Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 150)

  • Apa Perbedaan Habib...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:17 WIB
    Apa perbedaan habib dan syaikh atau syekh? Syekh adalah gelar kehormatan kepada ulama. Gelar dalam bahasa Arab ini juga seringkali disematkan kepada kepala suku atau anggota kerabat kerajaan di negara-negara Arab.
  • Bolehkah Memberi Mahar...
    Muslimah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Penggunaan hapalan ayat-ayat suci Al-Quran seperti surat Ar-Rahman yang dijadikan mahar perkawinan menjadi fenomena baru di kalangan generasi muda Islam
  • Cara Membentengi Rumah...
    Muslimah
    Kamis, 23 September 2021 - 06:43 WIB
    Rumahku surgaku atau baiti jannati adalah konsep ideal bagi keluarga muslim. Namun, akan mustahil membangun rumah layaknya surga jika tak dapat membentenginya dari setan.
  • Kenapa Membaca Al-Quran...
    Tausiyah
    Jum'at, 07 Februari 2020 - 20:16 WIB
    Umat Islam diperintahkan untuk membaca, mempelajari, mengamalkan dan mengajarkan Al-Quran. Salah satu ada adabnya adalah membacanya dengan tartil.
  • 5 Kiat agar Selalu Husnudzon,...
    Tips
    Selasa, 09 Mei 2023 - 09:13 WIB
    Setiap muslim dianjurkan untuk selalu berpikir positif atau husnudzon terhadap segala hal. Kita harus selalu berpikir baik, terutama tentang Allah.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • 5 Sikap Terbaik Menyikapi...
    Tausyiah
    Rabu, 23 September 2020 - 21:43 WIB
    Tak hanya Indonesia, seluruh dunia pun ikut merasakan dampak wabah Covid-19. Bagaimanakah sikap bijaksana dalam menghadapi wabah seperti ini?
  • Faedah Doa Sebelum Tidur...
    Tips
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:19 WIB
    Doa sebelum tidur yang cukup populer dan sangat familiar di kalangan umat muslim, adalah Bismika Allahumma Amuutu wa Ahyaa (dengan nama-Mu Ya Allah, aku mati dan hidup).
  • Imam Al-Ghazali: Musik...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Watak tak-berdosa dari musik dan tarian yang diperlakukan sekadar sebagai hiburan, juga dibenarkan oleh hadis shahih yang kita terima dari Siti Aisyah.
  • Imam Hasan Al-Basri...
    Hikmah
    Minggu, 07 November 2021 - 11:21 WIB
    Hasan al-Basri memiliki seorang tetangga yang bernama Simeon, dia adalah seorang pemuja api. Suatu hari Simeon jatuh sakit dan ajalnya hampir tiba. Ini yang dilakukan Imam Hasan al-Basri.
  • Surat Al-Kahfi Turun...
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 18:41 WIB
    Surat al-Kahfi turun setelah surat al-Ghasyiyah dan surat al-Syura dalam satu paket. Anas bin Malik menyampaikan bahwa surah al-Kahfi turun secara sekaligus, dan diiringi oleh 70.000 malaikat.
  • Hukum Bersumpah Menjauhi...
    Tausyiah
    Selasa, 03 September 2024 - 14:53 WIB
    Apabila meninggalkan tempat tidur ini diperkuat dengan sumpah tidak akan menyetubuhinya, maka dia diberi masa menunggu selama empat bulan.
  • Ayat Pilihan, Al-Quran...
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 21:55 WIB
    Al-Quran tidak hanya sebagai petunjuk bagi umat manusia, tetapi juga menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang beriman. Begini penjelasannya.
  • Wafatnya Ulama Musibah...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 09:44 WIB
    Umat Islam akhir-akhir ini banyak dirundung duka, dengan ragam cobaan dan musibah. Satu di antara cobaan itu adalah wafatnya beberapa ulama mutamad (ulama rujukan umat).
  • Azab Kaum Ad dalam Al-Quran...
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 13:24 WIB
    Kaum Ad diciptakan oleh Allah dengan postur, perawakan, dan kekuatan yang lebih besar dari pada manusia lain yang hidup pada zaman itu. Mereka binasa karena angin topan yang sangat dingin.
  • Apakah Al-Quran Mengemukakan...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 15:11 WIB
    Hingga kini kita telah membicarakan dua jenis pernyataan Quran tentang masa depan yang tidak di-sangka-sangka: satu tipe mengenai nasib Quran itu sendiri, dan yang lain mengenai masa depan Islam.
  • Mengapa Wanita Dimuliakan...
    Muslimah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 13:10 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita kedudukannya sangat dimuliakan. Kemuliaan kaum Hawa ini dalam semua fase kehidupan yang mereka lalui. Mengapa demikian?
  • Mengapa Kemenangan bagi...
    Tausyiah
    Senin, 03 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Mengapa kemenangan bagi Palestina tidak disegerakan? Prof Dr Raghib Sirjani mengungkap bahwa pertanyaan yang sama juga pernah disampaikan oleh seorang sahabat bernama Khabab kepada Rasulullah SAW.
  • Arab Saudi Hukum Instruktur...
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Mei 2024 - 18:42 WIB
    Pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara kepada instruktur kebugaran Manahel al-Otaibi. Perempuan berusia 29 tahun ini dinyatakan bersalah karena pilihan pakaiannya.
  • Keistimewaan Unta, Tunggangan...
    Hikmah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 15:27 WIB
    Ketika kita mendengar nama Unta, pikiran kita langsung tertuju ke jazirah Arab atau gurun pasir. Berikut keistimewaan hewan yang menjadi salah satu tunggangan Rasulullah.
  • Suasana Ramadhan di...
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 04:03 WIB
    Lentera warna-warni dan hiasan Ramadhan memenuhi jalanan Yerusalem saat warga Palestina menyambut bulan suci yang lebih longgar dari pembatasan COVID-19.