Topik Terkait: Gugatan (halaman 32)

  • Menempa kepekaan sosial
    Tausiyah
    Selasa, 23 Juli 2013 - 07:13 WIB
    Islam hadir ke muka bumi untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. Pada posisi tersebut, Islam bermakna sebagai agama yang juga mengurusi ibadah horizontal (habluminannas), atau mengurusi kesalehan sosial. Karena itu, seorang muslim diwajibkan untuk menyelaraskan dua aspek peribadatan tersebut, agar kesalehan diri yang diperoleh menjadi kesalehan paripurna.
  • Berharap dosa-dosa dihapus Sang Pencipta
    Hikmah
    Rabu, 24 Juli 2013 - 08:58 WIB
    Pesantren Annihayah memberi perhatian khusus bagi para santri preman yang ingin bertobat. Alasannya sederhana, hati keras para preman ini bisa luluh. Alasan itulah yang membuat pendiri dan pengurus pesantren memberi ruang sosialisasi dan bertobat bagi para preman untuk mencari arti kehidupan sebenarnya.
  • Lebih rajin beribadah daripada di rumah
    Hikmah
    Rabu, 24 Juli 2013 - 09:19 WIB
    Warga binaan di Lapas Kota Tegal itu seolah tak mau kalah dengan umat Islam yang berada di luar. Sambil duduk bersimpuh di antara meja kecil berwarna kuning kecokelatan, 12 warga binaan perempuan dengan teliti membaca Alquran dan disimak dua ustazah.
  • Puasa dan pendidikan keimanan
    Tausiyah
    Kamis, 25 Juli 2013 - 07:15 WIB
    Dalam sebuah Hadis Qudsi, Allah berfirman: &ldquoSemua amal anak Adam (manusia) untuk dirinya sendiri kecuali puasa sebab puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya.&rdquo Ketika melaksanakan puasa, sebenarnya tidak ada yang dapat mengetahui apakah seseorang sedang berpuasa atau tidak.
  • Dialog dengan Alquran
    Tausiyah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 11:54 WIB
    Alquran mengajak berdialog dengan hati dan niat yang tulus, pikiran cerdas, namun tetap rendah hati. Kalau tidak tulus dan tidak dapat menekan ego, bisa jadi kita akan memaksakan kehendak atau pendapat pribadi dan dicarikan pembenaran dari ayat-ayat Alquran.
  • Ramadan di Qatar, RAF ajak iftar ratusan WNI di Doha
    Hikmah
    Sabtu, 27 Juli 2013 - 08:41 WIB
    KBRI Qatar menghadiri undangan iftar (buka bersama) dari The Sheikh Thani bin Abdullah Foundation for Humanitarian Services (RAF). RAF merupakan organisasi amal lokal di Qatar yang rutin melaksanakan buka puasa bersama dengan komunitas-komunitas ekspatriat.
  • Nuzulul Quran dan kebangkitan umat
    Tausiyah
    Minggu, 28 Juli 2013 - 08:30 WIB
    Lelaki 40 tahun itupun merasa sesak. &lsquo&rsquoIqra!&rsquo&rsquo kata Malaikat Jibril sambil melepas dekapannya pada tubuh Muhammad. &ldquoMa anaa biqari (aku tak bisa membaca),&rdquo sahut Muhammad. Jibril mendekapnya lagi, lalu melepaskan sambil mengulangi perintahnya. &ldquoMa anaa biqari (aku tak bisa membaca),&rdquo jawab Muhammad lagi.
  • Bulan untuk mengemis
    Tausiyah
    Senin, 29 Juli 2013 - 06:48 WIB
    Dalam strategi berdoa agar kesampaian, salah satu faktor yang kudu diperhatikan adalah soal waktu atau saat. Dalam sehari, ada waktu yang Insya Allah pasti dikabulkan atau mustajab untuk berdoa, yaitu pada sepertiga malam terakhir. Dalam seminggu, waktu istimewa buat berdoa adalah Hari Jumat.
  • Perkara yang sulit
    Tausiyah
    Senin, 29 Juli 2013 - 07:30 WIB
    Amalan yang paling sulit ada empat, yaitu: memberi maaf ketika marah, bermurah hati ketika sulit, iffah (memelihara diri dari yang haram) ketika sendirian dan mengatakan sesuatu yang benar, baik kepada orang yang disegani maupun orang yang mengharapkannya.
