Topik Terkait: Ibrahim Bin Adham

  • Ini Alasan Mengapa Ibrahim bin Adham Tidak Menikah
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:17 WIB
    Kenapa Ibrahim bin Adham tidak menikah? Wanita mana pun yang aku nikahi akan tetap kelaparan dan telanjang. Jika pun aku dapat (menikah), aku akan menceraikan diriku sendiri, jawabnya.
  • Sultan Ibrahim bin Adham, Buah Delima, dan Pernikahan Semalam
    Hikmah
    Sabtu, 25 September 2021 - 15:03 WIB
    Setelah separuh delima itu dimakan, ia sangat menyesal karena hal itu dilakukan tanpa seizin pemiliknya. Dia pun bertekad mencari siapa pemilik buah itu.
  • Ketika Ibrahim bin Adham Menangis Pilu dan  Tiket Masuk Surga
    Hikmah
    Sabtu, 02 Oktober 2021 - 08:33 WIB
    Ibrahim seketika menjerit dan tersungkur ke atas tanah. Dari mulutnya terdengar ratapan-ratapan kesedihan. Para pejalan yang lewat berhenti dan berusaha menghiburnya.
  • Kisah Ibrahim bin Adham: Ketika Kuburan Kian Ramai dan Kota Makin Sepi
    Hikmah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 16:06 WIB
    Farid al-Din Attar dalam bukunya berjudul Tadhkirat al-Auliya menyampaikan sejumlah kisah tentang karamah Ibrahim bin Adham salah satunya adalah kisah berikut ini:
  • KIsah Sufi Ibrahim bin Adham: Menginap di Rumah Pemuda yang Dirasuki Setan
    Hikmah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 10:32 WIB
    Ibrahim tinggal di sana dan mengamati keadaan pemuda itu dengan penuh perhatian. Keadaan pemuda itu bahkan melampaui apa yang dikatakan teman-temannya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Kisah Ibrahim bin Adham Didatangi Nabi Khidir  Saat Duduk di Singgasana
    Hikmah
    Kamis, 30 September 2021 - 14:23 WIB
    Fariduddin Attar mengisahkan pertobatan Ibrahim bin Adham, Raja Balkh, dan seluruh dunia berada di bawah perintahnya. Awalnya, ia didatangi Nabi Khidir. Begini dialognya.
  • Ibrahim bin Adham Bertemu Malaikat Jibril, Ini Permintaannya
    Hikmah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 17:59 WIB
    Suatu malam, Ibrahim bin Adham menceritakan, ia menyaksikan Jibril di dalam mimpi turun ke bumi dari langit dengan sebuah gulungan tulisan di tangannya.
  • Kisah Sufi Ibrahim bin Adham: Perjalanan ke Makkah, Bertemu Daud dan Khidir
    Hikmah
    Sabtu, 16 Oktober 2021 - 06:34 WIB
    Ibrahim bin Adham berangkat ke Makkah. Di padang gurun dia bertemu dengan salah satu tokoh besar dalam keimanan, yang mengajarinya Nama-nama Yang Maha Besar dan kemudian berangkat.
  • Kisah Ibrahim Bin Adham dan Kapal yang Akan Tenggelam
    Hikmah
    Senin, 02 November 2020 - 15:53 WIB
    Ibrahim bin Adham rahimahullah adalah seorang Raja di Balkh (Afghanistan) pada abad ke-7 Masehi. Kemudian beliau meninggalkan kerajaannya dan memilih hidup zuhud.
  • Menjadi Seperti Ibrahim bin Adham di  Zaman Now
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 15:55 WIB
    Al-kisah, ketika Ibrahim bin Adham sedang duduk bersama teman-temannya lalu lewatlah di hadapan mereka seorang temannya yang lain sambil melihat mereka tanpa mengucapkan salam.
  • Meneladani Ibrahim (7): Representasi Kepemimpinan Global yang Berakhlak Mulia
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 15:41 WIB
    Nabi Ibrahim alaihissalam adalah sosok yang merepresentasi globalitas umat. Kepemimpinan Ibrahim adalah kepemimpinan global yang menjadi teladan manusia.
  • Meneladani Ibrahim (5): Tiga Karakteristik Kepemimpinan Beliau yang Patut Ditiru
    Tausyiah
    Senin, 26 Juni 2023 - 18:13 WIB
    Keteladanan berikutnya dari kisah Nabi Ibrahim adalah keteladanan dalam kepemimpinan. Ada tiga karakteristik kepemimpinan Nabi Ibrahim yang layak ditiru.
  • Kisah Nabi Ibrahim, Saat Bayi Jari-Jarinya Mengeluarkan Susu, Madu, dan Keju
    Hikmah
    Kamis, 27 Januari 2022 - 12:15 WIB
    Nabi Ibrahim AS sudah mendapat mukjizat dari Allah SWT sejak bayi. Kekasih Allah ini lahir di dalam gua. Saat bayi tidak ada yang menyusuinya. Dia bertahan hidup, bahkan tumbuh secara menakjubkan.
  • 10 Karakteristik Kepemimpinan Nabi Ibrahim yang Layak Diteladani
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Juli 2023 - 19:48 WIB
    Semua rentetan perjalanan sejarah hidup dan perjuangannya mengandung nilai-nilai yang sarat dengan kepemimpinan. Berikut sepuluh karakteristik dasar kepemimpinan Nabi Ibrahim.
  • Kisah Nabi Ibrahim Diusir dari Babilonia dan Menangis saat Meninggalkan Siti Hajar di Makkah
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 05:25 WIB
    Amaliqa, yang menguasai wilayah-wilayah itu, menyambutnya dengan hangat dan memberikan kepadanya banyak hadiah, satu di antaranya adalah seorang budak perempuan bernama Hajar.
  • Kisah Heraklius Lepas Kota Nabi Ibrahim, Mukjizat Khalid bin Walid
    Hikmah
    Minggu, 04 Oktober 2020 - 08:42 WIB
    Sia-sia mereka menunggu datangnya bala bantuan Kaisar yang begitu lama. Musim dingin pun berlalu dan datang musim semi, pasukan Muslimin masih tidak beranjak dari pengepungannya.
  • Pertempuran Nahawand: Kisah Ali bin Abi Thalib Mencegah Umar bin Khattab Memimpin Perang
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 05:54 WIB
    Ali berkata kepada Umar: Kedudukan Anda bagi orang Arab seperti untaian mutiara yang dapat merangkai dan mengikat. Kalau lepas akan berserakan semua dan akan hilang. Sesudah itu tidak akan pernah bersatu lagi.
  • Orang Arab Berhak atas Palestina karena Mereka Juga Keturunan Nabi Ibrahim
    Hikmah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:00 WIB
    Yahudi membangun klaim-klaim agama bahwa Allah SWT telah memberikan tanah Palestina kepada Ibrahim dan anak keturunannya. Mereka lupa bahwa orang-orang Arab anak cucu Adnan, mereka juga keturunan Ibrahim.
  • Doa Nabi Ibrahim untuk Ayahnya yang Musyrik
    Tips
    Kamis, 28 September 2023 - 11:01 WIB
    Permohonan ampunan untuk bapaknya, tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya. Ketika jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diri.
  • Kisah Dakwah Nabi Ibrahim dengan Cara Menghancurkan Berhala
    Hikmah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 19:17 WIB
    Pada saat itu, beliau pun akan menggunakan situasi itu untuk dakwah. Mereka sendiri akan mengaku bahwa berhala itu sama sekali tidak mempunyai kekuatan. Maka bagaimana mungkin ia akan menjadi penguasa dunia?