Topik Terkait: Dunia Dan Akhirat (halaman 500)

  • Amalan Sunnah di Waktu Fajar yang Sayang Kalo Dilewatkan
    Muslimah
    Kamis, 17 September 2020 - 20:46 WIB
    Aktivitas seorang muslim biasanya diawali dari waktu fajar atau sebelum subuh. Waktu fajar ini merupakan waktu krusial yang penuh dengan pahala dan berkah.
  • Mengapa Imam Syafii Dijuluki Nashir As-Sunnah (Pembela Sunnah)?
    Hikmah
    Kamis, 17 September 2020 - 21:05 WIB
    Imam Asy-Syafii (150-204 Hijriyah) bernama asli Abu Abdullah Muhammad bin Idris Asy-Syafii. Beliau adalah seorang mufti besar Islam Sunni yang juga pendiri mazhab Syafii.
  • Salah Satu Tanda Dekatnya Kiamat : Perhatikan Pakaian Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 18 September 2020 - 06:10 WIB
    Kemunculan banyak perempuan dengan pakaian yang tidak menutup aurat, ternyata salah satu tanda datangnya kiamat kecil dan kiamat besar. Mereka diibaratkan berpakaian tetapi telanjang.
  • Doa Ketika Berusia 40 Tahun, Yuk Amalkan!
    Tausyiah
    Jum'at, 18 September 2020 - 17:45 WIB
    Usia 40 tahun merupakan masa dimana manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosi, maupun spiritualnya. Berikut doa ketika berusia 40 tahun.
  • Sahabat Nabi Tidak Bermazhab, Benarkah?
    Tausyiah
    Jum'at, 18 September 2020 - 22:57 WIB
    Kita sering mendengar narasi bahwa para Sahabat Nabi tidak bermazhab. Benarkah para Sahabat Nabi yang mulia tidak bermazhab? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Zarkasih.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Penyakit Pemikiran Islam Menurut Syaikh Muhammad Al-Ghazali (2)
    Tausyiah
    Sabtu, 19 September 2020 - 12:25 WIB
    Sesungguhnya dakwah kepada Islam tidak menerima perkara-perkara khilafiyah walaupun hal itu dianggap sangat penting oleh sebagian juru dakwah.
  • Bagi Muslimah, Amalan Ini Ganjarannya Langsung Surga
    Muslimah
    Sabtu, 19 September 2020 - 09:18 WIB
    Keempat perempuan mulia ini, merupakan sosok perempuan yang karena amalan dan perbuatannya sangat mulia, sehingga surga pun merindukan sebagai penghuninya. Lantas bagaimana dengan kita? Mungkinkah surga juga bisa merindukan kita sebagai perempuan muslimah biasa?
  • Umbar Foto di Medsos Picu Munculnya Penyakit Mental?
    Muslimah
    Sabtu, 19 September 2020 - 06:19 WIB
    Muslimah berhati-hatilah saat men-share foto atau video diri, keluarga atau anak di sosial media. Dan, hendaknya setiap muslimah bijak dalam memposting hal apapun ke media sosial, terutama foto dan video.
  • Sayyidah Fathimah, Perempuan Pemberani yang Dicintai Rasulullah SAW
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 17:38 WIB
    Karena khidmatnya yang begitu besar kepada ayahnya, beliau diberi gelar Ummu abiha yang artinya ibu dari ayahnya. Sayyidah Fathimah lah yang menjaga ayahnya dari kekejaman orang-orang kafir Quraisy.
  • Polemik Pernikahan Ikrimah dengan Perempuan yang Pernah Ditolak Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 03 September 2020 - 14:31 WIB
    Ada sebagian anggota pasukannya yang menduga bahwa Ikrimah sebaiknya menolak saja seperti yang dilakukan Rasulullah, supaya dalam hal ini dapat mengambil teladan dari Rasulullah.
  • Muslim Indonesia Masih Dipandang Sebelah Mata, Apa Sebab?
    Tausyiah
    Kamis, 03 September 2020 - 15:01 WIB
    Indonesia sebagai bangsa dengan penduduk Muslim terbesar dunia ternyata belum terlihat secara signifikan. Bahkan secara tidak langsung kerap masih dipandang sebelah mata.
  • Andai Semua Manusia Ingkar, Allah Taala Tetap Mulia!
    Tausyiah
    Kamis, 03 September 2020 - 21:20 WIB
    Allah Taala memerintahkan manusia untuk menyembah-Nya, bukan karena DIA butuh untuk disembah. Tetapi manusialah yang butuh kepada Allah Taala.
  • Dajjal Tak Berkuasa Bagi Orang yang Istiqamah Membaca Surah Al-Kahfi
    Tausyiah
    Kamis, 03 September 2020 - 22:32 WIB
    Dalam banyak riwayat, Rasulullah SAW telah mengingatkan kita akan kemunculan fitnah Dajjal di akhir zaman. Dajjal merupakan fitnah terbesar dalam sejarah kehidupan manusia.
  • Gara-Gara Mentimun,  Anak Syaikh Khirkani Dipenggal Orang
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 06:59 WIB
    Bila kau telah membakar segala yang kaumiliki, kumpulkan abunya dan tempatkan dirimu di atas abu itu. Sebelum kau melepaskan diri dari segala sesuatu di dunia ini, satu demi satu, kau tak akan bebas.
  • Golongan Perempuan yang Boleh Tidak Berhijab
    Muslimah
    Jum'at, 04 September 2020 - 08:09 WIB
    Tidak semua perempuan muslimah terkena kewajiban untuk menutup aurat ini. Ada pula mereka yang berhak untuk tidak berhijab atau melepaskan jilbabnya. Siapa saja mereka?
  • Konflik Khilafah: Kisah Suram Putra Ketiga Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 15:24 WIB
    Tidak lama ketika rasa binggung menggelayuti pikiran Muhammad Al-Hanafiyah di tempat ia tinggal, atas kehendak Allah, Hajjaj bin Yusuf membunuh Abdullah bin Zubair.
  • Kisah Umar bin Khattab Meyakinkan Khalifah Abu Bakar tentang Pengumpulan Al-Quran
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 13:13 WIB
    Usul yang dirasakan oleh Abu Bakar sangat tiba-tiba itu dijawab dengan pertanyaan: Bagaimana saya akan melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh Rasulullah Sallallahu alaihi wa sallam?
  • 4 Kompetensi Awal yang Harus Dimiliki Seorang Muslim
    Tausyiah
    Jum'at, 04 September 2020 - 17:17 WIB
    Seorang mukmin dituntut agar menjadi pribadi yang saleh baik menyangkut ibadah vertikal maupun kesalehan sosial. Setidaknya ada 4 kompetensi awal yang harus dimiliki setiap muslim.
  • Rumi: Di Musim Dingin, Sebuah Pohon Tengah Mengumpulkan Makanan
    Hikmah
    Sabtu, 05 September 2020 - 09:45 WIB
    Sufi harus mengikuti semua rutinitas pengembangan-diri sebaliknya semata-mata konsentrasi terhadap salah satunya akan menyebabkan ketimpangan, yang bisa membawa pada kerugian.
  • Kisah Rasulullah SAW Menegur Orang yang Tertawa Terbahak-bahak
    Hikmah
    Sabtu, 05 September 2020 - 17:42 WIB
    Ulama besar ahli fiqih dan pakar hadis kelahiran Uzbekistan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW menegur orang yang tertawa terbahak-bahak.