Topik Terkait: Harta Karun

  • Inilah Amalan yang Lebih Berharga dari Harta Karun
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juni 2022 - 23:44 WIB
    Semua kekayaan dunia ternyata tak sebanding dengan amalan satu ini. Inilah amalan yang lebih berharga dari harta karun, bahkan lebih baik dari dunia dan seisinya.
  • Sejarah Harta Karun, Berikut Kisahnya Diabadikan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 23:06 WIB
    Penemuan harta karun memang selalu menjadi fenomena dan menarik perhatian banyak orang. Berikut sejarah dan asal usulnya diceritakan dalam Al-Quran.
  • Harta Rampasan Perang di Zaman Nabi, Begini Cara Membaginya
    Hikmah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 07:30 WIB
    Pada zaman Nabi shollallohu alaihi wasallam, harta rampasan perang ini sempat membuat gaduh dan mengundang perselisihan di kalangan sahabat. Begini cara membaginya.
  • Dahsyatnya Harta Qarun, Kunci Gudang Hartanya Harus Dipikul Puluhan Orang
    Hikmah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Harta karun memang diidentikkan dengan Qarun, seorang saudagar kaya raya pada zaman Nabi Musa. Harta kekayaannya sangat fantastis, sayangnya dia lupa dan hurhaka kepada Allah.
  • Cara Qarun Memperoleh Harta Berlimpah Hingga Membuatnya Sombong
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Cara Qarun memperoleh harta berlimpah perlu diketahui agar menjadi pelajaran berharga buat kita. Qarun adalah seorang saudagar kaya raya pada zaman Nabi Musa alaihissalam.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Harta Itu Milik Allah Taala, Dipinjamkan kepada Manusia
    Tausyiah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 06:12 WIB
    Salah satu landasan ekonomi dalam masyarakat Islam adalah suatu keyakinan bahwa harta itu sebenarnya milik Allah sedangkan manusia hanya memegang amanah atau pinjaman dari-Nya
  • Peringatan Buat Muslimah, Hati-hati dalam Membelanjakan Harta!
    Muslimah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 11:35 WIB
    Ada peringatan buat kaum muslimah agar berhati-hati dalam membelanjakan hartanya. Mengapa demikian? Karena kelak di akhirat, tak hanya amal yang dihisab tetapi juga segala barang yang kita miliki.
  • Kisah Sufi Dzun-Nun: Pukullah pada Tanda Ini untuk Harta Karun
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 20:11 WIB
    Kisah yang bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari Negeri Arab. Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh
  • Kisah Sufi: Misteri Kandil Besi dan Harta Karun
    Hikmah
    Selasa, 07 Desember 2021 - 15:01 WIB
    Kisah berikut biasa disampaikan di sebuah madrasah Sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harfiah.
  • Hadis Arbain: Bersedekah Tidak Harus dengan Harta
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:00 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-25 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • 5 Cara Pandang Islam Mengenai Harta Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:15 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan kaidah pertama dalam membangun ekonomi Islam adalah menghargai nilai harta benda dan kedudukannya dalam kehidupan.
  • Meremehkan Masalah Kehalalan Harta
    Muslimah
    Senin, 08 Februari 2021 - 06:23 WIB
    Adakalanya seorang muslim yang rajin beribadah, namun dia memandang remeh dan kurang peduli dengan masalah harta haram. Bisa jadi amal ibadahnya tertolak, doanya tidak diijabah, dan usahanya tidak diberkahi.
  • Hati-hati Jika Sedekah dengan Harta Haram, Ini Akibatnya!
    Hikmah
    Senin, 11 September 2023 - 10:48 WIB
    Sedekah hendaknya dilakukan dengan harta yang halal serta baik sumbernya. Pasalnya, masih banyak orang yang salah kaprah. Mereka menyisihkan sebagian harta yang didapat dengan cara haram untuk bersedekah.
  • Malaikat Ingin Harta Orang yang Kikir Dihancurkan Allah Taala
    Tausyiah
    Minggu, 30 Oktober 2022 - 08:12 WIB
    Malaikat benci terhadap orang yang pelit alias kikir dan bakhil sampai-sampai bermohon kepada Allah SWT harta si pelit itu dihancurkan saja. Maknanya tidak berkah. Tidak bermanfaat.
  • Perlunya Mengenal Harta Haram, Apa Saja?
    Muslimah
    Senin, 08 Februari 2021 - 09:04 WIB
    Akibat harta haram yang kita makan, bisa jadi yang membuat amal ibadah kita tertolak, doa tidak diijabah, dan usahanya tidak diberkahi. Untuk itulah, seorang muslim wajib mengenal apa itu harta haram.
  • Tiga Cincin Permata Pembuka Pintu Harta Karun
    Hikmah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 06:29 WIB
    Kisah ini, yang oleh beberapa orang dianggap merujuk pada tiga agama: Yahudi, Kristen, dan Islam, muncul dalam bentuk yang agak berbeda dalam karya-karya Boccacio, Gesta Romanorum dan Decamerun.
  • Mensyaratkan Memiliki Harta Dulu Sebelum Menikah, Bolehkah?
    Muslimah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 10:00 WIB
    bila seorang perempuan muslimah akan menikah, kemudian ia memberikan syarat kepada calon suaminya untuk memiliki harta dalam jumlah tertentu baru kemudian bisa menikah, apakah ini dibolehkan?
  • Doa agar Terhindar dari Harta Haram, Amalkan Supaya Hidup Berkah!
    Tips
    Senin, 16 Oktober 2023 - 08:49 WIB
    Doa agar dijauhkan dari harta yang haram, hendaknya diamalkan oleh setiap muslim. Karena harta yang haram, salah satu sebab tidak berkahnya hidup.
  • Begini Kondisi Terbaru Tempat Tenggelamnya Qarun
    Hikmah
    Jum'at, 09 September 2022 - 16:13 WIB
    Lokasi tempat ditenggelamkannya Qarun beserta seluruh harta dan rumahnya ke dalam bumi terjadi di daerah Al-Fayyum. Lokasi ini sekitar 90 kilometer dari Kairo, ibu kota Mesir.
  • Usaha mendapatkan harta
    Tausiyah
    Selasa, 06 Agustus 2013 - 07:40 WIB
    Hijrah Nabi SAW dan para sahabat ke Madinah meninggalkan banyak kisah menarik dan pelajaran yang sangat berharga. Satu diantaranya tentang persaudaraan yang sangat indah.