Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 54)

  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 08:11 WIB
    Hukum tajwid Surat An-Nas penting dipelajari umat Islam agar tidak salah ketika membacanya. Surat An-Nas terdiri 6 ayat diturunkan sesudah Surat Al-Falaq.
  • Bolehkah Bercadar karena...
    Muslimah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 11:13 WIB
    Beginilah cara membedakan antara muslimah bercadar karena mengetahui ilmunya dan yang mengenakannya karena ikut-ikutan tanpa mempelajari ilmunya atau sekadar tren belaka.
  • Hukum Bacaan Surat Thaha...
    Tips
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:05 WIB
    Bacaan surat Thaha ayat ke-8 menarik untuk menjadi kajian lantaran memiliki kaidan bacaan yang perlu diperhatikan. Surat ini masuk dalam golongan surat Makkiyah.
  • Hukum Menyusahkan Istri,...
    Tausyiah
    Senin, 02 September 2024 - 17:00 WIB
    Seorang suami tidak boleh menyusahkan dan berbuat yang tidak baik dalam pergaulannya dengan istri, dengan maksud supaya istrinya itu mau menebus dirinya.
  • Ini Pacaran yang Boleh...
    Tausyiah
    Rabu, 11 September 2024 - 13:26 WIB
    Ustaz Hanan Attaki merupakan seorang pendakwah kondang yang populer di kalangan anak muda. Salah satu alasannya karena ceramah yang dibawakan memiliki gaya kekinian dan relevan dengan anak muda.
  • Puasa Syawal Keberkahannya...
    Hikmah
    Kamis, 11 April 2024 - 12:33 WIB
    Memasuki bulan Syawal, amalan yang paling dianjurkan adalah melaksanakan puasa sunnah selama 6 hari. Bahkan disebutkan bahwa puasa sunah 6 hari di bulan Syawal tersebut, disetarakan seperti puasa setahun penuh. Benarkah demikian?
  • Hukum Menyimpan Daging...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juli 2021 - 18:27 WIB
    DI era kini, dengan adanya alat pendingin, tak sedikit dari umat Islam yang menyimpan daging kurban sampai berhari-hari. Lalu bagaimana hukum perbuatan semacam ini?
  • Inilah Cara Berdandan...
    Muslimah
    Senin, 29 Juni 2020 - 12:41 WIB
    Kosmetika seperti sudah menjadi kebutuhan dasar kaum wanita. Fitrah wanita yang ingin selalu tampil cantik dan menarik, membuat kosmetika dan wanita dua hal yang tidak bisa dipisahkan
  • Apakah Berenang Membatalkan...
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 10:01 WIB
    Agar tubuh tetap fit saat berpuasa kita juga dianjurkan tetap rajin berolahraga. Salah satu olahraga favorit adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?
  • Bolehkah Menggabungkan...
    Muslimah
    Selasa, 12 April 2022 - 11:53 WIB
    Banyak di kalangan muslimah, ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan terselip niat puasa sambil berdiet, karena menilai puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Bolehkah dilakukan dan bagaimana hukumnya?
  • Benarkah Rasulullah...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 17:33 WIB
    Salah satu mukjizat Nabi Muhammad adalah bisa menunjukkan batu kerikil bertasbih di tangannya. Namun, benarkah Nabi SAW bila bertasbih menggunakan kerikil?
  • Apa Hukum Berzikir di...
    Tausiyah
    Selasa, 29 Mei 2018 - 17:19 WIB
    Mereka yang salat Tarawih berjamaah membaca beberapa zikir di sela-sela dua atau empat rakaat Tarawih. Apa pendapat Islam dalam masalah ini? Beriktu penjelasan Ustaz Abdul Somad.
  • Apa Hukum Bersin dan...
    Tausiyah
    Kamis, 30 Mei 2019 - 10:01 WIB
    Mungkin banyak di antara kita yang pernah bersin lalu mengucap Alhamdulillah ketika salat. Bolehkah membaca doa ketika sedang salat, padahal doa itu tidak diajarkan Rasulullah?
  • Apakah Haji adalah Gelar?...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Umumnya, jemaah yang sudah melaksanakan ibadah haji digelari atau predikat haji oleh masyarakat di lingkungannya. Benarkah haji adalah gelar? Bagaimana hukum menyematkannya?
  • Adakah Sanksi Syariat...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:20 WIB
    Hukum melaksanakan kurban adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan bagi yang mampu). Karena itu makruh bagi orang yang mampu jika ia tidak melaksanakannya. Namun, ada khilaf tentang hukum berkurban dimana Imam Abu Hanifah mewajibkannya.
  • Hukum Makan Lele yang...
    Tips
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 22:32 WIB
    Ikan lele termasuk makanan favorit dan banyak dijumpai di rumah makan atau warung. Bagaimana hukum mengonsumsi ikan lele yang diberi pakan kotoran manusia?
  • Hukum Mencabut dan Mewarnai...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 15:12 WIB
    Hukum mencabut dan mewarnai uban telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lalu. Berikut penjelasan rinci dari berbagai Hadis Nabi.
  • Hukum Bekerja di Militer...
    Tausyiah
    Senin, 05 Agustus 2024 - 13:30 WIB
    Seorang muslim tidak halal bekerja sebagai prajurit dalam ketenteraan yang memerangi kaum muslimin atau bekerja sebagai pegawai dalam suatu pabrik yang memproduksi senjata untuk memerangi kaum muslimin
  • Hukum Mimisan dan Memukul...
    Tausyiah
    Selasa, 28 April 2020 - 08:45 WIB
    Ketika sedang melaksanakan salat, tiba-tiba kita mimisan atau kita memukul nyamuk yang ternyata ada darahnya, bagaimana hukum shalat kita? Bukankah darah itu adalah najis?
  • Bagaimana Hukum Mengembalikan...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juli 2024 - 14:18 WIB
    Bagaimana hukum mengembalikan atau meminta kembali barang barang seserahan khitbah (lamaran) karena batal menikah? Begini penjelasannya dalam aturan Islam