Topik Terkait: Eropa Dan Timur Tengah (halaman 2)

  • 5 Negara Eropa Pemasok Militan ISIS Terbanyak, Teratas Sedang Perang
    Dunia Islam
    Kamis, 04 April 2024 - 13:39 WIB
    Terdapat sejumlah negara Eropa yang menjadi asal militan ISIS terbanyak, salah satunya mencapai hampir 5.000 orang. Negara Eropa mana saja?
  • Istilah Sufisme Ternyata Muncul Terkait Proyek Imperialis Eropa
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 09:08 WIB
    Sufisme tidak sendirian dalam status keagamaan yang sulit dipahami. Nasib serupa menimpa beragam tradisi spiritual India, yang dimasukkan ke dalam agama monolitik berlabel Hindu.
  • Ketika Para Raja Nusantara Berusaha Meraih Gelar Sultan dari Timur Tengah
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:45 WIB
    Islam Nusantara atau Islam Asia Tenggara merupakan bagian integral Islam global. Hal ini bisa dilihat dari kegigihan penguasa Nusantara yang ingin mendapatkan gelar dari penguasa Timur Tengah.
  • Jejak Astronom Muslim di Eropa: Nama 210 Bintang Memiliki Akar Arab
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Mei 2023 - 08:16 WIB
    Beberapa bintang terang paling terkenal di langit Aldebaran, Algol, Arrakis, Deneb, Fomalhaut, Rigel, Thuban, Vega, dan Betelgeuse memiliki nama Arab.
  • Begini Nasib Yahudi di Palestina Setelah Hancurnya Kerajaan Israel
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 14:27 WIB
    Pada tahun 586 SM adalah tahun kehancuran dan leyapnya kerajaan-kerajaan Bani Israel di Palestina. Kala itu, penguasa baru Palestina adalah Nebukhadnesar dari Kekaisaran Babilonia Baru dalam Dinasti Kasdim.
  • Perbedaan Kurban dan Aqiqah Yang Perlu Dipahami
    Tips
    Senin, 05 Juni 2023 - 15:16 WIB
    Ada beberapa perbedaan kurban dan aqiqah yang perlu dipahami kaum muslimin, terutama untuk para orang tua. Perbedaan kurban dan aqiqah menjadi topik hangat menjelang Idul Adha.
  • Benarkah Yajuj dan Majuj Lebih Berbahaya dari Dajjal?
    Hikmah
    Senin, 13 November 2023 - 14:06 WIB
    Dajjal dan Yajuj Majuj adalah dua makhkuk yang menjadi fitnah (ujian) besar di akhir zaman. Benarkah Yajuj dan Majuj lebih berbahaya dari Dajjal? Simak ulasan berikut ini.
  • Masjid-Masjid Tersembunyi di Kota Bordeaux Prancis
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:36 WIB
    Hanya ada enam masjid di konurbasi Bordeaux, yang dapat menampung total kurang dari 6.000 orang. Masjid-masjid itu tersembunyi. Padahal di sini telah menjadi rumah bagi lebih dari 50.000 umat Islam.
  • Kejayaan Islam Dinasti Aghlabiyah yang Terlupakan
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Mei 2023 - 10:14 WIB
    Sejarah kejayaan Islam di Benua Eropa, seringkali hanya tertuju pada Muslim di Andalusia, Spanyol dan Turki. Padahal, islam pernah berjaya di Italia, terutama di Pulau Sisilia.
  • Fakta Gunung Bergerak, Berikut Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 21:59 WIB
    Mungkin banyak yang mengira gunung yang terlihat kokoh selalu berada di tempatnya. Berikut penjelasan bahwa gunung tidak diam melainkan terus bergerak.
  • Genosida Israel di Gaza: Serangan Yaman di Laut Merah Membuat Eropa Krisis Minyak
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Januari 2024 - 14:56 WIB
    Dukungan Eropa terhadap genosida Israel di Gaza, dan serangan Inggris-AS terhadap Yaman, telah memberikan dampak signifikan terhadap impor produk minyak olahan Eropa pada paruh pertama bulan Januari.
  • Doa dan Zikir Bada Salat Isya, Lengkap Arab dan Latinnya
    Tips
    Jum'at, 01 September 2023 - 14:43 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Isya adalah amalan yang dianjurkan bagi umat muslim. Doa dan zikir ini bertujuan untuk memperkuat iman, mendekatkan diri kepada Allah, serta memohon ampunan dan rahmat-Nya.
  • Kadang Terlewatkan, Ini Adab dan Syarat Ketika Berzikir
    Muslimah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 08:41 WIB
    Zikir merupakan sebuah amalan ringan yang sangat mudah dilakukan namun memiliki keutamaan yang paling besar Seperti melaksanakan ibadah lainnya, dalam berzikir tentu ada adab yang harus kita penuhi
  • Kisah Malaikat Harut dan Marut Mengajarkan Ilmu Sihir di Muka Bumi
    Hikmah
    Senin, 20 Juni 2022 - 10:32 WIB
    Pada mulanya ilmu sihir diajarkan oleh dua malaikat, yakni Harut dan Marut sebagai ujian bagi mereka berdua dan bagi mereka yang diajarinya. Pada saat bersamaan, setan juga ikut menimba ilmu itu.
  • Tadabbur Al-Baqarah Ayat 29: Penciptaan 7 Lapis Langit dan Penjelasan Sains
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 17:54 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang penciptaan tujuh lapis langit yang sempurna. Keberadaan tujuh lapis langit ini telah diisyaratkan Al-Quran. Berikut penjelasannya.
  • Lebaran di Tengah Pandemi
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 11:57 WIB
    Lebaran Idul Fitri kali ini sangat lain. Orang lebih merindukan kapan pandemi berakhir ketimbang kapan berjumpa Idul Fitri.
  • Dalil Larangan Mendatangi Dukun dan Peramal
    Tausyiah
    Jum'at, 02 September 2022 - 09:52 WIB
    Dalil larangan mendatangi dukun dan peramal cukup banyak. Hal tersebut tertuang di dalam Al-Quran maupun hadis Nabi Muhammad SAW. Risiko orang yang percaya kepada dukun dan peramal amatlah berat.
  • Lancar atau Tidak Rezeki di Antara Sholat dan Maksiat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 09:28 WIB
    Allah Taala berkuasa untuk menahan dan memudahkan rezeki seorang hamba. Hal itu tergantung dosa dan ketaatan yang diperbuatnya. Salah satu titik terpenting dalam menentukan rezeki seorang hamba adalah bagaimana kadar ibadah sholatnya.
  • Inilah Keutamaan Puasa dan Cara Mendapatkannya
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 13:26 WIB
    Bulan suci Ramadhan, adalah bulan istimewa yang diperintahkan Allah untuk menjalankan puasa wajib selama sebulan penuh. Banyak keutamaan puasa, salah satunya akan mendapat pahala, karunia dan pemuliaan dari Allah Subhanahu wa taala.
  • Inilah Perbedaan Doa, Zikir dan Wirid yang Perlu Diketahui
    Tips
    Jum'at, 25 November 2022 - 09:18 WIB
    Dalam Islam, seorang muslim yang baik dianjurkan selalu melakukan amalan baik, seperti berdoa, berzikir dan wirid. Namun, mungkin sebagian dari kita tidak banyak mengetahui bahwa ada perbedaan antara doa, zikir dan wirid tersebut.