Topik Terkait: Forum Zakat (halaman 243)

  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Senin, 01 Juni 2020 - 08:16 WIB
    Sultan pun berkata kepada pengurus istana, beri ia seratus ekor domba, jadikan ia gembala kerajaan, lalu suruh ke gunung dan biarkan ia melakukan pekerjaannya.
  • Membaca Shadaqallahul...
    Tausyiah
    Senin, 01 Juni 2020 - 10:00 WIB
    Kita sering mendengar para pembaca Al-Quran menutup tilawahnya dengan ucapan Shadaqallahul Azhim (benarlah apa yang Allah Taala firmankan). Apakah perkara ini bidah?
  • Kisah Syahidnya Umar...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Sebelum matahari terbit hari Rabu tanggal 4 Zulhijah tahun ke-23 Hijriyyah, Khalifah Umar bin Khattab radhiallahu anhu keluar dari rumahnya hendak mengimami salat Subuh.
  • Kisah Anak Angkat Rasulullah...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 15:30 WIB
    Rasulullah SAW kemudian membawa anak angkatnya pulang ke rumah. Di sana anak ini diberikan pakaian terbaik. Ia dipersilakan makan hingga kenyang.
  • Sayyidah Maimunah, Wanita...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 14:54 WIB
    Maimunah begitu terkenang dengan Saraf, daerah di mana dia dan Nabi Muhammad melangsungkan bulan madu. Beliau berpesan jika wafat agar dimakamkan di sana.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Lebaran di Tengah Pandemi
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 11:57 WIB
    Lebaran Idul Fitri kali ini sangat lain. Orang lebih merindukan kapan pandemi berakhir ketimbang kapan berjumpa Idul Fitri.
  • Jangan Lengah! Ini Pesan...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 23:44 WIB
    Tidak terasa hari ini kita sudah sampai di hari-hari pengujung bulan Ramadhan 1441 Hijriyah. Hari yang menentukan berhasil tidaknya puasa yang kita jalani.
  • 10 Kebiasaan Rasulullah...
    Tips
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 02:52 WIB
  • Lebaran, Haruskah Berhias...
    Tips
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 03:39 WIB
    Ada tiga hikmah dari anjuran memakai baju baru saat lebaran. Pertama sebagai wujud syukur, kedua mengagungkan hari raya dan ketiga mengagungkan malaikat.
  • Nasihat Buya Yahya di...
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 21:57 WIB
    Bulan Ramadhan boleh berlalu, namun semangat untuk beribadah jangan sampai mengendur. Umat Islam harus berusaha istiqamah sebagai wujud syukur kepada Allah Taala.
  • Bacaan Niat Puasa 6...
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 17:20 WIB
    Saat ini kita memasuki hari ke-2 bulan Syawal 1441 Hjriyah. Ada satu amalan yang ditekankan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam (SAW) di bulan ini.
  • Cemburu Berat Istri-Istri...
    Hikmah
    Senin, 25 Mei 2020 - 15:16 WIB
    Ibu Mariyah keturunan Romawi. Mariyah mewarisi kecantikan Sang Bunda sehingga memiliki kulit yang putih, berparas cantik, berpengetahuan luas, dan berambut ikal.
  • Konspirasi Abu Nawas...
    Hikmah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 10:05 WIB
    Ini kali Abu Nawas merancang pembunuhan terhadap menteri zalim. Ia berkonspirasi dengan anak muda pemilik lembu dan seorang joki. Berhasilkah rencana itu?
  • Kabah: Kisah Paganisme...
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Sudah banyak nabi yang diturunkan di wilayah sekitar Kabah sebelum Nabi Muhammad. Sebut saja, Nabi Hud, Nabi Syuaib, dan Nabi Saleh. Tetap saja mereka menyembah berhala.
  • Kisah Leluhur Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 10:17 WIB
    Pada waktu Qushayy meminta bantuan Quraisy, beberapa kabilah berpendapat bahwa dialah penduduk yang paling kuat dan sangat dihargai di Makkah.
  • Abu Nawas dan Enam Ekor...
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 07:10 WIB
    Balairung istana Baghdad dipenuhi warga masyarakat yang ingin tahu kesanggupan Abu Nawas mambawa enam ekor Lembu berjenggot yang fasih berbicara.
  • 5 Kemuliaan Fakir Miskin...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan umatnya untuk berlaku baik dan mencintai orang-orang yang fakir dan miskin. Berikut 5 kemuliaan mereka.
  • Kisah Al-Ghafiqi, Terulangnya...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:40 WIB
    Pada Balath Syuhada kaum muslimin telah menyia-nyiakan kesempatan emas, bahkan kehilangan seorang pemimpin besar nan tangguh Abdurrahman al-Ghafiqi.
  • Penuhi 5 Syarat Ini...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 06:30 WIB
    Amar makruf nahi munkar tidak boleh dilakukan kecuali telah memahami betul hakikat dan syarat-syaratnya. Setidaknya ada 5 syarat yang harus dipenuhi sebelum menegakkan perintah Al-Quran itu.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 14:05 WIB
    Kisah ini diambil dari tradisi lisan para Darwis Badakhshan, dan dikarang oleh Khwaja Muhammad Baba Samasi. Ia adalah Guru Agung dalam Tarekat Para Guru.