Topik Terkait: Islam

  • Mengenal Hukum Subsidi dalam Sistem Ekonomi Islam
    Dunia Islam
    Selasa, 06 September 2022 - 14:59 WIB
    Istilah subsidi kini menjadi perbincangan hangat menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Berikut pengertian subsidi dalam sistem ekonomi Islam.
  • 40 Fakta Unik Tentang Islam yang Menarik untuk Diketahui
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 22:39 WIB
    Islam adalah agama yang unik dan memiliki banyak pengikut di dunia. Saat ini populasi Muslim di dunia berjumlah sekitar 1,9 miliar orang. Berikut ini 40 fakta unik Islam.
  • Mengapa Harus Menerapkan Syariat Islam? Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 08:50 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan merupakan hak setiap masyarakat untuk berhukum pada syariat yang diyakini akan keadilannya, keunggulannya dan ketinggiannya atas syariat-syariat yang lainnya.
  • Apa yang Dimaksud Syura dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 17:57 WIB
    Apa yang dimaksud syura dalam Islam? Syura merupakan sendi kehidupan dalam sosial dan bernegara yang digunakan sebagai prinsip yang harus ditegakkan di muka bumi.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Islam Bukan Sekadar Hukum Belaka
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 13:32 WIB
    Ayat-ayat hukum tasyri tidak sampai sepersepuluh dari Al Quran, itu pun dikumpulkan dengan ayat-ayat tentang aqidah dan hati yang disertai juga dengan janji dan ancaman berkaitan erat dengan seluruh arahan-arahan Al Quran.
  • Menelisik Akar Islam Kuno Masyarakat Amerika Latin
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 14:21 WIB
    Belakangan ini generasi peneliti baru menaruh minat meneliti akar Islam kuno masyarakat Amerika Latin. Di era media sosial, konten semacam itu nyatanya cukup diminati orang Amerika Latin.
  • Al-Quran Berisi Ramalan yang Pasti tentang Masa Depan Islam dan Pengikutnya
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 18:46 WIB
    Salah satu dari ramalan-ramalan mengenai masa depan dari orang-orang Islam. Menjamin orang-orang Islam dari suatu masa depan kebebasan beragama dan menjanjikan mereka dengan suatu pernyataan:
  • Kesetaraan Perempuan Dalam Islam
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 10:44 WIB
    Momen peringatan Hari Kartini, selalu membahas tentang kesetaraan perempuan. Padahal bila menengok sejarah awal Islam, kesetaraan perempuan dengan lelaki ini telah ada di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Imam Chirri: Kepercayaan di Dalam Islam Lebih Penting Ketimbang Janji-Janji
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Desember 2023 - 13:25 WIB
    Beberapa pengeritik Islam mengatakan bahwa Islam menjanjikan untuk orang-orang Islam yang baik yaitu surga di mana mereka senang dan tersedia apa yang mereka inginkan, baik materiil, spirituil.
  • Kisah Mualaf Jepang Miss Kazue yang Meyakini Islam sebagai Jalan Keselamatan
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Perempuan asal Jepang ini mengaku sejak terjadinya perang dunia ke-II, ia telah kehilangan kepercayaan kepada agamanya, yakni sejak saya menjalankan kehidupan secara Amerika.
  • Islam Turun di Makkah, Benarkah Karena Wilayah Itu Paling Bejat?
    Tausyiah
    Senin, 18 Mei 2020 - 04:10 WIB
    Ada sejumlah ulama yang berpendapat Islam sengaja diturunkan di Makkah karena wilayah itu dihuni penduduk jahiliyah. Bahkan disebutnya penduduk paling bejat sedunia.
  • 14 Anak Muda Hebat dalam Sejarah Peradaban Islam
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 00:20 WIB
    Anak-anak muda ternyata memiliki peran penting dalam sejarah peradaban Islam. Kehebatan para pemuda Islam ini layak dijadikan teladan oleh generasi Milenial saat ini.
  • Mekkah Tidak Dikenal dalam Manuskrip Pra-Islam, Begini Penjelasannya
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Januari 2022 - 17:00 WIB
    Pada era jahiliyah atau pra-Islam, Mekkah tidak begitu dikenal. Bahkan dalam manuskrip Raja Babilonia belum ditemukan nama Mekkah dalam daftar berbagai tempat yang telah dikuasai.
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Batasan Wanita Karier dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:56 WIB
    Batasan wanita karier dalam Islam perlu dipahami oleh kaum muslimah yang memilih bekerja di luar rumah. Batasan ini penting, karena wanita karier akan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.
  • Azyumardi Azra: Islam Pemersatu Berbagai Suku di Nusantara
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:31 WIB
    Islam mengatasi perbedaan-perbedaan yang terdapat di antara berbagai suku bangsa dan menjadi supraidentity yang mengatasi batasan-batasan geografis, sentimen etnis, identitas kesukuan, adat istiadat, dan tradisi lokal lainnya.
  • Awalnya Salat di Garasi Rumah, Kini Islam Bersemi di Samudera Atlantik Utara
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 17:42 WIB
    Kepulauan Canaria merupakan tujuan wisatawan dari kawasan belahan utara, seperti Eropa dan Amerika Utara. Komunitas Islam mulai tumbuh dan berkembang di daerah ini dirintis sejak akhir tahun 1970-an.
  • Pernikahan Beda Agama, Partai Perindo Paparkan Hukum Menurut Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Juli 2022 - 18:47 WIB
    Beberapa waktu yang lalu publik ramai membicarakan tentang Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengesahkan atau mengizinkan pernikahan beda agama.
  • Sejarah Masuknya Islam di Tanah Betawi
    Dunia Islam
    Selasa, 13 September 2022 - 14:02 WIB
    Ada banyak versi tentang sejarah masuknya Islam di tanah Betawi. Islam telah masuk ke tanah Betawi pada abad ke-17 dibuktikan dengan keberadaan masjid-masjid tua di Jakarta.
  • Rukun Iman dan Islam: Aspek Bersih Bukan Hanya Berkenaan dengan Harta Benda Saja
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 02:00 WIB
    A Rahman Zainuddin mengatakan dalam pemikiran Islam, konsep bersih bukanlah suatu konsep yang berkenaan dengan harta benda saja, tapi mencakup seluruh aspek dan segi kehidupan manusia.