Topik Terkait: Hijab Dan Cadar

  • Hukum Cadar Menurut Jumhur Ulama, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 01 November 2022 - 08:11 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Soal Cadar, Inilah Pandangan Menurut 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 14 September 2020 - 13:01 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar dalam Islam? Apa kata ulama Islam tentang cadar ini? Pemakaian cadar sangat terkait dengan wajah perempuan, apakah termasuk aurat atau tidak?
  • Model Cadar Trendi dan Peringatan Rasulullah
    Muslimah
    Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:59 WIB
    Saat ini banyak dari perempuan yang mulai mengenakan jilbab yang penuh dengan pernak pernik, bunga-bunga, dan rumbai-rumbai yang terus melambai-lambai seakan memanggil lawan jenis agar memandanginya.
  • 12 Manfaat Hijab bagi Kecantikan Muslimah, Nomor Terakhir Mencegah Penuaan Dini
    Muslimah
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 09:04 WIB
    Memakai jilbab atau hijab, selain untuk melaksanakan kewajiban syariat agama, ternyata juga memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kecantikan dan kesehatan seorang muslimah.
  • Jilbab dan Hijab dalam Pandangan Islam, Mengapa Diwajibkan?
    Tausiyah
    Sabtu, 01 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Syeikh Ahmad Al-Mishri (ulama Mesir yang menetap di Jakarta) mengulas tentang hukum jilbab yang belakangan ramai diperdebatkan umat muslim di Indonesia. Simak penjelasannya.
  • Istri Pengin Bercadar, Haruskah Dapat Izin Suami?
    Muslimah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 09:01 WIB
    Ketika seorang istri ingin memakai cadar, haruskah ia meminta ijin suaminya terlebih dahulu? Bagaimana hukum cadar sebenarnya dalam syariat?
  • Bolehkah Buka Tutup Cadar? Begini Hukum Cadar Menurut Jumhur Ulama
    Muslimah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 08:00 WIB
    Bolehkah seorang muslimah membuka tutup cadarnya? Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama?
  • Perdebatan Soal Cadar, Ini Pendapat Hukum Jumhur Ulama
    Muslimah
    Senin, 13 Maret 2023 - 09:17 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Mengenal 5 Model Busana Muslimah, Nomor 3 Makin Tren dan Populer
    Muslimah
    Senin, 07 Februari 2022 - 17:24 WIB
    Kewajiban muslimah menutup aurat, telah memunculkan busana beraneka ragam, terlebih busana yang sesuai aturan-aturan syariat. Dari aturan syari itulah, kemudian muncul nama jilbab, hijab, khimar, niqab dan burqa.
  • Hijab Dikenal di Masa Nabi Ibrahim, Disahkan Syaratnya Saat Islam Datang
    Muslimah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 20:23 WIB
    Sebagai bentuk penghormatan terhadap berbagai larangan Allah, penjaga terhadap keturunan, penyucian nasab, dan perlindungan masyarakat dari kehinaan dan kerusakaan, itulah yang mendasari persyariatan hijab bagi perempuan.
  • Hukum Mengolok-Olok Hijab
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 19:04 WIB
    Menutup aurat menjadi wajib karena saddu al-dzar?ah, yaitu menutup pintu ke dosa yang lebih besar. Khusus bagi kaum perempuan, kewajiban ini akan terlaksana dengan memakai jilbab (busana muslimah).
  • Memandang Lelaki Dibalik Jilbab, Bolehkah?
    Muslimah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 06:35 WIB
    Perempuan muslimah pun tak luput dari jerat pandangan mata, hingga terpesona atau setidaknya penasaran dengan sosok memukau bernama lelaki. Tak jarang pula, ada kaum Hawa ini yang memandang lawan jenisnya di balik kerudungnya. Bolehkah?
  • Bolehkah Shalat dengan Memakai Cadar?
    Muslimah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 08:16 WIB
    Sebagai pakaian bagi muslimah, cadar atau niqab, berbeda dengan kerudung atau jilbab. Cadar, umumnya dipakai menutup muka dan hanya menampakkan kedua mata saja.
  • Bercadar Tapi Pamer di Medsos, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 12:49 WIB
    Media jejaring sosial sudah menembus batas apa saja. Bahkan, banyak kaum muslimah saat ini juga menjadikan medsos sebagai alat untuk memamerkan eksistensinya.
  • Kisah Ibu Muda Inggris: Pemabuk yang Masuk Islam Lalu Mengenakan Niqab
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Februari 2024 - 11:17 WIB
    Seorang ibu muda yang berjuang dengan kesehatan mentalnya sepanjang hidupnya mengungkapkan bagaimana dia menemukan ketenangan dalam Islam setelah masuk agama tersebut dan memilih untuk memakai niqab.
  • Inilah Waktu yang Tepat Memakaikan Hijab pada Anak Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 16:44 WIB
    Banyak anak usia balita sudah mengenakan penutup aurat dengan aneka hijab lucu dan menggemaskan. Sebenarnya, sejak usia berapakah kewajiban berhijab ini diberlakukan?
  • Bolehkah Bercadar karena Mengikuti Tren dan Apa Perbedaannya?
    Muslimah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 11:13 WIB
    Beginilah cara membedakan antara muslimah bercadar karena mengetahui ilmunya dan yang mengenakannya karena ikut-ikutan tanpa mempelajari ilmunya atau sekadar tren belaka.
  • Kapan Seorang Muslimah Boleh Membuka Hijabnya?
    Muslimah
    Selasa, 06 September 2022 - 13:12 WIB
    Dalam keseharian, terkadang sebagian kaum muslimah memilih menggunakan jilbab atau hijab ketika hendak pergi ke luar rumah saja. Sedangkan saat beraktivitas di lingkungan rumah, sebagian dari mereka memilih untuk tidak mengenakan jilbab. Bolehkah demikian?
  • Kiat Memulai Berbusana Syari, Ini Tipsnya!
    Muslimah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 09:15 WIB
    Untuk memulai mengenakan hijab syari bagi beberapa muslimah memang merupakan tantangan tersendiri karena rasa khawatir akan pandangan orang-orang di sekitar. Apalagi bila yang bersangkutan tinggal di lingkungan yang kurang mendukung untuk menutup aurat secara syari
  • Hukum Cadar dan Celana Cingkrang Menurut 4 Mazhab
    Tausiyah
    Kamis, 14 November 2019 - 17:19 WIB
    Cadar dan celana cingkrang sempat ramai diperbincangkan menyusul adanya wacana pelarangan oleh pejabat Kemenag belum lama ini. Bagaimana sebenarnya hukum memakai cadar dan celana cingkrang?