Topik Terkait: Hakikat Hidup (halaman 2)

  • Pemilu: Hakikat Kedaulatan Rakyat Menurut Islam
    Hikmah
    Minggu, 04 Februari 2024 - 09:55 WIB
    Menurut sejarah peradaban Islam, kata dawlah dipergunakan untuk menunjuk pada pengertian rezim kekuasaan, seperti Daulah Bani Umayyah dan Daulah Bani Abbasiyyah.
  • Begini Nasib Roh Manusia yang Berbuat Kesyirikan
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 16:30 WIB
    Nasib roh manusia yang berbuat kesyirikan dan orang-orang kafir sangat buruk. Keluarlah, wahai jiwa yang jahat yang bersemayam di jasad yang busuk! Keluarlah dalam keadaan tercela! sambut malaikat.
  • Anjuran Bersabar dan Hakikat Sabar dalam Al Quran
    Tausyiah
    Kamis, 03 November 2022 - 13:55 WIB
    Sabar sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Ada yang diucap. Ada yang dirasa. Sabar termasuk akhlak yang paling mulia dan utama. Sabar mendapat banyak perhatian dari Al-Quran di dalam surat-surat-Nya.
  • Patut Dicontoh, 5 Gaya Hidup Rasulullah SAW yang Bikin Sehat
    Dunia Islam
    Senin, 19 April 2021 - 18:52 WIB
    Pertama, kalau bangun jangan terlambat. Kedua, atur makan dengan baik dan benar. Ketiga, kontrol emosi apalagi marah. Keempat, jagalah kebersihan. Kelima, berpuasa dua kali dalam sepekan.
  • Agar Hakikat Taubat Dapat Dipenuhi, Begini Penjelasan Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 12 Juni 2022 - 19:47 WIB
    Dalam taubat terdapat sisi atau unsur praksis yang harus dijalankan, hingga hakikat taubat dapat dipenuhi., serta ia dapat memberikan hasilnya bagi jiwa dalam kehidupan.
  • Cara Mendapatkan Ketenangan Hidup Sesuai Sunah
    Muslimah
    Kamis, 09 November 2023 - 11:45 WIB
    Islam menawarkan bagaimana cara mendapatkan ketenangan dalam hidup yang tentu saja sesuai syariat dan sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Risiko Berat Hukum Berucap Biar Satu Kata Seandainya
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 21:27 WIB
    Lain halnya jika perkataan lau tersebut merupakan ungkapan penyesalan sebagai bagian dari usaha untuk introspeksi atau mengambil hikmah dari suatu peristiwa dan tidak mengingkari takdir Allah.
  • Mendoakan Anak agar Kaya dan Hidup Berkah dengan Doa Rasulullah SAW Ini
    Tips
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:00 WIB
    Setiap orang tua berharap anak-anaknya bisa hidup berkah dan kaya raya. Untuk itu, ada doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, untuk anak-anak kita agar kaya dan hidupnya barokah
  • Hakikat Kesabaran
    Tausyiah
    Kamis, 22 April 2021 - 16:30 WIB
    Melihat dari puasa yang kita laksanakan, ternyata puasa telah mampu mendidik kita menjadi orang yang sabar. Tetapi, apakah hakikat sabar itu sendiri?
  • 4 Nabi yang Masih Hidup dan Belum Pernah Merasakan Kematian
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Dari 120 ribu lebih jumlah Nabi, ada empat Nabi yang disebut masih hidup hingga hari ini. Maksud hidup di sini adalah belum pernah merasakan atau bertemu kematian.
  • Inilah Syarat untuk Memperoleh Kemuliaan Hidup
    Tausyiah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 17:04 WIB
    Untuk memperoleh kehidupan mulia, ada syarat yang harus dipenuhi sebagaimana dijelaskan Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda dalam tausiyah berikut.
  • Ayat-ayat Al Quran yang Memberi Motivasi dan Penyemangat Hidup
    Tips
    Jum'at, 24 November 2023 - 12:02 WIB
    Motivasi memiliki pengaruh yang kuat bagi seseorang untuk melakukan sesuatu atau memberikan semangat yang selalu berhasil membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik. Dan Al-Quran pun telah menjawab kebutuhan itu dalam ayat-ayatnya.
  • Mau Hidup Mulia? Wiridkan Shalawat Pendek Ini
    Tips
    Sabtu, 03 Juli 2021 - 18:58 WIB
    Tak harus membaca sebuah sholawat yang panjang untuk mendapatkan kemuliaan dari sebuah bacaan sholawat. Ada sebuah Sholawat pendek tapi dahsyat dan sangat bagus digunakan dzikir kapan saja dimana saja, kecuali saat berada di dalam toilet.
  • Benarkah Kamu Orang Beriman? Kenali Arti dan Cirinya
    Tausyiah
    Sabtu, 04 September 2021 - 15:19 WIB
    Nikmat terbesar yang tiada bandingannya bagi manusia adalah iman dan Islam. Apa sebenarnya makna iman dan benarkah kita tergolong orang beriman?
  • Tadabur Ar-Rahman Ayat 71-78: Hakikat Bidadari dan Permadani di Surga
    Hikmah
    Sabtu, 02 Oktober 2021 - 23:59 WIB
    Salah satu ciri khas Surat Ar-Rahman di dalamnya terdapat 31 ayat yang diulang-ulang: Fa-biayyi alaai Rabbi kuma tukadzdzibaan. Berikut lanjutan tadabur Ar-Rahman Ayat 71-78.
  • Proses Keluarnya Roh dari Jasad Manusia, Beruntungnya Orang Saleh
    Hikmah
    Minggu, 20 Februari 2022 - 21:52 WIB
    Proses keluarnya roh dari jasad manusia diceritakan oleh Rasulullah agar manusia dapat mengambil pelajaran. Jika ia orang saleh, ruhnya disambut para Malaikat.
  • Haji dan Umrah: Talbiyah dan Kewajiban Memahami Hakikat Syirik
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 09:00 WIB
    Ketika seorang muslim dalam talbiyahnya mengucapkan: Laa Syariika lahu (tiada sekutu bagi-Nya), maka ia wajib memahami hakikat syirik.Wajib mengerti bahaya syirik.
  • Amalkan 3 Surat Ini Insya Allah Hidup Bahagia dan Wafat Husnul Khatimah
    Tips
    Senin, 31 Januari 2022 - 22:40 WIB
    Berikut amalan yang dapat kita amalkan agar hidup bahagia dan wafat husnul khatimah. Amalan ini tergolong ringan dan dianjurkan membacanya setiap hari.
  • Persiapan Menjelang Usia 40 Tahun
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juli 2021 - 17:59 WIB
    Jika umur manusia diibaratkan kouta dalam modal kehidupan dunia ini, maka rentang usia 40 tahun menandakan garis warning berwarna kuning.
  • Tafsir Mimpi Hamil dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 01 Desember 2022 - 12:59 WIB
    Dalam Islam, arti tentang bermimpin atau mimpi hamil, tidak ada penjelasan spesifiknya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.