Topik Terkait: Hut Ri Ke 78 (halaman 306)

  • Agar Istighfar Kita...
    Tausyiah
    Kamis, 05 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Allah subhanahu wa taala juga senantiasa mengingatkan kita untuk memohon ampun (istighfar) atas kesalahan dan dosa dalam banyak ayat-ayat-Nya.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Hikmah
    Kamis, 05 Januari 2023 - 22:45 WIB
    Pada lanjutan tafsir Al-Mulk, Nabi Muhammad SAW diperintahkan Allah untuk merespons ucapan kaum kafir sebagaimana firman-Nya dalam Surat Al-Mulk ayat 26 berikut.
  • Keutamaan dan Manfaat...
    Tips
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 12:51 WIB
    Tak hanya manfaat fisik , puasa ayyamul bidh juga banyak faedahnya untuk psikis kita. Sedangkan keutamaan puasa sunnah ini tercantum dalam beberapa riwayat hadis Nabi Muhammad SAW.
  • Ikhfa: Pengertian, Hukum...
    Tips
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 17:27 WIB
    Ikhfa adalah salah satu ilmu tajwid yang wajib diketahui umat muslim dan dipraktikkan ketika membaca Al-Quran. Berikut pengertian Ikhfa, hukum dan contoh bacaannya.
  • Sudah 2023 Kok Belum...
    Tausyiah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 22:14 WIB
    Sudah Tahun 2023 belum juga Kiamat. Lalu, apa hikmah di balik ini? Mari kita simak paparan pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat Lc MA berikut ini.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Arab Saudi Menghijau,...
    Dunia Islam
    Senin, 09 Januari 2023 - 22:57 WIB
    Pegunungan Arab Saudi menghijau dipenuhi tumbuhan menjadi perbincangan hangat muslim di Tanah Air. Banyak mengaitkan fenomena ini pertanda Kiamat sudah dekat. Benarkah demikian?
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Hikmah
    Senin, 09 Januari 2023 - 23:39 WIB
    Sebuah pelajaran berharga dapat kita ambil dalam Surat Al-Mulk ayat 28. Ayat ini menceritakan jawaban Nabi Muhammad SAW terhadap sikap dan ucapan kaum musyrik Mekkah.
  • Nasihat Kepemimpinan...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:34 WIB
    Hari Senin kemarin, 9 Januari 2023, diadakan acara dialog kepemimpinan bersama Dato Dr Anwar Ibrahim, yang baru saja dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia.
  • Dinasti Mamluk: Sejarah,...
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:59 WIB
    Dinasti Mamluk atau Mamalik merupakan salah satu dinasti berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam, khususnya di wilayah Mesir dan sekitarnya.
  • Sholat Tak Sekadar Dijalani,...
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 18:10 WIB
    Sholat adalah ibadat yang paling agung, dan suatu kewajiban yang ditetapkan atas setiap orang muslim. Dan Allah memerintahkan untuk menegakkannya, tidak sekadar menjalaninya saja.
  • Anwar Ibrahim dan Harapan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 21:58 WIB
    Terpilihnya Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri Malaysia melalui perjalanan panjang itu menjadi harapan baru. Tidak saja di kawasan ASEAN, tapi juga dunia Islam dan dunia global secara umum.
  • Al-Muwattha Kitab Hadis...
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 17:22 WIB
    Al-Muwattha merupakan kitab Hadis yang masyhur dalam khazanah Islam. Kitab Imam Malik ini merupakan kitab Hadis pertama di antara 9 kitab Hadis paling populer.
  • Kisah Sufi: Perumpamaan...
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 18:39 WIB
    Kisah ini diterbitkan oleh seorang Fransiskan, Roger Bacon, yang suka mengutip filsafat Sufi dan mengajar di Oxford, dan oleh karena itu ia kemudian dipecat atas perintah Paus.
  • Kisah Nabi Muhammad...
    Dunia Islam
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Kisah Nabi Muhammad SAW membeli tanah dua anak Yatim untuk membangun Masjid Nabawi menarik diketahui. Masjid Nabawi merupakan tempat suci kedua bagi umat Islam.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 22:42 WIB
    Dalam tafsir Surat Al-Mulk ayat 27 diceritakan keadaan kaum kafir ketika Hari Kiamat sudah dekat. Wajah mereka menjadi muram ketika melihat azab yang mereka dustakan.
  • 7 Cara Terapi Hati Saat...
    Tips
    Sabtu, 07 Januari 2023 - 08:21 WIB
    Peran doa sangat dibutuhkan saat kondisi hati dan pikiran sedang gelisah, untuk menguatkan iman dan membuat hati kokoh meski seribu satu masalah datang silih berganti.
  • Kisah Hikmah : Jangan...
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 14:40 WIB
    Ada kisah ringan dari seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) Asma binti Umais. Ia adalah salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam.
  • Siapa Penghuni Surga...
    Muslimah
    Senin, 09 Januari 2023 - 10:07 WIB
    Siapakah penghuni surga yang paling banyak? Ternyata kaum wanitalah yang akan menjadi penghuni terbanyak surga. Ini ditegaskan dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
  • Perilaku-perilaku Manusia...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 11:04 WIB
    Adakah ciri dari perilaku-perilaku manusia yang mempercepat turunnya dajjal? Ternyata, banyak sekali yang sudah terlihat saat ini. Apa saja ciri dari perilaku manusia tersebut?
  • Sejarah Perang Khandaq:...
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:46 WIB
    Sejarah Perang Khandaq menorehkan citra positif bagi umat Islam, kala itu. Perang ini juga dikenal sebagai Pertempuran Al-Ahzab dan Pertempuran Konfederasi.