Topik Terkait: Gus Im Wafat (halaman 2)

  • 10 Pesan Bijak Gus Baha Agar Hidup Bahagia
    Tausyiah
    Senin, 05 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Ulama ahli tafsir KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mempunyai nasihat bijak agar hidup bahagia. Pesan ini dapat kita jadikan motivasi meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.
  • Mengapa Tidak Ada Nabi yang Diutus ke Nusantara? Ini Kata Gus Baha
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Desember 2022 - 13:21 WIB
    Semua umat muslim mempercayai bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah dan hamba-Nya. Ada pertanyaan unik, mengapa tidak ada Nabi yang diutus ke Nusantara?
  • Tausiyah Gus Baha Terkait Sikap Netral, Simak Pesannya!
    Tausyiah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 07:30 WIB
    Gus Baha mengatakan dirinya pernah ditanya dan ini adalah kisah nyata. Gus, yang netral itu baik gak? Semisal ada yang berkelahi, kita tidak ikut mencapuri? Berikut tausiyahnya.
  • Gus Baha: Memberi Utang Tapi Tidak Dikembalikan, Ini Jawabannya
    Tausyiah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Gus Baha memberi jawaban terkait orang yang memberi utang namun tidak dikembalikan. Berikut ganjaran orang yang membebaskan utang orang lain terutama utang orang saleh.
  • Pendapat Gus Baha Tentang Sholat Terlalu Lama yang Ditegur Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 21:17 WIB
    Dikisahkan Rasulullah SAW pernah menegur sahabat karena mengimami sholat terlalu lama. Berikut pandangan ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha terkait kisah tersebut.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Sholat Nisfu Syaban Bidah? Begini Penjelasan Gus Baha
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 17:03 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim yang populer dengan nama Gus Baha menanggapi adanya pendapat yang menyatakan bahwa sholat pada malam Nisfu Syaban sebagai amalan bidah.
  • Ini Beda Tobat Orang Awam dengan Ulama Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 19:06 WIB
    Gus Baha menyatakan salah satu dalil tobat orang alim adalah surah Al-Baqarah ayat 160. Ayat tersebut menegaskan kalau tobatnya para Alim adalah dengan murajaah (mengulang) ilmu dan menyampaikannya.
  • Biodata dan Profil Gus Iqdam, Pendakwah Populer Pencetus Istilah ‘Dekengan Pusat’
    Dunia Islam
    Selasa, 23 April 2024 - 17:29 WIB
    Biodata dan profil Gus Iqdam menarik untuk disimak. Ia merupakan seorang penceramah yang gaya dakwahnya disukai berbagai kalangan, termasuk anak muda.
  • Gus Baha Beberkan Rahasia Kapan Turunnya Lailatul Qadar
    Tausyiah
    Minggu, 02 Mei 2021 - 15:05 WIB
    KH Bahauddin Nursalim yang akrab disapa Gus Baha membeberkan kapan dan mengapa Lailatul Qadar diberikan khusus kepada umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
  • Profil Gus Miftah, Berdakwah Saat Usia 21 Tahun
    Dunia Islam
    Selasa, 07 September 2021 - 21:10 WIB
    Profil Gus Miftah dikenal sebagai Dai yang fokus berdakwah bagi kaum marjinal. Sebelum populer seperti sekarang, Gus Miftah sudah mulai berdakwah sejak usia 21 tahun.
  • Kisah Quraish Shihab dan Gus Mus Saat Kuliah di Mesir
    Hikmah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:20 WIB
    Kisah Quraish Shihab dan Gus Mus saat kuliah di Mesir cukup mengesankan. Di Al-Azhar Mesir inilah keduanya pada 53 tahun yang lalu mulai menjalin persahabatan.
  • Gus Mus Ucapkan Bela Sungkawa Pada Mereka yang Dapat Jabatan
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 15:24 WIB
    Jangan kaget kalau Gus Mus mengucapkan bela sungkawa kepada mereka yang dapat jabatan. Ia mengaku heran jika ada pejabat negara yang bersyukur atas amanat yang diembannya.
  • Penjelasan Gus Baha tentang Imam yang Bacaannya Terlalu Panjang
    Tausyiah
    Jum'at, 23 September 2022 - 05:10 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang imam yang bacaannya terlalu panjang pernah dibahas dalam satu kajian. Dikisahkan, sahabat pernah ditegur Nabi karena memimpin sholat terlalu lama.
  • Hukum Membunuh Pelaku Begal Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 23:43 WIB
    Hukum membunuh pelaku begal menarik untuk dikaji berdasarkan perspektif Islam. Apalagi belakangan ramai berita seorang korban begal jadi tersangka karena membunuh pelakunya.
  • Gus Baha: Sampai Kiamat Israel dan Palestina Tidak Akan Damai
    Dunia Islam
    Selasa, 14 November 2023 - 20:43 WIB
    Gus Baha memberikan pandangannya mengenai konflik Palestina dan Israel. Menurut ulama asal Rembang itu, kedua belah pihak tidak akan berdamai bahkan sampai hari Kiamat.
  • Penjelasan Gus Baha Tentang Awal Mula Asyura
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 07:30 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang awal mula Asyura menarik untuk kita simak. Ulama ahli tafsir Al-Quran ini menceritakan sejarahnya dalam satu kajiannya di kanal YouTube.
  • Tanggal Terbaik Puasa Rajab Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 17:58 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran asal Rembang, Gus Baha menjelaskan tanggal terbaik melaksanakan puasa sunnah Rajab. Waktu terbaik puasa Rajab ini merupakan saran dari guru Beliau.
  • Gus Baha Kupas Tuntas Jual Beli dan Riba, Mana Lebih Menguntungkan?
    Tausyiah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 14:59 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) menjelaskan tentang jual beli dan riba. Mana yang lebih menguntungkan? Simak penjelasannya.
  • Gus Baha: Berkat Jasa Pemain Bola, Islam Berkembang di Inggris dan Prancis
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Juli 2021 - 17:04 WIB
    Ulama ahli tafsir Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengatakan, jasa pemain sepak bola muslim telah membawa nama baik Islam sehingga tidak dibenci orang-orang di negaranya.
  • Hadis Alamat Kiamat Berikut Ini Membuat Gus Baha Menangis
    Tausyiah
    Senin, 22 Maret 2021 - 05:00 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab dipanggill Gus Baha mengaku menangis ketika membaca hadis tanda-tanda kiamat yang salah satunya bahwa ilmu itu hilang.