Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 35)

  • Ali bin Abi Thalib Menikahi...
    Hikmah
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 16:14 WIB
    Sejarawan mengatakan bahwa pernikahan Ali bin Abi Thalib ra dengan Fatimah binti Rasulullah SAW ra terjadi pada bulan Muharram tahun ke-3 Hijriah.
  • Hadis: Salat Berjamaah...
    Hikmah
    Rabu, 22 November 2023 - 06:09 WIB
    Hadis berikut ini menunjukkan bahwa jemaah paling sedikit adalah yang terdiri dari imam dan satu makmum. Salat berjamaah walaupun hanya berdua lebih utama daripada salat sendirian
  • Doa saat Menggiring...
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 09:35 WIB
    Membaca doa ketika berkurban adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah.
  • Permudah Masyarakat...
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 20:53 WIB
    Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan produk bernama Zakat Self Service (ZSS). Mesin yang terinspirasi dari mesin ATM ini memiliki layanan yang cepat dan akurat dalam memudahkan aktivitas zakat, infak, atau sedekah (ZIS) di ruang publik seperti rumah sakit hingga pusat perbelanjaan.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 09:36 WIB
    Hukum Tajwid Surat Al Maidah ayat 8 ini perlu dipahami oleh setiap muslim supaya mengetahui kapan harus membaca dengan panjang, dengung, atau jelas.
  • Inilah Pantangan Ibu...
    Muslimah
    Senin, 03 Januari 2022 - 15:22 WIB
    Adakah pantangan ibu hamil menurut Islam? Misalnya saja, ibu hamil dilarang mengejek orang cacat, dilarang membunuh binatang, dilarang duduk di depan pintu, dan lain sebagainya. Benarkah demikian?
  • Pengertian dan Definisi...
    Tausyiah
    Senin, 27 November 2023 - 11:24 WIB
    Pengertian dan definisi nikah disampaikan beragam oleh para ulama. Bahkan ulama dari 4 mazhab berbeda-beda dalam mendefinisikan tentang pernikahan.
  • Hukum Mengeluh bagi...
    Tips
    Minggu, 25 Desember 2022 - 09:35 WIB
    Tidak mengapa bagi si sakit untuk mengeluhkan rasa sakit dan penderitaannya kepada dokter atau perawatnya, kerabat atau temannya, selama hal itu dilakukan tidak untuk menunjukkan kebencian kepada takdir.
  • Kewajiban Haji: Hukum...
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 12:13 WIB
    Syaikh Abdul Aziz mengatakan yang lebih hati-hati adalah melontar sebelum Maghrib bagi orang yang mampu melakukan demikian itu karena berpedoman kepada Sunnah dan keluar dari perselisihan.
  • Hukum Memakai Obat Penunda...
    Muslimah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 08:10 WIB
    Hukum memakai obat penunda haid agar bisa berpuasa Ramadan, kerap dipertanyakan kaum muslimah. Hal ini, terkait kondisi kaum muslimah yang kondratnya harus mengalami siklus bulanan yakni haid
  • Beda Pendapat Hukum...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 03:06 WIB
    Idul fitri ditandai dengan salat dua rekaat, biasanya di lapangan atau di masjid. Di era corona ini, ulama menyarankan salat di rumah saja bersama keluarga. Lalu, bagaimana hukum salat id?
  • Lelaki ini Menceraikan...
    Hikmah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 18:48 WIB
    Seorang lelaki menceraikan empat orang istrinya dalam satu hari, dan menceraikan istri tetangganya. Aneh, barangkali. Berikut kisah yang disampaikan penyair top di era Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan penerapan syariat bukanlah khusus diberlakukan atas para penguasa saja, meskipun mereka adalah orang yang pertama kali dituntut karena mereka memegang kekuasaan di tangannya.
  • Bolehkah Menyerahkan...
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:41 WIB
    Mazhab Malikiyah dan Syafiiyah menyatakan, tidak boleh memberikan zakat kepada kerabat yang si pemberi zakat berkewajiban menanggung nafkah mereka.
  • Hukum Utang Tidak Dibayar...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 18:59 WIB
    Hukum utang tidak dibayar padahal dalam kondisi mampu melunasinya tidak dibenarkan dalam Islam. Utang wajib dibayar. Konsekuensi tidak membayar utang dalam Islam amat berat.
  • Bolehkah Menikah dengan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 November 2022 - 05:15 WIB
    Bolehkah menikah saudara tiri? Bagaimana hukumnya dalam Islam? Bagaimana pula kaitannya dengan mahram? Beberapa pertanyaan soal pernikahan ini umum terjadi dalam masyarakat kita.
  • Apakah Boleh Zakat Fitrah...
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 05:15 WIB
    Apakah boleh Zakat Fitrah dengan uang? Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam Bukunya Itikaf, Qiyam al-Lail, Shalat Ied dan Zakat Al-Fithr di Tengah Wabah.
  • Imam Syafii Tak Pernah...
    Tausyiah
    Senin, 27 September 2021 - 18:13 WIB
    Masih ada saja yang nyinyir ketika membahas boleh tidaknya membaca Al-Quran di kuburan. Ustaz Hanif Luthfi Lc MA meluruskan hukum baca Al-Quran dan kirim Al-Fatihah ini.
  • Kisah Abdul Muthalib...
    Hikmah
    Rabu, 11 September 2024 - 16:31 WIB
    Abdul Muthalib ingin mempunyai anak laki-laki yang banyak agar dapat memberi bantuan kepadanya. Ia bernazar, jika memperoleh anak laki-laki 10 orang maka akan mengorbankan seorang di antaranya.
  • Status Utang Puasa Orang...
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Menurut jumhur ulama, orang yang sejak kecil terlahir sebagai orang yang bukan muslim, ketika ia masuk Islam, tidak diwajibkan untuk mengganti semua perintah dan kewajiban agama.