Topik Terkait: Impor Daging Sapi (halaman 3)

  • Kurban 1 Kambing Atau Patungan Sapi 7 Orang? Ini Pendapat Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Berikut Pendapat Gus Baha tentang mana yang lebih baik, kurban 1 kambing atau patungan sapi dibagi 7 orang. Selama ini kurban patungan sapi lazim dilakukan umat muslim.
  • Gus Baha Jelaskan Risiko Patungan Kurban Sapi untuk 7 Orang
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Pengasuh Ponpes Tahfidzul Quran LP3IA Kragan, Rembang, KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) menjelaskan tentang risiko kurban urunan (patungan) 7 orang.
  • Bolehkah Kurban Sapi Betina? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 17:59 WIB
    Bolehkah kurban sapi betina? Secara eksplisit tidak dijelaskan dalam suatu nash, baik Al-Quran maupun hadis terkait pilihan dan keutamaan jenis kelamin tertentu untuk hewan kurban.
  • Hukum Hewan Kurban Dipotong sebelum Sholat Idul Adha
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 16:33 WIB
    Hukum hewan kurban dipotong sebelum sholat Idul Adha adalah tidak sah dan dinilai sebagai sembelihan bukan kurban. Jadi tidak memiliki nilai pahala ibadah kurban.
  • Mana yang Lebih Utama, Kurban Sapi Atau Kambing?
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 20:37 WIB
    Pertanyaan fiqih kurban yang satu ini sering muncul di kalangan umat Islam. Lebih utama mana kurban sapi atau kambing? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Iduladha, Mudah Berkurban via Digital
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 00:16 WIB
    Iduladha yang jatuh setiap 10 Zulhijjah kalender Hijriyah disebut juga sebagai Idulqurban. Umat Islam di seluruh dunia disunnahkan menyembelih hewan kurban.
  • Bolehkah Menjual Kulit dan Kepala Hewan Kurban?
    Tips
    Kamis, 09 Juni 2022 - 20:03 WIB
    Hal yang tidak dapat dihindarkan dari ibadah kurban antara lain adalah terkait penjualan kulit dan kepala hewan kurban. Motifnya beraneka ragam. Lalu bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Ini Mengapa Warga Kudus Sampai Sekarang Tak Berani Menyembelih Sapi
    Hikmah
    Sabtu, 24 April 2021 - 16:28 WIB
    Jejak dakwah Sunan Kudus Jakfar Shodik sampai kini masih membekas di Kota Kretek. Masyarakat Kudus, misalnya, berpantang menyembelih sapi sampai saat ini.
  • Idul Adha: Syarat Sah Hewan Kurban dan Waktu Penyembelihan
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 16:26 WIB
    Hewan kurban hendaklah dalam keadaan sehat bebas dari aib, cacat, atau penyakit lainnya. Upayakan bertubuh besar, gemuk, dagingnya banyak, dan fisiknya sempurna.
  • Perdana, 3.000 Daging Kambing Dam Petugas dan Jemaah Haji Dikirim ke Tanah Air
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Juli 2023 - 10:11 WIB
    Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi selama lebih satu dekade untuk mengirim daging kambing Dam ke Indonesia mulai terwujud.
  • Bolehkah Membagikan Daging Kurban yang Sudah Matang? Bagaimana Hukumnya?
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:10 WIB
    Bagaimana hukumnya membagikan daging kurban yang sudah matang? Sah atau tidak? Pertanyaan ini seringkali muncul dalam pembagian daging kurban Iduladha.
  • Apa itu Hari Tasyrik? Berikut Keutamaan dan Amalannya
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:01 WIB
    Selain makan dan minum sesuai hadis Rasulullah SAW, keutamaan dan amalan Hari Tasyrik antara lain adalah memperbanyak mengingat Allah SWT atau berzikir.
  • Satu Gentong Kotoran Sapi dari Abu Nawas untuk Menyuap Tuan Hakim
    Hikmah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 09:27 WIB
    Korupsi, kolusi, dan nepotisme, juga suap punya tempat yang nyaman di tengah kekuasan. Tak terkecuali di Baghdad, saat Baginda Harun Ar-Rasyid berkuasa.
  • Saling Bunuh Umat Nabi Musa Setelah Penyembahan Sapi, Korban 70.000 Orang
    Hikmah
    Senin, 06 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Biang kerok itu bernama Samiri. Dialah yang menyebabkan umat Nabi Musa dihukum untuk saling membunuh antarsesama. Akibatnya, 70 orang tewas dalam kasus tersebut.
  • Umat Nabi Isa Dulu Berpuasa 40 Hari Setiap Tahun, Tak Boleh Makan Daging
    Hikmah
    Senin, 25 April 2022 - 23:25 WIB
    Ibadah puasa umat Islam tergolong ringan dibanding puasa umat-umat terdahulu. Umat Nabi Isa alaihissalam dulunya berpuasa selama 40 hari setuap tahunnya.
  • Nebukadnezar: Pembunuh dan Perusak Masjid Al-Aqsa, 7 Tahun Merasa sebagai Sapi
    Dunia Islam
    Kamis, 09 Desember 2021 - 16:15 WIB
    Nebukadnezar adalah pembantai puluhan ribu orang dan juga perusak masjid al-Aqsa. Di sisi lain selama 7 tahun ia menderita gangguan mental. Ia merasa dirinya adalah sapi.
  • Asal Penamaan Yahudi: Bertobat setelah Menyembah Patung Anak Sapi
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 13:27 WIB
    Menurut catatan sejarah, pemakaian kata Yahudi untuk menyebut nama agama yang dianut mayoritas Bani Israil baru muncul pada abad keenam dan kelima Sebelum Masehi (SM).
  • Hukum Kurban Sapi Patungan 7 Orang Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 21:09 WIB
    Dalam masyarakat kita, sudah menjadi hal yang umum dilakukan bila melaksanakan kurban dengan sapi boleh patungan untuk 7 orang. Bagaimana sebenarnya hukum dalam pandangan syariat?
  • Hadis Nabi tentang Sapi dan Srigala yang Berbicara dengan Bahasa Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 04 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Seolah-olah sapi berkata, kamu telah berbuat zalim kepadaku, karena kamu telah menggunakanku untuk sesuatu di mana Allah menciptakanku bukan untuk hal itu.
  • Memilih Tidak Makan Daging Hewan, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 13:03 WIB
    Pada saat Idul Adha kaum muslimin dianjurkan untuk menikmati makanan dan minuman, terutama daging kurban yang berasal dari hewan seperti kambing, sapi atau unta. Lantas bagaimana bila seseorang mengaku tidak memakan daging? Bagaimana Islam memandang persoalan ini?