Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 58)

  • Hukum Musik dan Nyanyian,...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Mei 2024 - 14:17 WIB
    Begitupun nyanyian-nyanyian yang seronok serta memuji-muji kecantikan dan kegagahan seseorang, merupakan nyanyian yang bertentangan dengan adab-adab Islam sebagaimana diserukan oleh Kitab Sucinya:
  • 8 Kesalahan dalam Ibadah...
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 12:55 WIB
    Hari Raya Iduladha identik dengan ibadah kurban. Bagi umat Muslim yang berniat untuk mendapat limpahan pahala, bisa segera berkurban di momen tersebut.
  • Renungan: Menagih Janji...
    Hikmah
    Minggu, 18 April 2021 - 04:52 WIB
    Ada satu kisah tentang seorang sufi Khwaja Maruf Karkhi yang asyik dalam kontemplasi. Dia berdiri di bawah tahta ilahi, menyanyi memuji Allah dalam kelimpahan syukur.
  • Hukum Membaca Surat...
    Tausyiah
    Senin, 27 Mei 2024 - 16:50 WIB
    Hukum membaca Surat Yasin bagi orang yang akan berangkat haji ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Mengingat, tradisi tersebut masih banyak dilakukan di rumah orang yang hendak berangkat haji.
  • Manfaat Puasa Saat Hamil...
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 10:53 WIB
    Salah satu manfaat terbesar puasa adalah agar setiap orang Islam mendapat predikat muttaqin, yakni orang yang bertakwa. Karena dengan ketakwaanlah seseorang akan mendapat ridha Allah dan pahala surganya Allah Taala.
  • Rasyid Ridha Ditanya...
    Dunia Islam
    Senin, 25 Desember 2023 - 19:16 WIB
    Hal ini menurutnya bermula dan pertanyaan seseorang dari Jawa (Indonesia) tentang hukum mengawini wanita-wanita penyembah berhala semacam orang-orang Cina (dan memakan sembelihan mereka).
  • Hukum Fotografi Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 21:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan semua persoalan gambar dan menggambar yang dilarang dalam Islam adalah gambar-gambar yang dipahat atau dilukis alias patung.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 19:06 WIB
    Mempelajari tajwid Surat Al Furqon ayat 2 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Pasalnya membaca ayat suci Al - Quran sesuai dengan tajwid atau hukum bacaan adalah hal yang wajib dilakukan.
  • Ada 3 Jenis Hakim, Kebanyakan...
    Hikmah
    Kamis, 01 Februari 2024 - 15:49 WIB
    Jabatan hakim merupakan jabatan yang sangat berisiko karena banyaknya hakim yang masuk neraka jika dia zalim, dan tidak berhukum dengan hukum Allah.
  • Mana Lebih Didahulukan,...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 20:39 WIB
    Menikah maupun naik haji adalah ibadah yang sama-sama penting dan menjadi kewajiban bagi yang mampu. Pertanyaannya, manakah lebih didahulukan, menikah atau menunaikan haji?
  • Berkurban Atas Nama...
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
    Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?
  • Membaca Al-Quran Tanpa...
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 16:46 WIB
    Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia. Namun bagaimana ketika kita membaca Al-Quran tanpa tahu artinya? Masihkah mendapat pahala?
  • Dahsyatnya Harta Qarun,...
    Hikmah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Harta karun memang diidentikkan dengan Qarun, seorang saudagar kaya raya pada zaman Nabi Musa. Harta kekayaannya sangat fantastis, sayangnya dia lupa dan hurhaka kepada Allah.
  • Hukum Seputar Salat:...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 13:46 WIB
    Dapat ditarik kesimpulan bahwa pada saat itidal yang disunnahkan adalah melepaskan kedua tangan. Adapun apabila yang bersedekap tidak sampai membatalkan salat.
  • Hukum Berkarier Bagi...
    Muslimah
    Minggu, 11 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Menjadi wanita karier menjadi dambaan banyak muslimah. Wanita karier adalah wanita yang memasuki dunia usaha atau pekerjaan dan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah
  • Cara Menghitung 1.000...
    Tips
    Rabu, 17 April 2024 - 19:27 WIB
    Panduan lengkap mengenai cara menghitung 1000 hari orang meninggal, beserta rumus yang diperlukan dan prinsip tahlilan yang menarik, akan dijelaskan dengan cermat dalam artikel ini.
  • Permudah Masyarakat...
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 20:53 WIB
    Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan produk bernama Zakat Self Service (ZSS). Mesin yang terinspirasi dari mesin ATM ini memiliki layanan yang cepat dan akurat dalam memudahkan aktivitas zakat, infak, atau sedekah (ZIS) di ruang publik seperti rumah sakit hingga pusat perbelanjaan.
  • Tata Cara Sholat Idul...
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 17:13 WIB
    Tata cara sholat Idul Fitri dikerjakan secara berjamaah. Sholat Idul Fitri sendiri adalah sholat yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriah setelah berakhirnya bulan Ramadan.
  • Mengumbar Aib Pasangan...
    Tausyiah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 09:18 WIB
    Islam sangat melarang dan mengharamkan menceritakan aib orang lain, termasuk pasangan dalam rumah tangga. Bahkan ancamannya bakal didapatkan hingga di hari akhir (kiamat) kelak.
  • Arti Naskh: Bukan Mustahil...
    Hikmah
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 07:23 WIB
    Ada di antara mereka yang beranggapan bahwa suatu ketetapan hukum yang ditetapkan oleh satu kondisi tertentu telah menjadi mansukh apabila ada ketentuan lain yang berbeda akibat adanya kondisi lain.