Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 88)

  • Doa agar Haid Cepat...
    Muslimah
    Senin, 10 Januari 2022 - 09:13 WIB
    Doa agar haid cepat keluar bagi muslimah sebenarnya tidak ada secara khusus yang tercantum dalam Al-Quran maupun hadis. Akan tetapi secara umum ada doa yang ditujukan untuk kesembuhan suatu penyakit.
  • Hukum Bersedekah untuk...
    Tausyiah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 17:01 WIB
    Mungkin banyak yang bertanya apakah bersedekah atas nama orangtua yang sudah meninggal itu dibolehkan atau tidak. Berikut penjelasan betrdasarkan Hadis Nabi.
  • Hukum Miqat dari Jeddah...
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 13:45 WIB
    Wajib bagi semua jemaah haji, baik yang datang lewat udara, laut maupun darat, adalah ihram di miqat yang mereka lewati berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW ketika menentukan beberapa tempat miqat.
  • Bagaimana Hukum Orang...
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 17:10 WIB
    Syariat Islam memberi perhatian besar terhadap kewajiban puasa Ramadhan karena termasuk rukun Islam. Bagaimana hukum orang yang tidak puasa Ramadhan tanpa uzur syari?
  • Rufaidah al-Aslamiyah...
    Muslimah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 21:19 WIB
    Para shahabiyah (perempuan muslimah yang menjadi sahabat Rasulullah) memiliki peran penting dalam sejarah dan peradaban Islam. Dan di antara para shahabiyah ini, adalah Rufaidah al-Aslamiyah.
  • Arti Surat Al Maun dan...
    Tips
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 18:05 WIB
    Arti surat Al Maun adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini. Surat al Maun juga dinamakan Surat Ad Din, Surat At Takdzib, Surat Al Yatim, dan Surat Araaita
  • Tadabbur Al-Hijr Ayat...
    Hikmah
    Selasa, 05 Desember 2023 - 21:46 WIB
    Sebagaimana Al-Quran adalah Kalam Allah maka Dia menjamin kemurnian dan kesuciannya dan Dia pula yang memeliharanya. Berikut firman Allah.
  • 3 Tingkatan Puasa Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 11:44 WIB
    Menurutnya, yang dimaksud puasa umum ialah menahan perut dan kemaluan dari memenuhi kebutuhan syahwat. Puasa khusus ialah menahan telinga, pendengaran, lidah, tangan, kaki, dan seluruh anggota tubuh dari dosa.
  • Buya Yahya Ceritakan...
    Tausiyah
    Kamis, 19 Desember 2019 - 17:48 WIB
    Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon, Buya Yahya Zainul Maarif menyampaikan kisah Iblis dan Ikrimah saat Maulid Nabi di Al-Bahjah Buyut.
  • Hukum Menjenguk Ahli...
    Tips
    Minggu, 11 Desember 2022 - 13:32 WIB
    Menjenguk orang nonmuslim yang sedang sakit dibenarkan syariat, bahkan kadang-kadang bernilai qurbah dan ibadah. Lalu bagaimana hukum menjenguk muslim yang ahli maksiat?
  • Hukum Mengusap Kepala...
    Tausiyah
    Senin, 13 Januari 2020 - 22:32 WIB
    Bagaimana hukum mengusap kepala ketika berwudhu? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI) berdasarkan pandangan 4 mazhab.
  • Bagaimana Hukum Mengghibah...
    Muslimah
    Senin, 21 Februari 2022 - 10:21 WIB
    Ghibah adalah dosa besar yang telah Allah dan RasulNya telah tegas dengan permisalan yang sangat buruk. Namun bagaimana bila mengghibah orang yang sudah terkenal dengan keburukannya?
  • Pelajar Ini Mengaku...
    Tips
    Minggu, 18 Desember 2022 - 10:39 WIB
    Seorang pelajar sekolah lanjutan mengaku mudah terangsang kepada Syaikh Yusuf al-Qardhawi. Keadaan ini membuat dirinya repot karena harus sering mandi dan mencuci pakaian dalam.
  • Bangun Ponpes Bernuansa...
    Hikmah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 21:31 WIB
    Kabar gembira bagi kaum muslim di Tanah Air yang ingin merasakan nuansa belajar seperti di negeri Hadhramaut, Yaman. Sebuah Ponpes berkonsep Al-Hawthah Hadhramaut akan hadir di Bogor, Jawa Barat.
  • 10 Tanda Hati yang Sehat...
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 08:02 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hatiadalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.
  • Polemik Wahabi: Pendirinya...
    Dunia Islam
    Selasa, 01 November 2022 - 13:16 WIB
    Belakangan ini polemik mengenai Wahabi lumayan ramai, menyeusul keluarnya rekomendasi PBNU agar pemerintah melarang penyebaran paham Wahabi Lalu, siapa sejatinya Wahabi dan pendiri Wahabi tersebut?
  • Budha dan Hindu Termasuk...
    Tausyiah
    Senin, 24 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Setiap umat yang memiliki kitab yang dapat diduga sebagai kitab suci (samawi), maka mereka juga dicakup oleh pengertian Ahl Al-Kitab, seperti halnya orang-orang Majusi.
  • Berikut Ini Khasiat...
    Hikmah
    Selasa, 05 September 2023 - 17:10 WIB
    Dibacakan di depan barang yang disimpan maka barang tersebut akan terjaga. Jika menulisnya di malam Jumat setelah Isya lalu dia membawanya untuk menemui penguasa maka dia akan selamat dari kejahatannya.
  • Surat An-Nas Lengkap...
    Tips
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 19:36 WIB
    Surat An-Nas lengkap Arab, latin dan keutamaan perlu diketahui umat muslim. Surat ini memiliki keutamaan besar sebagai wasilah perlindungan dari segala keburukan.
  • Pelajaran di Balik Terjadinya...
    Hikmah
    Kamis, 26 Maret 2020 - 05:07 WIB
    Dunia medis menemukan setiap makhluk hidup, memiliki materi genetik yang terdiri kromosom, gen, DNA, dan RNA, yang akan diturunkan melalui proses reproduksi