Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 57)

  • Hukum Musik dan Lagu...
    Tausyiah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:21 WIB
    Musik dan lagu boleh menurut syariat Islam. Hanya saja, Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengingatkan hendaklah nyanyian itu jangan berlebihan sebagaimana juga barang-barang lain yang diperbolehkan.
  • Ahli Hukum Islam Saja...
    Hikmah
    Senin, 06 Juli 2020 - 08:01 WIB
    Salah seorang ahli fikih resah akan perkara hukum yang dimilikinya. Hingga akhirnya keresahan sang fakih tadi mengarahkannya untuk menemui Abu Nawas.
  • Ali bin Abi Thalib Menikahi...
    Hikmah
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 16:14 WIB
    Sejarawan mengatakan bahwa pernikahan Ali bin Abi Thalib ra dengan Fatimah binti Rasulullah SAW ra terjadi pada bulan Muharram tahun ke-3 Hijriah.
  • Mengapa Kemenangan bagi...
    Tausyiah
    Senin, 03 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Mengapa kemenangan bagi Palestina tidak disegerakan? Prof Dr Raghib Sirjani mengungkap bahwa pertanyaan yang sama juga pernah disampaikan oleh seorang sahabat bernama Khabab kepada Rasulullah SAW.
  • Tak Ada Sholat Qabliyah...
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 19:36 WIB
    Dalam sholat idul fitri tidak ada azan dan iqamah. Juga tanpa shalat qabliyah dan bakdiyah. Sejak malam Id takbir sudah dikumandangkan berulang-ulang, semua bersuka cita menyambut datangnya hari raya Idul Fitri.
  • Anjuran Mengqadha Sholat...
    Tausyiah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 16:44 WIB
    Bagi Anda yang pernah meninggalkan sholat wajib (sholat fardhu 5 waktu) baik karena lupa atau sengaja, maka diperintahkan untuk meng-qadhanya.
  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Rabu, 07 Desember 2022 - 23:12 WIB
    Hukum bacaan tajwid Surat Al-Kahfi penting dipelajari kaum muslim agar tidak keliru ketika membacanya. Berikut tajwid Surat Al-Kahfi ayat 1-3 dan penjelasannya.
  • Membayar Zakat Fitrah...
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 13:09 WIB
    Sebagai ulama kharismatik dan ahli tafsir Al Quran, wajar saja pendapat Gus Baha menjadi rujukan dan fatwa bagi persoalan hukum dalam Islam. Salah satunya adalah soal rokok.
  • Anjuran Menyemir Uban...
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:43 WIB
    Menyemir uban dalam Islam termasuk perkara yang disunnahkan. Rasulullah shollallahu alaihi wasallam memerintahkan umatnya menyemir uban untuk menyelisihi ahli kitab.
  • Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi...
    Tips
    Senin, 08 Mei 2023 - 12:14 WIB
    Hukum bacaan ikhfa syafawi adalah apabila ada mim mati atau sukun ( ?? ) bertemu dengan huruf Ba ( ? ). Cara membaca hukum ikhfa syafawi yaitu harus dibaca samar samar di antara dua bibir dan dibunyikan dengan dengung.
  • Dalil-Dalil yang Mewajibkan...
    Tausyiah
    Senin, 19 Juli 2021 - 19:15 WIB
    Setidaknya ada enam hadis yang dijadikan landasan ulama yang berpendapat bahwa hukum berkurban wajib bagi tiap muslim yang mampu. Abu Hanifah dan Imam Malik, termasuk yang mewajibkan.
  • 5 Golongan yang Diperbolehkan...
    Muslimah
    Senin, 11 April 2022 - 05:15 WIB
    Bulan suci Ramadhan, adalah waktunya bagi setiap muslim menjalankan puasa wajib. Namun demikian, ada beberapa golongan yang diperbolehkan tidak berpuasa karena alasan yang disyariatkan.
  • Siapa Saja yang Tidak...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juni 2024 - 14:50 WIB
    Biasanya wanita dinikahi karena hartanya, atau keturunannya, atau kecantikannya, atau karena agamanya. Jatuhkan pilihanmu atas yang beragama, (karena kalau tidak) engkau akan sengsara.
  • Bolehkah Membatalkan...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 15:30 WIB
    Bolehkah membatalkan sholat ketika terjadi gempa bumi? Seperti diketahui, Indonesia termasuk salah satu negara yang sering mengalami gempa bumi.
  • Agar Tidak Menimbulkan...
    Muslimah
    Selasa, 25 Juni 2024 - 15:51 WIB
    Islam sangat memerhatikan adab dan etika ketika berbicara dengan lawan jeni. Apalagi antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya. Bagaimana etika dan apa saja adabnya?
  • Doa-doa Pendek saat...
    Tips
    Senin, 19 Desember 2022 - 13:36 WIB
    Aqiqah adalah sunnah Rasul yang didefinisikan sebagai penyembelihan hewan pada hari ketujuh dan seterusnya sambil mencukur rambutnya.
  • Bagaimana Hukum Mengembalikan...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juli 2024 - 14:18 WIB
    Bagaimana hukum mengembalikan atau meminta kembali barang barang seserahan khitbah (lamaran) karena batal menikah? Begini penjelasannya dalam aturan Islam
  • Hukum Asal Masalah Agama...
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 08:49 WIB
    Hukum asal masalah agama/ibadah adalah terlarang sampai ada dalil yang mensyariatkannya, sedangkan hukum asal semua urusan muamalah dunia adalah boleh sampai ada dalil yang melarangnya
  • Inilah Rambu-Rambu Berdandan...
    Muslimah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Kebanyakan kaum wanita pasti suka berhias atau berdandan, dan hal ini tidak dilarang dalam Islam. Hanya saja, Islam memberi rambu-rambu agar dandanan muslimah tidak berdampak pada murkanya Allah.