Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 337)

  • Doa Ketika Lupa Baca...
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 10:23 WIB
    Doa ketika lupa baca doa makan ini sudah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam hadisnya. Ada bacaan khusus yang harus dilafalkan ketika lupa membaca doa sebelum makan
  • Mandi Sebelum Subuh,...
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 23:50 WIB
    Mandi sebelum Subuh memiliki keutamaan pahala dan manfaat untuk kesehatan. Inilah kebiasaan orang-orang terdahulu yang dapat kita teladani.
  • Kisah Sufi Syeh Amir-Sayed...
    Hikmah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 09:52 WIB
    Kisah berikut merupakan salah satu kisah Sufi yang mengandung pembatasan. Tidak boleh dipelajari terpisah, dan di manapun cerita ini dituliskan, seorang murid harus membaca kisah berikutnya.
  • Cerita Rasulullah Ketika...
    Hikmah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 12:14 WIB
    Diceritakan dalam beberapa riwayat bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) pernah melihat Allah Azza wa Jalla dan berdialog dengan-Nya.
  • Berhijab Syari Namun...
    Muslimah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 20:00 WIB
    Berhijab syari atau berbusana sesuai dengan syariat sudah kian populer di kalangan wanita muslimah. Namun, dalam penerapannya, masih banyak kaum muslimah yang berhijab syari namun masih tabarruj.
  • Interfaith dan Islamophobia...
    Dunia Islam
    Rabu, 09 Februari 2022 - 17:14 WIB
    Dari organisasi dunia (PBB) ke tingkat negara hingga ke kota dan kampung-kampung, kegiatan Interfaith menjadi sesuatu yang ditradisikan. Masing-masing pelaku agama punya pemahaman beda.
  • Tanggal Terbaik Puasa...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 17:58 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran asal Rembang, Gus Baha menjelaskan tanggal terbaik melaksanakan puasa sunnah Rajab. Waktu terbaik puasa Rajab ini merupakan saran dari guru Beliau.
  • Muhammad bin Ali, Arsitek...
    Hikmah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 18:15 WIB
    Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalibadalah perintis Bani Abbasiyah pertama kali. Peletak dasar ide kekhalifahan Abbasiyah dengan mengkampanyekan ahlul bait.
  • Doa Agar Hati Tenang...
    Tips
    Rabu, 09 Februari 2022 - 18:21 WIB
    Doa agar hati tenang dapat kita baca saat mengalami gelisah atau galau karena persoalan hidup. Kunci ketenangan dalam hidup adalah hati yang damai dan tenang.
  • Takbiratul Ihram Berulang-ulang,...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 21:08 WIB
    Takbiratul Ihram saat memulai sholat merupakan satu dari 13 rukun sholat. Bagaimana hukum orang yang Takbiratul Ihram berulang-ulang, sahkah sholatnya?
  • Baginda Minta Abu Nawas...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 07:57 WIB
    Baginda Raja Harun Al Rasyid bertanya kepada Abu Nawas tentang rahasia dua alam, pertanyaan yang tak bisa dijawab para penasihat raja. Abu Nawas menjawab dengan cepat dan memuaskan.
  • 5 Bahaya Sifat Boros...
    Muslimah
    Minggu, 13 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Sifat tabdzir (boros) dan israf (berlebih-lebihan) termasuk akhlak tercela yang harus dihindari para muslimah. Alasannya, kedua perbuatan tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi diri sendiri dan juga orang lain.
  • Jibril Memiliki Kedudukan...
    Hikmah
    Minggu, 13 Februari 2022 - 20:18 WIB
    Di antara para malaikat, maka malaikat Jibril memiliki kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT. Secara fisik saja, malaikat Jibril memiliki kelebihan dibanding malaikat lainnya.
  • Yuk, Amalkan 4 Lafadz...
    Tips
    Selasa, 15 Februari 2022 - 08:40 WIB
    Beristigfhar atau memohonkan ampun untuk kedua orang tua dan memintakan rahmat Allah Taala untuk keduanya, merupakan salah satu bakti seorang anak kepada orang tua mereka.
  • Kisah Malaikat Bertamu...
    Hikmah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 16:36 WIB
    Malaikat tak berjenis kelamin, maknanya bukan lelaki atau pun perempuan. Lalu, apakah makhluk gaib ini makan dan minum, layaknya manusia dan binatang?
  • 5 Pahala Amalan Ini...
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 19:27 WIB
    Allah menyediakan banyak amalan yang pahalanya senilai dengan pahala haji ataupun umrah, mengingat kondisi untuk berangkat haji dan umrah masih terkendala wabah covid. Amalan apa itu?
  • Sayyidah Aisyah Bilang...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Februari 2022 - 09:22 WIB
    Sayyidah Aisyah ra mengatakan apabila Rasulullah SAW melihat awan mendung di atas langit atau angin yang bertiup cukup kencang maka akan terlihat kemurungan di wajahnya.
  • 6 Manfaat Puasa Senin-Kamis,...
    Tips
    Kamis, 10 Februari 2022 - 07:07 WIB
    Pahala puasa sunnah Senin-Kamis ini sangat istimewa dan banyak manfaatnya, karena puasa sunnah ini berhubungan langsung dengan Allah subhanahu wa taala.
  • Hukum Menerima Cokelat...
    Muslimah
    Kamis, 10 Februari 2022 - 07:24 WIB
    Bagaimana hukum menerima cokelat di Hari Valentine bagi seorang muslim? Cokelat, bunga dan beragam hadiah berwarna merah atau pink, sangat identik dengan perayaan tersebut.
  • Memahami Sidratul Muntaha...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 09:44 WIB
    Perjalanan puncak Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) dalam misi Mikraj berakhir di Sidratul Muntaha. Bagaimanakah kita memaknai Sidratul Muntaha?