Topik Terkait: Jihad Islam (halaman 2)

  • Hukum KB dalam Sudut Pandang Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 11:42 WIB
    Hukum KB (keluarga berencana) dalam sudut pandang Islam sangat perlu diketahui pasangan keluarga muslim. Apalagi, pasangan yang baru menikah dan memiliki rencana untuk mempunyai buah hati
  • Syaikh Yusuf Al-Qardhawi: Islam Bukanlah Ajaran yang Labil
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 20:08 WIB
    Mereka mengira bahwa syariat Islam yang didakwahkan merupakan sesuatu yang labil, tidak memiliki kriteria dan batasan yang pasti, sehingga setiap hakim memberikan penafsiran sendiri-sendiri.
  • Indahnya Islam, Ajarannya Tidak Melanggar Fitrah Manusia
    Tausyiah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 19:27 WIB
    Allah Taala memilih seorang Rasul (Muhammad SAW) yang berasal dari kalangan manusia sehingga ajaran yang dibawanya pun adalah ajaran yang cocok dan sesuai fitrah manusia.
  • Syaikh Muhammad Abduh Bicara tentang Mengapa Islam Jadi Bercorak Asing
    Dunia Islam
    Senin, 12 Desember 2022 - 18:23 WIB
    Syaikh Muhammad Abduh dalam Kitab Al-Islam wan-Nashrania berbicara mengenai mengapa Islam jadi bercorak asing. Berikut penuturan beliau selengkapnya:
  • Muawiyah Masuk Islam pada Peristiwa Umrah Qadha?
    Hikmah
    Selasa, 09 November 2021 - 15:35 WIB
    Muawiyah masuk Islam bersama ayahnya, Abu Sufyan bin Harb dan ibunya Hindun binti Utbah tatkala terjadi Fathu Makkah. Begitu satu riwayat.Riwayat lain menyebut, pada peristiwa Umrah Qadha
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 3 Organisasi Islam Tertua dan Terbesar di Indonesia
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Sebagian besar organisasi Islam di Indonesia lahir setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Namun, ada tiga organisasi Islam terbesar yang lahir sebelum kemerdekaan.
  • Kisah Raden Fatah: Pendiri Kesultanan Islam Demak Kelahiran Palembang
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:32 WIB
    Raden Fatah atau Patah adalah raja pertama dan pendiri Kerajaan Islam Demak. Trah Majapahit ini lahir di Palembang yang menolak suksesi di wilayah Sumatra tersebut.
  • Orang Gemuk dalam Pandangan Islam
    Tips
    Rabu, 01 Desember 2021 - 09:10 WIB
    Pada hakekatnya, Islam tidak melihat fisik dan bentuk tubuh seseorang, apakah Anda orang yang tampan atau cantik, demikian juga apakah tubuh Anda tinggi semampai, atau pendek. Lalu bagaimana dengan orang gemuk?
  • Prof Haedar: Islam Agama Pencerahan yang Terangi Jiwa, Hati, dan Pikiran
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 18:14 WIB
    Islam merupakan agama yang menyeluruh karena dia merupakan wahyu akhir zaman. Islam punya dan memiliki kandungan dan prinsip-prinsip akidah, ibadah, akhlak juga muamalah duniawi bahkan lebih dari itu.
  • Kisah Jihad Profesor Matematika Amerika Serikat Abdulalim Abdullah Shabazz
    Dunia Islam
    Jum'at, 25 November 2022 - 18:52 WIB
    Dia adalah seorang Profesor Matematika Afrika-Amerika. Terlahir dengan nama Lonnie Cross. Setelah memeluk Islam namanya diganti menjadi Abdulalim Abdullah Shabazz.
  • Ali Ridho Syiarkan Islam di Pinggiran Banjarbaru
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:33 WIB
    Bermodal semangat menyiarkan Islam di Tanah Banjarbaru, Ali Ridho yang berlatar belakang petani, mendirikan TPQ Baity Al Hikmah. Tempat pendidikan ini memfasilitasi anak-anak hingga lansia belajar membaca Al-Quran
  • Seperti Ini Islam Mengatur Adab dalam Berteman
    Muslimah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 07:09 WIB
    Salah satu hubungan sosial dalam kehidupan kita adalah pertemanan. Dalam Islam, teman harus diperlakukan dengan baik sesuai adab yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Peranan Islam Memerangi Rasisme
    Tausyiah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 14:17 WIB
    Kematian George Floyd di Minneapolis, Minnesota di tangan orang-orang yang seharusnya memberikan keamanan dan keselamatan memicu apa yang saya istilahkan bara api dalam sekam.
  • Begini Gambaran Jenis Pengobatan di Rumah Sakit pada Era Kejayaan Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Operasi mata (terutama katarak) adalah salah satu kisah sukses pengobatan Islam terbesar, dengan polymath Andalusia Abu Al Qasim Al Zahrawi (Albucasis), dianggap sebagai bapak operasi modern.
  • Pengaruh Iptek Modern Terhadap Hubungan Islam-Kristen Menurut Montgomery Watt
    Tausyiah
    Selasa, 17 Januari 2023 - 11:51 WIB
    Produk-produk teknologi kaum muslimin unggul pada saat menaklukkan Spanyol pada awal abad ke-8. Akan tetapi, semenjak akhir abad ke-18 bangsa Eropa melampaui semuanya.
  • Makna Jihad Sering Disalahpahami, Begini Penjelasan Syariat
    Tausyiah
    Senin, 05 September 2022 - 21:39 WIB
    Makna Jihad sering disalahpahami oleh masyarakat luas menyusul maraknya kasus terorisme mengatasnamakan konsep ini. Berikut pengertian menurut syariat.
  • Heboh Pawang Hujan, Begini Hukumnya Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 21 Maret 2022 - 16:21 WIB
    Aksi pawang Hujan saat gelaran MotoGP Mandalika 2022 menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Bagaimana sebenarnya pandangan Islam terhadap aksi pawang hujan ini?
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Kisah Mualaf Jepang Miss Kazue yang Meyakini Islam sebagai Jalan Keselamatan
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Perempuan asal Jepang ini mengaku sejak terjadinya perang dunia ke-II, ia telah kehilangan kepercayaan kepada agamanya, yakni sejak saya menjalankan kehidupan secara Amerika.
  • Sufisme Universal, Benarkah Tidak Harus Islam?
    Hikmah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 17:16 WIB
    Pada tahun 1914, ahli mistik dan musik Inayat Khan, yang diinisiasi menjadi empat tarekat sufi di India, pindah dari India utara ke London, tempat ia mendirikan Ordo Sufi Internasional.