Topik Terkait: Dunia Dan Akhirat (halaman 3)

  • Menumbuhkan Sikap Optimisme dan Cita-cita Akhirat pada Anak
    Muslimah
    Sabtu, 01 Januari 2022 - 17:03 WIB
    Dalam Islam, anak-anak kaum muslimin perlu dilatih memiliki optimisme yang tinggi dan benar. Optimisme yang dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah.
  • 8 Dampak Maksiat yang Membahayakan di Dunia dan Akhirat
    Tausyiah
    Senin, 31 Oktober 2022 - 07:30 WIB
    Maksiat dan suka melanggar perintah Allah Subhanahu wa Taala sangat membahayakan orang Islam di dunia dan akhirat. Kerasnya azab dari Allah akibat maksiat hanya Allah yang mengetahui-Nya.
  • Dampak Maksiat akan Menghilangkan Kenikmatan Beribadah
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 10:40 WIB
    Al-Hafidz Ibnu al-Jauzi, dalam kitabnya, Shaid al-Khatir menjelaskan bahwa andai saja orang yang melakukan maksiat menyadari, betapa kenikmatan maksiat itu hanya sesaat malah akan mendapat murka Allah, dosa dan siksa-Nya.
  • Hukuman Maksiat akan Membuat Sulit Taat Kepada Allah Taala
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 13:38 WIB
    Orang yang sudah biasa melakukan kemaksiatan, maka dipastikan dia akan berat melakukan ketaatan kepada Allah Taala. Hukuman maksiat itu tidak harus dalam bentuk hal-hal yang ngeri semisal hampir tersambar halilintar.
  • Shirath, Jembatan di Atas Neraka yang Licin dan Tajam
    Tausyiah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 17:48 WIB
    Para ulama menyebutkan bahwa shirath tersebut lebih halus daripada rambut, lebih tajam dari pada pedang, dan lebih panas daripada bara api, licin dan menggelincirkan.
  • Cara Memanfaatkan Waktu di Dunia Menurut Pandangan Ulama
    Tips
    Kamis, 21 Juli 2022 - 09:19 WIB
    Singkatnya waktu di dunia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kaum muslim. Para ulama merupakan teladan kita dalam masalah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di dunia ini
  • Doa Agar Musibah di Dunia Terasa Ringan Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Senin, 16 Januari 2023 - 16:35 WIB
    Dalam Al-Quran disebutkan, tidak ada musibah yang menimpa seseorang melainkan atas izin Allah. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar musibah di dunia terasa ringan.
  • Islam Mewujudkan Kebaikan di Dunia dan Akhirat
    Tausiyah
    Senin, 04 Juni 2018 - 18:15 WIB
    Manusia itu adalah spiritual being in a physical body. Kalau seandainya saya ditanya tentang defenisi manusia maka jawaban saya kira-kira seperti di atas.
  • Penyakit Cinta Dunia dan Ciri-cirinya
    Muslimah
    Minggu, 19 September 2021 - 05:15 WIB
    Penyakit cinta dunia atau hubbud dunya merupakan salah satu hal yang sangat membahayakan keimanan seorang muslim. Bahaya cinta dunia sangatlah besar, bahkan bisa menyebabkan seseorang menjadi kafir dan menjual agamanya.
  • 4 Jenis Balasan Dunia dan Akhirat bagi yang Suka Meninggalkan Salat
    Hikmah
    Minggu, 12 November 2023 - 14:51 WIB
    Ibadah salat fardhu 5 waktu, merupakan perintah Allah Taala dan kewajiban untuk seluruh umat Islam. Apabila kewajiban ini tidak dilaksanakan, selain dosa ada konsekuensi bagi pelakunya
  • Bentuk Watak Penipu Dunia Menurut Imam al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 15 Februari 2023 - 15:11 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan watak penipu dari dunia ini bisa mengambil berbagai bentuk. Ia berpura-pura seakan-akan bakal selalu tinggal dengan anda, sementara nyatanya ia pelan-pelan menyingkir dari anda.
  • Kisah Korban Pembunuhan Menuntut Balas pada Hari Kiamat
    Tips
    Selasa, 06 September 2022 - 12:54 WIB
    Korban pembunuhan di dunia ternyata bakal menuntut balas di akhirat pada hari kiamat kelak. Satu hadis menyebut seorang korban pembunuhan, pada Hari Kiamat kelak akan menuntut balas.
  • Pentingnya Saling Memahami Kekurangan Pasangan dalam Rumah Tangga
    Muslimah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 13:37 WIB
    Pondasi awal dalam berumah tangga yang perlu ditanamkan dalam diri adalah pasangan kita atau diri kita sendiri bukan seorang yang sempurna. Kita adalah pasangan yang memiliki kelemahan.
  • Nama-nama Lain dari Hari Kiamat, Yuk Siapkan Bekal Akhirat
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 08:30 WIB
    Di dalam Al-Quran terdapat banyak surat dan ayat-ayat yang mengingatkan tentang dahsyatnya Hari Kiamat. Berikut nama-nama lain dari Hari Kiamat atau hari akhir.
  • 5 Tahapan Kehidupan Menurut Al-Quran, Akhirat Ujung dari Semuanya
    Tausyiah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 19:39 WIB
    Ibnu Taimiyah mengatakan termasuk beriman dengan hari akhir adalah beriman dengan segala sesuatu yang Nabi SAW kabarkan tentang apa yang terjadi setelah mati.
  • Siapakah Pasangan Abadi Kita di Akhirat Kelak? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Minggu, 07 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Tentang kehidupan akhirat kelak, sungguh sangat misteri termasuk tentang siapa pasangan kita di kehidupan abadi nanti. Berpasangan di dunia, belum tentu juga merupakan pasangan di akhirat.
  • 8 Nama Surga yang Diabadikan dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 22 September 2020 - 23:36 WIB
    Surga (Al-Jannah) memiliki nama dan tingkatan dan setiap surga berbeda pula kenikmatannya. Adapun tingkatan surga paling tinggi derajatnya dinamakan Al-Firdaus.
  • Kisah Qabil dan Habil Tragedi Pembunuhan Pertama di Dunia, Ini Penyebabnya
    Hikmah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 22:47 WIB
    Kisah Qabil dan Habil tercatat sebagai tragedi konflik bersaudara dan pembunuhan pertama di muka bumi. Kisah dua putra Nabi Adam ini diabadikan dalam Al-Quran.
  • Orang Tua Bijak Mengerti Kebutuhan Anak Hingga Kehidupan Alam Akhirat
    Muslimah
    Senin, 07 Maret 2022 - 08:15 WIB
    Orang tua cerdas dan bijak adalah orang yang senantiasa tahu apa yang diperlukan oleh anak-anaknya. Di antara hal yang diperlukan oleh anak tidak ada yang lebih penting dari keselamatannya kelak setelah kehidupan di alam dunia ini.
  • Inkonsisten Ternyata Sikap Buruk yang Berdampak Hingga Akhirat
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 17:19 WIB
    Sikap inkonsisten (tidak konsisten) merupakan salah satu sifat tidak terpuji dalam Islam. Karena sifat ini, tidak hanya merepotkan orang lain, tetapi juga memberi kejiwaan yang buruk dalam diri seseorang.