Topik Terkait: Ibadah Sholat (halaman 299)

  • Hukum Bayar Zakat Fitrah...
    Tips
    Selasa, 26 April 2022 - 17:15 WIB
    Ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?
  • Kisah Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Rabu, 27 April 2022 - 03:00 WIB
    Umar Bin Khattab punya kisah yang cukup memilukan. Beliau sempat dianggap gila atau setidak-tidaknya lupa ingatan. Kala itu, orang menduga-duga, itu akibat dosa-dosa Umar yang bertumpuk semasa muda.
  • Ceramah Gus Baha Mendapatkan...
    Tausyiah
    Rabu, 27 April 2022 - 03:30 WIB
    Ceramah Gus Baha mendapatkan Lailatul Qadar menarik untuk kita simak. Ulama ahli tafsir Al-Quran ini membeberkan hikmah Lailatul Qadar dan cara mendapatkannya.
  • Tutup Istiqlal Halal...
    Dunia Islam
    Rabu, 27 April 2022 - 23:13 WIB
    Istiqlal Halal Expo diharapkan berkelanjutan sehingga bisa mengubah paradigma masjid yang sebelumnya diberdayakan umat menjadi masjid yang memberdayakan umat.
  • Beberapa Syarat dan...
    Tips
    Kamis, 28 April 2022 - 23:02 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui syarat dan hal-hal yang membatalkan Iktikaf. Iktikaf merupakan amalan dengan berdiam diri di masjid menyibukkan diri beribadah.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 4 Cara Memperbaiki Diri...
    Tausyiah
    Kamis, 28 April 2022 - 22:35 WIB
    Hari-hari terakhir Ramadhan ini hendaknya dimanfaatkan untuk memperbanyak muhasabah dan memperbaiki hubungan kita kepada Allah dan sesama manusia.
  • Terkumpulnya 3 Doa Mustajab...
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 15:19 WIB
    Tahukah Anda, bahwa pada mereka yang tengah bersafar (mudik) dalam keadaan berpuasa, terkumpul keutamaan doa yang mustajab. Doa apa saja, dan apa dalilnya?
  • Umar bin Abdul Aziz:...
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 18:57 WIB
    Khalifah Umar bin Abdul Aziz berkata: Hari raya itu bukan bagi orang yang memakai pakaian baru. Akan tetapi hari raya bagi mereka yang takut terhadap hari pembalasan
  • Hikmah Idul Fitri 2022,...
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 11:42 WIB
    Hari Raya Idul Fitri selalu diwarnai dengan kegembiraan. Para khatib sholat Id dalam khutbahnya sering mengingatkan saatnya kembali ke Fitrah. Apa sebenarnya makna Fitrah?
  • Puasa Syawal Dulu Atau...
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 21:06 WIB
    Besok kita sudah memasuki 3 Syawal 1443 H bertepatan Rabu (4/5/2022). Pertanyaannya, mana yang harus didahulukan, puasa qadha Ramadhan atau puasa sunnah 6 hari syawal?
  • 7 Adab Merayakan Idul...
    Tips
    Rabu, 04 Mei 2022 - 18:59 WIB
    Para sahabat Nabi Muhammad SAW apabila mereka pulang dari salat ied, mereka saling mengucapkan: Semoga Allah menerima amal kita dan amalmu semua.
  • PBNU Ingatkan Bermedsos...
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 April 2022 - 11:50 WIB
    Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) KH Abdullah Syamsul Arifin alias Gus Aab mengingatkan bahwa perilaku seseorang berselancar di media sosial bisa membatalkan puasa.
  • Hukum Zakat Fitrah Sekeluarga...
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:52 WIB
    Sebagian orang menyerahkannya kepada petugas pengumpulan zakat setempat, ada juga yang mengeluarkannya sendiri. Pertanyaannya kemudian, bolehkah zakat fitrah sekeluarga diberikan kepada satu orang?
  • 200 Mushaf Al-Quran...
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 April 2022 - 23:50 WIB
    Sebanyak 200 mushaf Al-Quran disalurkan Kepada santri yatim dhuafa penghafal Al-Quran di Rumah Tahfizh Ar-Rahman Islamic School, Kota Sironko, Uganda.
  • Surga Ar-Rayyan Disiapkan...
    Muslimah
    Sabtu, 23 April 2022 - 16:15 WIB
    Karena agungnya pahala orang-orang yang berpuasa ini, Allah pun menyiapkan satu pintu khusus di surga yang hanya bisa dimasuki oleh mereka yang menjalankan puasa, yaitu pintu ar-Rayyan.
  • 14 Juta Jamaah Kunjungi...
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 April 2022 - 20:14 WIB
    Menurut SPA otoritas penyelenggara mengatakan mereka bekerja dengan lembaga pembantu selain staf internal untuk meningkatkan kapasitas operasional masjid.
  • Selama Ramadhan, Ponpes...
    Dunia Islam
    Minggu, 24 April 2022 - 17:11 WIB
    Santri di Ponpes An Nadlah Kebumen antusias mengikuti serangkaian kegiatan amaliah selama Ramadhan. Kegiatan tersebut, di antaranya mengembangkan tradisi menulis dan kajian kitab kuning.
  • Jadikan Setiap Malam...
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 03:00 WIB
    Tatkala Ibrahim bin Adham diajak ke Madinah untuk memburu lailatul qadar dia menjawab: Lakukanlah di sini dan kerjakan amal dengan baik. Bagi kalian, setiap malam adalah lailatul qadar.
  • PPPA Daarul Quran Distribusikan...
    Dunia Islam
    Senin, 25 April 2022 - 15:50 WIB
    Momen Ramadhan 1443 H kali ini PPPA Daarul Quran kembali bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia (BPKH RI).
  • Surat Al-Ala Ayat 14-15:...
    Tausyiah
    Selasa, 26 April 2022 - 18:55 WIB
    Surat Al-Ala ayat 14-15 mengisyaratkan bahwa Idul Fitri adalah proses ritual keagamaan sekaligus ritual sosial untuk mencapai derajat manusia yang beruntung.