Topik Terkait: Karomah Saad Bin Abi Waqqash (halaman 51)

  • Masjid Kwitang, Saksi...
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Presiden RI pertama Ir Soekarno dan Habib Ali Al-Habsyi (Kwitang, Jakarta) adalah dua tokoh yang punya andil besar memperjuangkan Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.
  • Kisah Ketawadhuan Imam...
    Hikmah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 15:19 WIB
    Imam Abdullah bin Mubarak (118-181 H) tak hanya terkenal dengan keluasan ilmunya. Beliau memiliki sifat tawadhu yang patut diteladani umat Islam.
  • Menjadi Seperti Ibrahim...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 15:55 WIB
    Al-kisah, ketika Ibrahim bin Adham sedang duduk bersama teman-temannya lalu lewatlah di hadapan mereka seorang temannya yang lain sambil melihat mereka tanpa mengucapkan salam.
  • Kisah Bani Umayyah:...
    Dunia Islam
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 11:49 WIB
    Sejak peristiwa pembunuhan cucu Rasulullah SAW, Husein bin Ali bin Abu Thalib dan keluarganya, kursi kekhalifahan Bani Umayyah tidak pernah lagi stabil.
  • Biografi Umar Bin Khattab,...
    Hikmah
    Senin, 04 Juni 2018 - 15:11 WIB
    Siapa yang tak kenal Umar bin Khattab? Khalifah kedua menggantikan Abu Bakar Ash-Shidiq yang dijuluki Al-Faruq oleh Rasulullah SAW karena bisa memisahkan antara kebenaran dan kebatilan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Isra Miraj (8/Tamat):...
    Hikmah
    Senin, 15 Maret 2021 - 10:40 WIB
    Perjalanan agung Isra Miraj Rasulullah berakhir di Sidratul Muntaha hingga bertemu Allah Azza wa Jalla. Dalam perjalanan pulang, Rasulullah dibuat sedih karena Abu Jahal mendustakannya.
  • Dahsyatnya Sedekah Utsman,...
    Hikmah
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 11:25 WIB
    Dahsyatnya sedekah Utsman bin Affan radhiyallahu anhu. Ketika kaum muslim mengalami kesulitan, beliau tampil terdepan mengorbankan harta kekayaannya.
  • Siapa yang Tidak Wajib...
    Tausyiah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 14:31 WIB
    Siapakah yang tidak wajib mempelajari qadar karena takut salah? Dia harus mendalami dan memohon pertolongan Allah agar mampu memahami dan meyakininya sehingga permasalahannya menjadi sangat jelas.
  • 11 Brigade Basmi Kaum...
    Hikmah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 09:13 WIB
    Khalid bin Walid memimpin brigade pertama untuk menggempur nabi palsu Tulaihah bin Khuwailid dari Banu Asad. Selesai dari sana, ia harus berangkat menghadapi Malik bin Nuwairah.
  • Ini Dia, Nabi Palsu...
    Hikmah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 13:05 WIB
    Saking kesalnya karena dibohongi Thulaihah, Uyainah berseru, hai Banu Fazarah, mari kita tinggalkan dia. Dia pembohong! Mereka pun pergi berlarian.
  • Kisah Pemakaman Umar...
    Hikmah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 11:45 WIB
    Mereka masuk ke bilik Rasulullah, dan jenazah itu diturunkan ke tempat peraduan terakhir. Kepala Abu Bakar ditempatkan di bagian bahu Nabi, dan kepala Umar di bagian bahu Abu Bakar.
  • Kisah Ibnu Umar Menangis...
    Hikmah
    Jum'at, 13 Agustus 2021 - 15:28 WIB
    Ubaid bin Umair adalah seorang tabiin. Sedangkan Ibnu Umar adalah sahabat Nabi SAW. Walau demikian, Abdullah bin Umar atau Ibnu Umar tidak sombong.
  • Luhut Serahkan Kiswah...
    Dunia Islam
    Senin, 04 April 2022 - 18:49 WIB
    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyerahkan kiswah hadiah dari Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed Bin Salman (MBS), ke Masjid Istiqlal.
  • Syadad bin ‘Ad, 300...
    Hikmah
    Rabu, 22 April 2020 - 07:44 WIB
    Kisah tentang Syadad bin Ad bin Aush bin Arum bin Sam bin Nuh yang ingin membangun surga di dunia. Dia adalah salah satu dari empat orang yang pernah menguasai dunia.
  • Hudzaifah bin al-Yaman:...
    Hikmah
    Jum'at, 10 November 2023 - 17:42 WIB
    Hudzaifah bin al-Yaman ra adalah sosok sahabat yang menyimpan rahasia Nabi Muhammad SAW. Rahasia yang dimaksud adalah daftar rahasia tentang orang-orang munafik di sekitar Nabi dan konspirasinya.
  • Pertempuran Nahawand...
    Hikmah
    Selasa, 23 April 2024 - 05:15 WIB
    Firozan sendiri termasuk yang lari mencari selamat. Ia tinggal seorang diri sebagai pelarian, memacu kudanya ke arah Hamazan dengan harapan akan dapat berlindung.
  • Misi Gagal Abu Hurairah...
    Hikmah
    Rabu, 03 Februari 2021 - 08:26 WIB
    Abu Hurairah dan Abu Darda memang bukan diplomat dan bukan pula orang-orang politik seperti Muawiyah atau Amr bin Al Ash. Mereka berdua itu orang-orang bertakwa, lugu dan polos.
  • Belajar dari Abdurrahman...
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 23:33 WIB
    Kisah menarik sekaligus penyemangat bagi yang ingin hijrah diceritakan oleh Ustaz Salim A Fillah, penulis buku-buku Islami melalui akun IG-nya @salimafillah.
  • Penaklukan Yerusalem:...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 13:40 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab membuat perjanjian dengan para utusan Severinus, Uskup Agung Baitulmukadas, atas dasar perjanjian Damsyik. Berikut isi perjanjian tersebut.
  • Beberapa Kali Umar Berselisih...
    Hikmah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 17:12 WIB
    Semangat Umar terhadap imannya tak dapat menahan kebanggaan dirinya, tak dapat menahan kepercayaannya kepada pendapatnya di depan Rasulullah sendiri.