  • Saum+ sedekah=luar biasa
    Tausiyah
    Selasa, 30 Juli 2013 - 07:34 WIB
    Marhaban ya Ramadan berarti menyambut bulan puasa dengan lapang dada, penuh kegembiraan, tidak menggerutu atau menganggapnya sebagai penganggu kepentingannya. Sedang Ahlan wa Sahlan sekadar ucapan formal biasa seperti halnya perkataan &lsquo&rsquoSelamat Datang&rsquo&rsquo.
  • Tiga kekasih ilahi (2)
    Tausiyah
    Selasa, 30 Juli 2013 - 08:50 WIB
    Dalam hadis qudsi yakni wahyu yang tidak termasuk dalam Alquran disebutkan bahwa Allah SWT sampai menyatakan wajib hukumnya atau pasti mencintai orang itu. Bila kita ingin termasuk orang yang dicintai Allah SWT, maka kita lakukan apa yang membuat Allah SWT mencintai manusia.
  • Tadarus Alquran luar biasa
    Tausiyah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 07:41 WIB
    Tadarus (membaca) Alquran adalah salah satu amalan sunah utama di Bulan Ramadan. Terlebih, pada bulan suci inilah Alquran mulai diturunkan, sebagaimana firman Allah SWT: ... Bulan Ramadan yang padanya diturunkan Alquran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan menjadi keterangan yang menjelaskan, petunjuk dan pembeda antara yang benar dengan yang salah (Al Baqarah: 185)
  • Tiga model orang bangkrut
    Tausiyah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 09:41 WIB
    Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?, (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya (QS Ash Shaff 61:10-11).
  • Kebersamaan antarumat beragama ruh Indonesia
    Hikmah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 07:15 WIB
    Sekitar 700 orang yang datang dari berbagai kelompok agama menyanyikan lagu Ayo Rukun Bersatu dalam kegiatan buka puasa bersama di Kelenteng Hok An Kiong Muntilan, Kabupaten Magelang.
  • Tetap lestarikan tradisi Salawat Jawa
    Hikmah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 10:15 WIB
    Masjid Plosokuning sendiri berdiri di atas tanah Kasultanan seluas 2.500 meter persegi. Bangunan masjid pada saat didirikan seluas 288 m2, dan setelah pengembangan menjadi 328 m2. Masjid yang didirikan pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I 1723-1819 ini awalnya merupakan benteng spiritual, dan pada masa perang kemerdekaan menjadi benteng pertahanan fisik
  • Tidak mengemis
    Tausiyah
    Jum'at, 02 Agustus 2013 - 12:04 WIB
    Rasulullah SAW bersabda: &ldquoTunggulah sampai ada sedekah yang datang kepada kami lalu kami perintahkan agar sedekah itu diberikan kepadamu.&rdquo
  • Demi bisa tarawih, naik bus satu jam sepulang kerja
    Hikmah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 07:03 WIB
    Di Negeri Ginseng ini, jumlah penduduk Islamnya sangat sedikit, yakni kurang dari 1% dari seluruh penduduk Korea yang berjumlah 50 juta orang. Karena keterbatasan inilah menjalankan puasa di Korea terasa istimewa.
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Masjid Ampel dibanjiri jamaah
    Hikmah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:55 WIB
    Masjid Agung Ampel Surabaya. Semakin malam pengunjung bukannya berkurang tapi malah semakin ramai. Jelang Lebaran, banyak orang mengunjungi masjid tersohor itu. Menurut penuturan warga sekitar, keramaian ini karena banyak jamaah yang datang untuk berdoa (itikaf) di masjid ketika malam hari.
  • Kebiasaan Rasul di Akhir Ramadan
    Tausiyah
    Senin, 05 Agustus 2013 - 06:32 WIB
    Ada kebiasaan Rasulullah saat sepuluh terakhir Ramadan, yaitu meningkatkan kualitas amal ibadahnya, kemudian ia mengencangkan ikat pinggang (saddakhmijar&rsquo). Kesungguhan Rasul dalam mengerjakan ini sangatlah fokus pada ibadah di sepuluh terakhir Ramadan.