banyak orang tetap saja tidak menyadari, bahwa Allah Subhanahu wa Taala yang berkehendak menentukan seseorang itu miskin atau kaya. Sehingga banyak umat Islam ketika kekurangan harta, dia akan meminta-minta kepada selain Allah.
  • Puasa 6 Hari Syawal Bagi Perempuan, Syawal Dulu atau Qadha Dulu?
    Tausyiah
    Rabu, 27 Mei 2020 - 16:55 WIB
    Salah satu amalan yang ditekankan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam (SAW) di bulan Syawal adalah menghidupkan puasa sunnah 6 hari. Bagi perempuan, Syawal dulu atau Qadha dulu?
  • Cadar Hanyalah Salah Satu Tradisi atau Mode di Zaman Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 18:11 WIB
    Memakai cadar, sehingga yang terlihat hanya kedua bola mata, merupakan salah satu tradisi atau mode/cara berdandan yang menjadi trend pada sebagian wanita sebelum dan sesudah kedatangan Islam
  • Kengerian Alam Kubur: Setiap Mukmin Inginkan Kiamat Dipercepat
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 12:28 WIB
    Karena fase setelah kubur lebih mudah bagi yang telah selamat, maka seorang mukmin dalam kuburnya, ketika melihat surga yang disiapkan Allah, berkata, Ya Tuhan, segerakanlah terjadinya kiamat.
  • Rasulullah SAW Mendengar Suara Mayat yang Disiksa
    Hikmah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 17:22 WIB
    Allah Taala memberikan kemampuan kepada Rasul-Nya untuk mendengar orang-orang yang disiksa dalam kubur. Dalam hadis riwayat Muslim dikatakan bahwa Zaid bin Tsabit
  • Doa Ketika Susah Tidur yang Diajarkan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 01 April 2021 - 18:43 WIB
    Jika kita mengalami kesulitan tidur atau insomnia, ada doa khusus yang dianjurkan Rasulullah yang bisa kita amalkan. Doa ini diajarkan langsung Rasulullah kepada sahabatnya Zaid bin Tsabit.
  • Ketentuan Allah Taala Tentang Musibah, Hikmah atau Akibat Dosa?
    Muslimah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 09:02 WIB
    Allah Taala memiliki hikmah sesuai dengan keluasan ilmu-Nya yang mutlak. Bahkan, dalam setiap musibah yang menimpa seorang hamba, pada hakikatnya Allah mengirim sinyal-sinyal agar muslimin mengambil hikmah di dalamnya.
  • Syaikh Ahmad: Sekarang Zaman Fitnah, Hati-hati Bicara Atau Lebih Baik Diam
    Tausyiah
    Senin, 21 Desember 2020 - 15:10 WIB
    Kehidupan manusia saat ini sedang berada di akhir zaman. Banyaknya fitnah (ujian) pada masa ini merupakan salah satu tanda akan dekatnya Hari Kiamat. Bagaimana sikap kita menghadapinya?