Topik Terkait: Karomah Saad Bin Abi Waqqash (halaman 16)

  • 6 Sahabat Nabi Terkaya,...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:42 WIB
    Mau tahu 6 sahabat Nabi terkaya? Umar bin Khattab masuk kategori si Tajir itu. Total kekayaan khalifah kedua ini pada saat wafat setara Rp11,2 triliun. Kendati demikian, beliau hidup amat bersahaja.
  • Kaum Mutazilah Melawan...
    Hikmah
    Sabtu, 21 September 2024 - 12:27 WIB
    Khalifah sendiri memihak kaum Mutazilah yang kala itu melawan kaum Hadis yang dipimpin oleh Ahmad ibn Hanbal, pendiri mazhab Hanbali, salah satu dari empat mazhab fiqih.
  • Ini Alasan Mengapa Umar...
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 16:08 WIB
    Orang-orang Arab di Semenanjung itu semua menerima dan rela hanya dengan satu agama sejak masa Rasulullah SAW, dan sesudah pernah sebagian murtad pada masa Abu Bakar kemudian kembali lagi.
  • Tabiin Salamah Bin Dinar:...
    Hikmah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:41 WIB
    Rumah Salamah bin Dinar benar-benar seperti mata air yang segar bagi para penuntut ilmu dan para pencari kebaikan. Tidak ada beda antara saudara-saudaranya dan murid-muridnya.
  • Perang Pecah, Pasukan...
    Hikmah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 06:44 WIB
    Persia melepaskan tiga belas ekor dari pasukan gajahnya untuk menyerang pasukan muslim. Kuda mereka berlarian tunggang langgang dan tinggal orang-orangnya yang hampir binasa diterjang gajah.
  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali:...
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Mei 2022 - 14:42 WIB
    Imam Ghazali menjelaskan, hati para nabi dan wali, meskipun mereka juga mempunyai nafsu seperti kita, sangat peka terhadap segenap kesan-kesan ilahiah.
  • 10 Karomah Sayyidina...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 17:33 WIB
    Dibalik keberhasilannya menjabat khalifah sekaligus Amirul Mukminin, Sayyidina Umar bin Khattab memiliki karomah yang luar biasa. Berikut lanjutan ulasan karomah beliau.
  • Nasib Tragis Penghina...
    Hikmah
    Minggu, 10 Oktober 2021 - 10:24 WIB
    PARA penghina Nabi Muhammad SAW berakhir tragis. Contoh terkini adalah nasib buruk yang dialami Lars Vilks, kartunis Swedia yang menggambar Nabi Muhammad SAW secara terhina.
  • Teperdaya Amr bin Al-Ash,...
    Hikmah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 20:08 WIB
    Seperti orang terkena sihir Abu Musa mengiakan saja apa yang diminta oleh Amr, kendatipun ia telah diperingatkan oleh Ibnu Abbas agar jangan bicara lebih dulu.
  • Ketika Umar Bin Khattab...
    Hikmah
    Selasa, 14 Mei 2019 - 14:51 WIB
    Upacara penyerahan Yerussalem berjalan lancar. Dengan diantar oleh para petinggi Kristen di Yerussalem, usai upacara penyerahan, Khalifah Umar mengunjungi beberapa tempat suci.
  • Kisah Detail Ashhabul...
    Tausyiah
    Rabu, 21 April 2021 - 03:35 WIB
    Pendeta yang bertanya itu berdiri lagi. Lalu berkata: Hai Ali, jika yang kau katakan itu benar, coba sebutkan nama enam orang yang menjadi pembantu-pembantu raja itu!
  • Kisah Said bin Musayyib...
    Hikmah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 19:00 WIB
    Said bin Musayyib termasuk golongan tabiin, dan merupakan salah seorang dari Tujuh Fuqaha Madinah. Di antara ketujuh tokoh Madinah tersebut, Said sering dianggap sebagai yang paling berpengaruh.
  • Ibrahim bin Adham Sultan...
    Hikmah
    Senin, 27 September 2021 - 05:15 WIB
    Kisah Ibrahim Adham ini menyebar tidak hanya sebatas dalam lingkup Persia. Ia bahkan jauh menembus hingga ke Indonesia, terutama ke tanah Jawa, Melayu, Sunda, dan Bugis.
  • Umar Bin Abdul Aziz...
    Dunia Islam
    Selasa, 08 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Umar bin Abdul Aziz kepada Yazid bin Abdul Malik menasehati, Kau harus takut kepada Allah, dan membuka dirimu untuk menusia. Kaupun tak akan hidup lama di dunia ini setelah aku wafat.
  • Mushab Bin Umair, Sahabat...
    Hikmah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 14:21 WIB
    Sahabat Mushab bin Umair dikaruniai wajah rupawan dan paling ganteng di antara remaja di Makkah kala itu. Akhir hayatnya, beliau wafat sahid pada perang Uhud.
  • Kisah Tragis Utsman...
    Hikmah
    Jum'at, 20 November 2020 - 12:54 WIB
    KAUM muslimin pada zaman khalifah Utsman telah banyak membuahkan hasil. Pada zaman tersebut kaum muslimin melanjutkan penaklukan-penaklukan terhadap negeri-negeri kafir di dua arah, timur dan barat.
  • Menolak Jadi Khalifah,...
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 09:37 WIB
    Pada mulanya Ali bin Abi Thalib menolak dibaiat sebagai Khalifah. Dengan terus terang ia menyatakan: Aku lebih baik menjadi wazir yang membantu daripada menjadi seorang Amir yang berkuasa.
  • Khalid bin Walid, Peristiwa...
    Hikmah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 15:29 WIB
    Sementara pasukan Khalid bergerak menuju Yamamah, pasukan Musailamah bertemu dengan brigade Syurahbil, yang kemudian terpaksa menarik diri mundur.
  • Kecerdasan Sayyidina...
    Hikmah
    Sabtu, 07 Agustus 2021 - 18:17 WIB
    Ketika menjabat Amirul Mukminin, seorang laki-laki bertanya kepadanya tentang empat masalah kepada Sayyidina Ali Bin Abi Thalib. Berikut jawaban cerdas beliau.
  • Kisah Panglima Perang...
    Hikmah
    Selasa, 02 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Dikisahkan, pada saat pasukan muslim di bawah komando Amr bin Ash mengepung benteng Babilon, Komandan tertinggi militer Romawi, Muqauqis, ada di dalam benteng itu.