Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 18)

  • Izhar Halqi: Pengertian,...
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 18:11 WIB
    Pengertian, hukum dan contoh bacaan Izhar Halqi akan dibahas dalam artikel ini. Membaca Al-Quran menggunakan ilmu tajwid hukumnya fardhu ain bagi setiap muslim.
  • Hukum Mengucapkan Selamat...
    Tausyiah
    Minggu, 25 Desember 2022 - 07:30 WIB
    Bagaimana sebenarnya hukum mengucapkan Selamat Natal atau memberikan ucapan selamat (Tahniah) kepada umat Kristiani? Dalam hal ini ada dua pendapat. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Mimpi Basah dalam...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 15:04 WIB
    Mimpi basah sering terjadi pada masa remaja dan awal masa dewasa muda, tetapi juga terjadi pada orang dewasa. Dalam perspektif Islam, mimpi basah disebut dengan istilah ihtilam.
  • Beginilah Akhir Tragis...
    Hikmah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Kata mereka, Kami menyambut gembira dengan kemenangan jika kami mendengar celaan mereka kepada Nabi SAW sekalipun hati kami penuh amarah dengan ucapan mereka tersebut.
  • Hukum Merenggangkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Di masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tetap menjaga jarak. Lantas bagaimana hukum merenggangkan saf dalam salat berjamaah di tengah pandemi Covid-19?
  • Kisah Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 03:05 WIB
    Kisah Rasulullah SAW dan sahabat kesiangan sehingga melewatkan waktu Subuh menarik untuk dikaji. Kisah ini menjadi jawaban syariat bagi yang tidak sholat karena tertidur.
  • Bolehkah Wanita Memakai...
    Muslimah
    Rabu, 21 Agustus 2024 - 10:31 WIB
    Bolehkah wanita memakai cincin dalam Islam? Pertanyaan ini terkait dengan hukum memakai perhiasan emmas yang melingkar menurut syariat Islam.
  • Hukum Membayar Kafarat...
    Muslimah
    Senin, 27 Maret 2023 - 12:06 WIB
    Salah satu pembatal puasa dan merupakan dosa di bulan Ramadan adalah berjimak di siang hari. Maka, yang melakukannya wajib bertauba disamping kewajiban membayar kafarat (tebusan).
  • Hukum Membawa HP Berisi...
    Tips
    Senin, 14 Maret 2022 - 23:23 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang bertanya tentang hukum membawa HP berisi aplikasi Al-Quran ke toilet atau kamar mandi. Bolehkah?
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Kamis, 25 Juli 2024 - 09:42 WIB
    Hukum tajwid Surat Al Kahfi ayat 110 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Hukum Selingkuh dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 22 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Perselingkuhan atau selingkuh kembali ramai diperbincangkan di kalangan masyarakat. Bagaimana sebenarnya Islam memandang tentang perselingkuhan ini? Dan bagaimana hukumnya dalam syariat?
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 19:57 WIB
    Hukum tajwid surat Yasin ayat 51 ini bisa menjadi bahan belajar bagi setiap muslim untuk memahami hukum bacaan Al Quran. Mengingat hukum mempelajari ilmu tajwid adalah adalah fardhu kifayah.
  • Memanjangkan dan Memelihara...
    Muslimah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 15:04 WIB
    Memiliki kuku panjang yang bersih, sehat dan cantik, tengah menjadi tren saat ini. Tak hanya dilakukan oleh kaum wanita saja, beberapa kaum pria pun juga sudah banyak yang memanjangkan dan memelihara kuku ini dengan berbagai alasan.
  • Apakah Berenang Membatalkan...
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 10:01 WIB
    Agar tubuh tetap fit saat berpuasa kita juga dianjurkan tetap rajin berolahraga. Salah satu olahraga favorit adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya seruan untuk berijtihad bukan sekadar asal-asalan dan membuka pintunya kepada setiap orang yang mengaku dengan lantang padahal belum terpenuhi syarat-syarat utama dalam ijtihad.
  • Hukum Memakai Behel...
    Muslimah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 07:10 WIB
    Bagaimana hukumnya memakai behel gigi dalam Islam? Hukum ini penting diketahui umat Islam, mengingat tengah tren-nya penggunaan alat metode kecantikan tersebut.
  • Hukum Mengucapkan Selamat...
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Hukum mengucapkan selamat natal untuk seorang Muslim adalah boleh. Prof Dr Muhammad Quraish Shihab berpendapat Al-Quran mengabadikan dan merestui ucapan selamat Natal pertama dari dan untuk Nabi Isa as.
  • Beriringan, Hukum Negara...
    Muslimah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 06:45 WIB
    Kehidupan pernikahan menurut syariat Islam adalah mewujudkan rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Islam juga mengatur standar kedewasaan untuk menikah terhindar dari pelanggaran syariat Islam.
  • Apakah Air Banjir Masuk...
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 15:59 WIB
    Bencana alama banjir saat ini melanda berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana hukum air banjir menurut pandangan syariat, apakah masuk kategori najis atau boleh digunakan berwudhu?
  • Gus Baha Jelaskan Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 22:45 WIB
    Ulama ahli Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin) menjelaskan hukum utang di bank yang banyak terjadi di Indonesia. Berikut penjelasan Gus Baha.