Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 50)

  • Zunnun al-Misri Capai...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Oktober 2022 - 13:22 WIB
    Zunnun al-Misri mencapai maqam makrifat dalam dunia sufi. Ia mengaku dirinya memperoleh makrifah karena kemurahan hati Tuhan. Apa sejatinya maqam makrifah itu?
  • Bagaimana Hukum Merayakan...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Pergantian tahun sudah diambang pintu, lantas bagaimana hukumnya umat Islam merayakan tahun baru masehi tersebut? Boleh atau tidak, bagaimana dalilnya?
  • Kisah Budak Perempuan...
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:09 WIB
    Memainkan rebana pada momen kebahagiaan bukanlah hal terlarang karena Nabi Muhammad ? sendiri pernah membiarkan seorang budak perempuan menabuh rebana di hadapan Beliau.
  • Begini Gambaran Tradisi...
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 13:58 WIB
    Tata kehidupan dan kebiasaan masyarakat Islam untuk berkhidmah terhadap akidah dan ibadahnya, pemikiran dan perasaannya, kemudian akhlak dan kemuliaannya.
  • Akibat Dosa Zina, Salah...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 13:57 WIB
    Zina termasuk ke dalam Al-Kabaair dan akan lebih besar lagi dosanya apabila kita melihat siapa yang melakukannya dan kepada siapa. Kalau zina itu dilakukan oleh orang yang telah tua, maka dosanya akan lebih besar.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Fadillah dan Khasiat...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 17:27 WIB
    Al-Quran adalah sumber petunjuk dan pembeda antara yang haq dan bathil. Salah satu mukjizat Al-Quran adalah Asy-Syifa yang artinya obat penyembuh. Berikut fadillah Ayat Lima.
  • Keutamaan Kota Mekkah...
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 22:33 WIB
    Kota Mekkah (Makkah Al-Mukaramah) merupakan tempat paling mulia di muka bumi. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa kota ini memiliki banyak keistimewaan.
  • Khasiat Surat Al-Munafiqun,...
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:13 WIB
    Khusus keistimewaan surat Al-Munafiqun, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan dibacakan kepada orang terkena penyakit bisul maka insya Allah dia akan sembuh
  • Manfaat Baca Al-Quran...
    Tips
    Kamis, 13 Januari 2022 - 22:58 WIB
    Ada amalan berfaedah besar menjelang waktu Sholat Zuhur, yaitu tidur sebentar dan sholat sunah empat rakaat. Waktu menjelang Zuhur juga dapat diisi dengan membaca Al-Quran.
  • 7 Cara Menghindari Zina...
    Tausyiah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 10:31 WIB
    Dalam islam, setiap muslim dilarang mendekati zina, karena perbuatan ini adalah dosa besar yang dampaknya tidak hanya di akhirat, di dunia pun akan mendapat balasanyang berat.
  • Keutamaan dan Keistimewaan...
    Hikmah
    Rabu, 20 November 2019 - 20:21 WIB
    Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat yang diulang terus menerus dalam Alquran atau disebut Sabul Matsani. Berikut keistimewan dan keutamaannya.
  • Rezeki Mengalir Deras...
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 15:14 WIB
    Surat Al-Waqiah adalah salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari.
  • Keutamaan Surah Al-Mulk...
    Tausiyah
    Jum'at, 29 November 2019 - 18:02 WIB
    Rasulullah SAW menyebutkan tentang keutamaan Surah Al-Mulk ini di antaranya, menjaga dan memelihara pembacanya dari azab kubur.
  • Dosa dan Laknat Rasulullah...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 09:52 WIB
    Selain tergolong dosa besar, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam melaknat kaum lelaki yang berpenampilan dan berperilaku menyerupai wanita dan sebaliknya. Bahkan Islam menghukuminya haram.
  • Kisah Hikmah: Tiga Pertanyaan...
    Hikmah
    Senin, 15 Mei 2023 - 09:47 WIB
    Dia adalah Muawiyah bin Abu Sufyan merupakan salah seorang sahabat di masa Rasulullah SAW, dan sempat diangkat sebagai salah seorang pencatat wahyu setelah bermusyawarah dengan Malaikat Jibril
  • Bagaimana Hukum Berkurban...
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 20:31 WIB
    Para ulama berbeda pendapat perihal memindahkan hewan kurban ke luar daerah domisili orang yang berkurban. Para ulama menggunakan logika yang sama dalam memandang hewan kurban dan zakat.
  • Hati-hati dengan Prank,...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Juni 2021 - 23:10 WIB
    Di era internet sekarang, istilah Prank sudah dianggap trend bagi kalangan anak muda. Bagaimana pandangan Islam terhadap Prank? Berikut ulasannya.
  • Nasihat Imam Al-Ghazali...
    Tausiyah
    Sabtu, 05 Oktober 2019 - 16:18 WIB
    Manusia memang diperintahkan oleh Allah Taala untuk berikhtiar, berusaha dan bekerja untuk mencari nafkah.
  • Ayat-ayat Al-mu’awwidzaat,...
    Tips
    Rabu, 19 April 2023 - 10:06 WIB
    Setiap orang tua dianjurkan untuk sering membaca doa memohon penjagaan dan perlindungan bagi anak-anaknya di waktu pagi dan sore, atau di waktu kapan pun.
  • Inilah 3 Dosa Besar...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 November 2021 - 18:00 WIB
    Dari banyak jenis dosa dan kesalahan manusia, ada tiga dosa besar yang ancamannya sangat keras. Orang yang melakukan dosa ini akan mendapat azab berlipat ganda.