Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 49)

  • Belajar dari Umar bin...
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya aku khawatir jika aku membawa kebenaran pada manusia secara spontan, maka mereka pun menolaknya secara spontan juga, sehingga dari sinilah munculnya fitnah.
  • Hukum Wanita Haid Berlama-lama...
    Muslimah
    Jum'at, 15 April 2022 - 11:48 WIB
    Salah satu amalan yang dapat dilakukan perempuan yang sedang haid saat bulan puasa ini adalah mendengarkan kajian atau majelis taklim sebagai ikhtiar menuntut ilmu
  • Hukum Mencabut Uban...
    Tips
    Kamis, 16 Desember 2021 - 16:46 WIB
    Uban atau rambut yang memutih sering diasumsikan sebagai tanda seseorang mulai menua. Berikut hukum mencabut uban dan keutamaan memeliharanya.
  • Hukum Berkumpul di Rumah...
    Tips
    Senin, 22 November 2021 - 17:50 WIB
    Banyak yang bertanya tentang hukum berkumpul di rumah mayit, menjamu tamu dan mendoakannya. Ada yang menyebutnya sebagai Niyahah, benarkah demikian?
  • Hukum Musik dan Menyanyi...
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 08:09 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan di antara hiburan yang dapat menghibur jiwa dan menenangkan hati serta mengenakkan telinga, ialah nyanyian. Hal ini dibolehkan oleh Islam.
  • Mengenal Istighosah,...
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 13:38 WIB
    Istighosah sudah sangat akrab dengan kaum muslimin. Istighosah termasuk doa. Yakni doa dengan tingkat permohonan yang sangat mendesak, ingin dikabulkan.
  • Ibu Hamil Masih Punya...
    Muslimah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 10:00 WIB
    Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang diperbolehkan tidak menjalankan ibadah puasa termasuk di Bulan Ramadan nanti. Tapi kalo masih ada utang puasa, bagaimana cara menggantinya?
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Jum'at, 19 Juli 2024 - 09:26 WIB
    Hukum tajwid Surat Al Buruj ayat 1-3 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Hukum Nikah Mutah dalam...
    Tips
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 15:12 WIB
    Nikah Mutah atau dikenal dengan istilah kawin kontrak adalah pernikahan dalam tempo masa tertentu. Berikut pandangan Islam terhadap nikah mutah.
  • Adakah Sanksi Syariat...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:20 WIB
    Hukum melaksanakan kurban adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan bagi yang mampu). Karena itu makruh bagi orang yang mampu jika ia tidak melaksanakannya. Namun, ada khilaf tentang hukum berkurban dimana Imam Abu Hanifah mewajibkannya.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 19:04 WIB
    Hukum tajwid surat Al Maarij ayat 1-5 ini bisa menjadi bahan belajar bagi setiap muslim untuk memahami hukum bacaan. Mengingat hukum mempelajari ilmu tajwid adalah adalah fardhu kifayah.
  • Lelaki ini Menceraikan...
    Hikmah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 18:48 WIB
    Seorang lelaki menceraikan empat orang istrinya dalam satu hari, dan menceraikan istri tetangganya. Aneh, barangkali. Berikut kisah yang disampaikan penyair top di era Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Istri Pengin Bercadar,...
    Muslimah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 09:01 WIB
    Ketika seorang istri ingin memakai cadar, haruskah ia meminta ijin suaminya terlebih dahulu? Bagaimana hukum cadar sebenarnya dalam syariat?
  • Debat Capres Cawapres:...
    Hikmah
    Selasa, 23 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Kata shura bermakna musyawarah dalam arti mengeluarkan setiap perbedaan pendapat atas sesuatu untuk melahirkan kebaikan dan kebenaran yang ada di dalamnya.
  • Pemilu: Memilih Pemimpin...
    Hikmah
    Selasa, 06 Februari 2024 - 08:05 WIB
    Menaati kepala negara adalah wajib, berarti mengangkat pemimpin pun hukumnya wajib, karena jika pemimpin tidak ada, maka kewajiban untuk menaati pemimpin pun tidak bisa dijalankan.
  • Hukum Darah Istihadhah...
    Muslimah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 14:32 WIB
    Darah istihadhah atau keluar darah bukan pada saat masa haid atau nifas, sering dialami sebagian kaum wanita. Atau diartikan bahwa istihadhah adalah darah yang keluar di luar waktu haid dan nifas.
  • Puasa Tapi Tidak Sholat,...
    Muslimah
    Rabu, 14 April 2021 - 13:32 WIB
    Ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, yakni melaksanakan puasa tetapi tidak menjalankan sholat. Bagaimana syariat menghukuminya perihal tersebut?
  • Hukum Habib yang Mengaku...
    Hikmah
    Selasa, 13 Agustus 2024 - 14:57 WIB
    KH Imaduddin Utsman Al-Bantanie meyakini habib di Indonesia yang mengaku dirinya keturunan Nabi Muhammad SAW adalah tidak benar. Lalu, bagaimana hukum orang yang mengklaim diri sebagai sebagi keturunan Rasulullah SAW?
  • Hukum Hewan Kurban Dipotong...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 16:33 WIB
    Hukum hewan kurban dipotong sebelum sholat Idul Adha adalah tidak sah dan dinilai sebagai sembelihan bukan kurban. Jadi tidak memiliki nilai pahala ibadah kurban.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 11:00 WIB
    Hukum Tajwid Surat Al Maidah ayat 99 ini ada beberapa macam, mulai dari Mad Tabii hingga Mad Arid Lissukun. Setiap hukum tajwid ini perlu diketahui oleh setiap muslim supaya tidak menimbulkan salah tafsir ketika membaca Al Quran.