Topik Terkait: Kearifan Lokal (halaman 66)

  • Doa Mengusap Wajah Selepas...
    Tips
    Minggu, 12 Desember 2021 - 20:57 WIB
    Dalam Kitab Ianah Ath-Thalibin disebutkan anjuran mengusap wajah setelah sholat berikut doanya. Siapa yang mengamalkannya akan dipelihara dari kesedihan.
  • Surat Ali Imran 190-191,...
    Tausyiah
    Minggu, 12 Desember 2021 - 10:32 WIB
    Surat Ali Imran 190-191 adalah ayat yang menjelaskan tentang tanda-tanda kekuasaan Allah SWT bagi ulil albab atau orang-orang yang berakal. Rasulullah SAW menangis ketika ayat ini turun.
  • Begini Arti Hasbunallah...
    Tausyiah
    Minggu, 12 Desember 2021 - 10:42 WIB
    Kalimat hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir adalah salah satu kalimat dzikir yang banyak dianjurkan. Terkesan sangat pendek, namun ayat ini memiliki arti dan makna yang dalam.
  • Amalkan 4 Perkara Ini,...
    Tips
    Senin, 13 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Ketika ada orang yang bertanya kepada kita, bagaimana jalan untuk menggapai surga, tentu kita akan menjawabnya sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Baby Blues Dalam Islam...
    Muslimah
    Minggu, 12 Desember 2021 - 15:58 WIB
    Baby blues dalam Islam, ternyata telah tertulis dalam Al-Quran. Dalam kitabullah ini, dijelaskan bahwa menjadi seorang ibu tidaklah mudah. Terdapat beban berat yang ada di pundak ibu usai melahirkan buah hatinya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Mimpi Hamil Menurut...
    Muslimah
    Senin, 13 Desember 2021 - 06:26 WIB
    Mimpi hamil menurut Islam, tidak ada penjelasan spesifik tentangnya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Kisah Sufi Pir-i-do-Sara:...
    Hikmah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 11:29 WIB
    Gagasannya konstruktif bahwa dengan menyerap ajaran ini lewat kisah-kisah sentilan, orang-orang tertentu mampu benar-benar meningkatkan kepedihan mereka terhadap kecenderungan tersembunyi.
  • 9 Kondisi yang Disunnahkan...
    Tips
    Rabu, 22 Desember 2021 - 16:31 WIB
    Selain untuk melaksanakan ibadah shalat, berwudhu ternyata disunnahkan dilakukan pada kondisi-kondisi tertentu. Kondisi apa saja dan bagaimana dalilnya?
  • Dahsyatnya Fadhilah...
    Hikmah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 21:00 WIB
    Dalam perspektif Islam, memanah merupakan aktivitas yang sangat mulia. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, memanah memiliki fadhilah yang agung.
  • Alasan Mengapa Dilarang...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 22:34 WIB
    Al-Quran mengingatkan kita agar sekali-kali tidak berkata Ah (Uff) kepada orang tua atau bersikap kasar kepada keduanya. Inilah alasan kenapa hal tersebut dilarang.
  • 10 Sahabat Nabi yang...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 05:10 WIB
    Kejayaan Islam di masa Rasulullah ternyata tidak lepas dari andil para pemuda. Dari 10 sahabat Nabi yang dijamin surga ternyata tujuh di antaranya adalah pemuda.
  • Flek Coklat Sebelum...
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 10:13 WIB
    Ada flek coklat sebelum haid, bolehkan shalat? Pertanyaan ini umum dialami oleh kaum muslimah, sehingga mereka merasa ragu-ragu ketika akan melaksanakan kewajiban ibadah lima waktu ini.
  • Doa agar Cepat Kontraksi...
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 10:56 WIB
    Doa agar cepat kontraksi bisa diamalkan para ibu hamil yang tengah menunggu kelahiran bayinya, namun tak kunjung mengalami kontraksi. Doa ini dianjurkan dan diajarkan Rasulullah SAW.
  • Surat Yasin Ayat 36:...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 12:22 WIB
    Surat Yasin ayat 36 menjelaskan bahwa segala sesuatu yang telah Allah SWT ciptakan sejatinya tidak tunggal, tetapi berpasang-pasangan. Pada ayat ini Allah ingin menunjukkan hikmahnya kepada kita.
  • Inilah Kemuliaan-kemuliaan...
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 13:00 WIB
    Kaum wanita dalam ajaran Islam, sangat dimuliakan. Kedudukan dan fungsinya mendapatkan penghargaan dan dihargai semenjak pertama kali lahir ke bumi.
  • Pandangan Para Mufasir...
    Hikmah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 22:57 WIB
    Ibnu Abbas dalam tafsirnya punya pandangan berbeda dari kebanyakan pengetahuan kaum muslimin bahwa Nabi Isa dikhianati muridnya bernama Judas atau lebih dikenal Judas Iscariot.
  • 3 Amal yang Paling Dicintai...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 22:33 WIB
    Al-Quran menyatakan sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Berikut 3 amalan yang paling dicintai Allah.
  • Ini Orang yang Pertama...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 08:03 WIB
    Sebelum disebut Jumat, hari setelah Kamis ini dinamakan Aribah yang berarti hari yang agung. Orang yang pertama kali menyebut Jumat untuk hari adalah seorang Muslim bernama Kaab bin Luay.
  • Inilah Sifat Istri yang...
    Muslimah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 08:19 WIB
    Suami istri yang taat kepada Allah akan mendatangkan keberkahan dan kemudahan rezeki , Allah juga telah memberikan rezeki bagi masing-masing dari keduanya. Namun, istri adalah jembatan emas bagi suami untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
  • Kisah Dua Orang Raja...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 08:27 WIB
    Berikut ini adalah kisah tentang dua orang raja yang bertobat kepada Allah SWT. Mereka lebih memilih menjadi pembuat batu bata dengan meninggalkan tahta dan hartanya.